Main Article Content

Abstract

Abstrak

 

Efektivitas pembelajaran menjadi salah satu faktor penting dalam menciptakan keberhasilan proses pembelajaran, khususnya bagi peserta didik di Madrasah Ibtidaiyah (MI). Untuk mewujudkan hal tersebut, maka diperlukan beberapa upaya konkrit melalui penggunaan metode pembelajaran tertentu, salah satunya adalah  metode Hypnoteaching. Metode ini benar-benar mampu menumbuhkan semangat dan perhatian peserta didik dalam menciptakan suasana belajar efektif di kelas. Problematika yang terjadi di kelas akan dapat dipecahkan melalui penggunaan metode pembelajaran ini. Tujuan dalam penulisan artikel ini adalah untuk memahami hypnoteaching sebagai metode pembelajaran di MI, mengetahui faktor dan urgensi penggunaan metode hypnoteaching dalam pembelajaran serta penerapan metode ini dalam proses pembelajaran. Melalui tulisan ini, diharapkan mampu memberikan kontribusi positif bagi guru untuk mengembangkan kemampuan pedagogik dalam proses belajar mengajar. Selain itu, metode ini dapat mengubah interaksi pembelajaran dari yang pasif menjadi aktif dan meningkatkan kemampuan peserta didik di MI untuk memahami materi pembelajaran di kelas.

Kata Kunci: Belajar, Efektif, Hypnoteaching

 

Abstract

 

Learning effectiveness becomes one of the siginificance factor in creating the success of learning process, especially for student of Mdarasah Ibtidaiyah. To realize it, it is needed some real efforts by using a certain learning methods. One of themis hypnoteaching method. This method is really be able to improve motivation and student’s attention to create leaning situation effectively in classroom. The problems which is happened in class can be solved by u using this method. The purposes of this writing are to understand hypnoteaching as learning method at Madrasah Ibtidayah, to know the factors and the significance of using hypnoteaching method in learning and implementation of this method in learning process. Through this writing, it is hoped be able to give possitive contribution for teacher to develop pedagogical competence in teaching learning process. In other side, this method is able to change learning interaction from passive to be active and increasing studnet’s ability at Madrasah Ibtidaiyah for understanding the learning material in classroom.

Keyword: Learning, Effective, Hypnoteaching

Keywords

Learning Effective Hypnoteaching

Article Details

References

  1. Astuti, Natalia Tri., “Studi Eksperimental Model Pembelajaran Hypnoteaching terhadap Hasil Belajar Kosakata Belajar Bahasa Inggris Peserta Didik†Jurnal Ilmiah Kependidikan Vol. I No.1, edisi Maret, 2014.
  2. Daryanto, Pengelolaan Budaya dan Iklim Sekolah, Yogyakarta: Gava Media, 2015.
  3. Gunawan, Adi W., Hypnoteraphy For Children; Cara Muda dan Efektif Menerapi Anak, Jakarta: Gramedia Pustaka Utama, 2010.
  4. Hajar, Ibnu., Hypnoteaching; Memaksimalkan Hasil Proses BelajarMengajar dengan Hipnoterapi. Yogyakarta: Diva Press, 2011.
  5. Hasbullah dan Rahmawati, “Pengaruh Penerapan Metode Hypnoteaching terhadap Motivasi Belajar Mahasiswa Universitas Indrapasta
  6. PGRI†Jurnal Formatif, Vol. 5 No. 1, 2015.
  7. Muhtadi, Ali., “Menciptakan Iklim Kelas (Classroom Climate) yang Kondusif dan Berkualitas dalam Proses Pembelajaran†Majalah
  8. Ilmiah Pembelajaran Vol. 1 No. 2 edisi Oktober, 2005.
  9. Navis, Ali Akbar., Hypnoteaching; Revolusi Gaya Mengajar untuk Melejitkan Prestasi Siswa, Yogyakarta: Ar Ruzz Media, 2013.
  10. Noer, Muhammad., Hypnoteaching for Success Learning, Yogyakarta: PT. Pustaka Insan Madani, 2010.
  11. Ma’as Shobirin, dkk Membangun Iklim Belajar Efektif....19 MAGISTRA - Volume 9 Nomor 1 Juni 2018
  12. Pupuph Fathurrohman dan Sobry Sutikno, Strategi Belajar Dan Mengajar; Melalui Penanaman Konsep Umum dan Konsep Islam, Bandung:Refika Aditama, 2010.
  13. Shobirin, Ma’as, Belajar dan Pembelajaran, Semarang: Deepublish, 2018.
  14. Wawancara dengan guru MI Miftahul Akhlaqiyah Bringin Ngaliyan Semarang pada tanggal 15 Januari 2018.
  15. Yustisia, N., Hypnoteaching Seni Mengeksplorasi Otak Peserta Didik, Yogyakarta : Ar-ruzz Media, 2012.