Main Article Content

Abstract

Abstrak

Latar belakang yang mendorong penelitian ini adalah rendahnya minat baca dan kemampuan menemukan pokok pikiran paragraf. Tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui korelasi minat baca dengan kemampuan menemukan pokok pikiran paragraf kelas IV SD Negeri 03 Kedungrejo Kabupaten Grobogan. Penelitian ini merupakan penelitian korelasi dengan pendekatan kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SD Negeri 03 Kedungrejo Kabupaten Grobogan tahun pelajaran 2017/ 2018. Sampel yang diambil adalah 26 siswa kelas IV dengan menggunakan teknik sampling jenuh. Data penelitian ini diperoleh melalui angket dan tes. Uji prasyaratan analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji normalitas dan uji linieritas. Teknik analisis pengujian hipotesis menggunakan analisis korelasi dengan rumus product moment. Hasil analisis korelasi sederhana, diperoleh hasil rhitung 0,832, sedangkan rtabel pada taraf signifikan 5% dan N= 26 adalah sebesar 0,386. Hasil analisis tersebut terlihat bahwa nilai rhitung lebih besar dari rtabel (0,832 > 0,386). Harga koefisien korelasi sebesar 0,832 mengindikasikan adanya hubungan yang positif antara minat baca dengan kemampuan menemukan pokok pikiran paragraf.

Kata kunci: Kemampuan menemukan pokok pikiran paragraf, Membaca, Minat baca

Abstact

The background of this research is the low in reading interest and ability to find main idea of a paragraphs. The objectives of  this research is to know the correlation between reading interest with the ability to find main idea in a paragraph for the fourth grader of SD Negeri 03 Kedungrejo Grobogan District. This research is a correlation research with quantitative approach. The population of this study is all students of grade IV of SD Negeri 03 Kedungrejo Grobogan District in the 2017/2018 school year. Samples taken are 26 students of class IV by using saturated sampling technique. The data of this study were obtained through questionnaire and test. Prerequisite test of data analysis used in this research is normality test and linearity test. Analysis technique of hypothesis testing using correlation analysis with product moment formula. The results of simple correlation analysis, obtained result of coefficient correlation is 0.832, while rtable at a significant level of 5% and N = 26 is 0.386. The result of the analysis shows that the value of coefficient correlation is bigger than rtable (0,832> 0,386). The correlation coefficient price of 0.832 indicates a positive relationship between reading interest and the ability to find the paragraph mind.

Keywords: Ability to find main idea in a paragraph, Reading, Reading interest

Keywords

Ability to find main idea in a paragraph Reading Reading interest

Article Details

References

  1. DAFTAR PUSTAKA
  2. Bakar, Abu, Faktor-faktor Penyebab Rendahnya Minat Baca Masyarakat
  3. di Taman Baca Masyarakat. Skripsi. Bengkulu: Universitas
  4. Bengkulu. Dalam
  5. http://repository.unib.ac.id/8703/1/I%2CII%2CIII%2CI-14-sayFK.pdf ,2014, diunduh tanggal 06 Oktober 2017.
  6. Dalman, Keterampilan Membaca. Jakarta: Rajawali Press, 2014
  7. Gewati, Mikhael Minat Baca Indonesia Ada di Urutan ke-60 Dunia.
  8. Dalahttp://edukasi.kompas.com/read/2016/08/29/07175131/minat
  9. .baca.indonesia.ada.di.urutan.ke-60.dunia, 2016 diunduh tanggal
  10. Oktober 2017.
  11. Hidayanto, Juniawan, Upaya Meningkatkan Minat Baca Masyarakat
  12. melalui Taman Bacaan Masyarakat Area Publik di Kecamatan
  13. Timur Kabupaten Semarang. Jurnal of Nonformal Education and
  14. Community Empowerment, Vol 1 No.2. Semarang: Universitas
  15. Negeri Semarang, 2012
  16. Mitasari, L.S. Peran Kegiatan Literasi dalam Meningkatkan Minat
  17. Membaca dan Menulis Siswa Kelas Atas di SDN Gumpang 1.
  18. Skripsi. Surakarta: Universitas Muhamadiyah Surakarta, 2017.
  19. Nadzifah, Meningkatkan Keterampilan Membaca Pemahaman
  20. Menggunakan Metode SQ3R. Skripsi. Yogyakarta: Universitas
  21. Negeri Yogyakarta, 2016
  22. Dalamhttp://eprints.uny.ac.id/38701/1/Wening%20Nadzifah.pdf,
  23. diunduh tanggal 06 Oktober 2017.
  24. Nurhadi, Strategi Meningkatkan Daya Baca. Jakarta: Bumi Aksara,
  25. Panggalih, Sae dan Nurul Fatimah, Upaya Pemberantasan Buta Aksara
  26. dikalangan Perempuan Lansia dengan Metode Jurnalisme
  27. Warga. Jurnal Solidarity, Vol 4 No.1. Semarang: Universitas
  28. Negeri Semarang, 2015.
  29. Ella Marita Finisea, dkk Analisis Korelasi Minat Baca...
  30. MAGISTRA -Volume 9 No. 1 Juni 2018
  31. Rahim, Farida, Pengajaran Membaca di Sekolah Dasar. Jakarta: Bumi
  32. Aksara, 2008.
  33. Roong, Peningkatan Membaca Pemahaman untuk Menentukan Ide
  34. Pokok Paragraf dengan Menggunakan Metode Inquiri bagi Siswa
  35. Kelas VII B SMP Negeri 7 Sigi. Jurnal Bahasan Todea, Vol 3
  36. No.4:Universitas Tadulako, 2015.
  37. Slameto, Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta:
  38. Rineka Cipta, 2010.
  39. Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan RnD. Bandung:
  40. Alfabeta, 2009.
  41. Supiandi, Menumbuhkan Budaya Literasi Sekolah Dengan“Program
  42. Kataâ€. Kemendikbud: Kegiatan Sisposium Guru Tahun 2016.
  43. Tampubolon, Kemampuan Membaca Teknik Membaca Efektif dan
  44. Efisien. Bandung: Angkasa, 2015.
  45. Tarigan, H.G. Membaca sebagai Keterampilan Berbahasa. Bandung:
  46. Angkasa, 2008.
  47. Utami, Pri dan Bakhtaruddin, Peranan Perpustakaan Sekolah dalam
  48. Meningkatkan Minat Baca Siswa SDIT Iqra Kota Solok. Jurnal
  49. Ilmu Informasi Perpustakaan dan Kearsipan, Vol 1 No.1. Padang:
  50. Universitas Negeri Padang, 2012.
  51. Widiastuti, Eni. 2016. Dari 76 Negara Minat Baca Siswa Peringkat Ke69. Dalam http://m.harianjogja.com/baca/2016/03/22/penelitianterbaru-dari-76negara-minat-baca-siswa-indonesia-peringkat-ke69-703442,2016, diunduh tanggal 06 Oktober 2017.