Main Article Content
Abstract
Abstrak
Pembelajaran matematika merupakan salah satu pembelajaran yang menjadi momok bagi siswa. Dalam perkembangannya, pembelajaran matematika terus menerus mengalami perkembangan yang pesat. Mulai dari teori belajar, pengembangan strategi, metode maupun produksi alat peraga semakin beragam. Tetapi hal ini belum selaras dengan implementasi pada tataran realita terutama untuk siswa Sekolah Dasar maupun Madrasah Ibtidaiyah. Masih banyak permasalahan yang terjadi pada pembelajaran matematika madrasah maupun pada siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui desain pembelajaran matematika dengan pendekatan multiple intelligences untuk siswa SD/MI di Bantul dan mengetahui respon siswa terhadap pelaksanaan pembelajaran tersebut. Berdasarkan hasil penelitian dapat diketahui bahwa desain pembelajaran matematika dengan pendekatan multiple intelligences untuk siswa SD/MI di Bantul dapat meningkatkan respon siswa terhadap pembelajaran matematika, yakni lebih dari 85% yaitu 35 dari 40 peserta sangat menyukai pelaksanaan pembelajaran matematika berbasis multiple intelligences dengan peraga, permainan dan aktivitas serta adventure.
Kata kunci: Kecerdasan, majemuk, matematika
Abstract
Learning mathematics is one that is a scourge of learning for students. In the process, the learning of mathematics continue to experience rapid growth. Ranging from learning theory, strategy development, and production methods increasingly diverse props. But it is not yet aligned with the implementation at the level of reality, especially for students from elementary schools and Islamic Elementary School. There are still many problems that occur in the madrasah and learning of mathematics in students. This study aims to determine the design of mathematics learning with multiple intelligences approach for students SD/MI in Bantul and knowing the students' response to the implementation of the learning. Based on the results of this research is that the design of mathematics learning with the approach of multiple intelligences for students SD/MI in Bantul can improve students' response to the learning of mathematics, ie more than 85%, ie 35 out of 40 participants really liked the implementation of the mathematics-based multiple intelligences with props, games and activity and adventure.
Keywords: intelligence, multiple, mathematics
Article Details
References
- DAFTAR PUSTAKA
- Erman Suherman dkk, Strategi Pembelajaran Matematika Kontemporer,
- Bandung: UPI, 2003
- Kezar, Theory of Multiple Intelligences: Implication for Hegher Education,
- Innovative Education, vol 26, No 2, Winter, 2001
- Marsigit, Pengembangan Karakter dalam Pendidikan Matematika
- (Pendidikan Karakter dalam Perspektif Teori dan
- Praktek),Yogyakarta: UNY Press, 2011
- Muhammad Yaumi, Pembelajaran Berbasis Multiple Intelligences, Jakarta:
- Dian Rakyat, 2012
- Nurul Zuriah, Pendidikan Moral dan Budi Pekerti dalam Perspektif
- Perubahan, Jakarta: Bumi Aksara, 2007
- Sonawat and Gogri, Multiple Intelligences for Preschool Children; Mumbai:
- Multi-Tech Publishing co, 2008
- Tengku Zahara Djafar, Kontribusi Strategi Pembelajaran Terhadap Hasil
- Belajar. Jakarta: Balitbang Depdiknas, 2001
- Thomas Armstrong, Setiap anak cerdas Panduan membantu anak belajar
- dengan memanfaatkan multiple intelligence, USA: ASCD, 2005
References
DAFTAR PUSTAKA
Erman Suherman dkk, Strategi Pembelajaran Matematika Kontemporer,
Bandung: UPI, 2003
Kezar, Theory of Multiple Intelligences: Implication for Hegher Education,
Innovative Education, vol 26, No 2, Winter, 2001
Marsigit, Pengembangan Karakter dalam Pendidikan Matematika
(Pendidikan Karakter dalam Perspektif Teori dan
Praktek),Yogyakarta: UNY Press, 2011
Muhammad Yaumi, Pembelajaran Berbasis Multiple Intelligences, Jakarta:
Dian Rakyat, 2012
Nurul Zuriah, Pendidikan Moral dan Budi Pekerti dalam Perspektif
Perubahan, Jakarta: Bumi Aksara, 2007
Sonawat and Gogri, Multiple Intelligences for Preschool Children; Mumbai:
Multi-Tech Publishing co, 2008
Tengku Zahara Djafar, Kontribusi Strategi Pembelajaran Terhadap Hasil
Belajar. Jakarta: Balitbang Depdiknas, 2001
Thomas Armstrong, Setiap anak cerdas Panduan membantu anak belajar
dengan memanfaatkan multiple intelligence, USA: ASCD, 2005