Main Article Content

Abstract

    Abstrak

Tulisan ini merupakan paparan hasil dari sebuah penelitian studi kasus yang terjadi di beberapa Sekolah Dasar di Jepara. Fenomena yang ada adalah rendahnya social skill yang dimiliki oleh siswa sekolah Dasar di Jepara. Hal ini kemudian ditidak lanjuti dengan kegiatan pengabdian kepada masyarakat yang dilaksanakan oleh tim dosen Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan UNISNU Jepara yang melibatkan SDN 3, 4, dan 5 Tahunan Jepara sebagai mitranya. Tujuan dari kegiatan ini adalah menumbuhkan social skill pada anak dengan menciptakan sebuah Alat Peraga Edukatif, yaitu APE Ular Tangga yang diterapkan pada mata pelajaran PAI. Kegiatan ini berlangsung selama dua tahun berturut-turut di lokasi yang sama. Dampak positif sebagi hasil dari program kegiatan ini adalah adanya perubahan perilaku sebagai indikasi tumbuhnya social skill pada siswa Sekolah Dasar di Jepara. 

Kata kunci: Social skill, permainan ular tangga

                                                                    Abstract

This paper is a research of case study in some elementary schools in Jepara. The background of this paper is the low of social skill in elementary school student in Jepara. Easy access to social media can be seen by the hoisterous of information technology product. It has positive and negative impact. The positive impact is make life easier and distances is not a matter anymore, there is no problem in long distance communication and access to all information become easier. The negative impact of information technology progress cause addict and mental and another psycopathology dissorder. The goal of this activity is to grow social skill in student by creating educative learning media, it is Snakes and Ladders which apply in Islamic Education lesson. This activity applied for two years in the same place. The positive impact as the result of this program is behavoiur change as indicator the growth of social skill in elementary school student in Jepara.

Keywords: social skill, snakes and ladders

Keywords

social skill snakes and ladders

Article Details

References

  1. DAFTAR PUSTAKA
  2. Ali, Muhammad, Pengembangan Media Pembelajran Interaktif Mata
  3. Kuliah Medan Elektro Magnetik, Jurnal Edukasi@Elektro, Vol. 5,
  4. No. 1, 2009.
  5. Ali, Muhamad dkk, Pengembangan Bahan Pembelajaran Berbantuan
  6. Komputer Untuk Memfasilitasi Belajar Mandiri Dalam Mata Diklat
  7. Penerapan Konsep Dasar Listrik Dan Elektronika Di SMK. Laporan
  8. penelitian Research Grant PHK A2 Jurusan Pendidikan teknik
  9. elektro FT UNY. 2005.
  10. Aprilia, Dita, Penggunaan Alat Permainan Eduktif di TKN 1 Maret
  11. Playen, Jurnal Hanata Widya, Volume 6, No.4, Yogyakarta:
  12. Universitas Negeri Yogyakarta, 2017.
  13. Arif, Ahmad, Hubungan antara Kecerdasan Emosi dengan Intensitas
  14. Altruisme pada Siswa SMAN 1 Tahunan Jepara, Fakultas Psikologi
  15. Universitas Muhammadiyah Surakarta: 2010.
  16. Hartiningsih, Sutji, Revitalisasi Lagu Dolanan Anak Dalam
  17. Pembentukan Karakter Anak Usia Dini, Atavisme, Vol. 18. No. 2,
  18. Hardiani, Psikopatologi Akibat Kecanduan Media Sosial Dan Bimbingan
  19. Konseling Islami Sebagai Alternatif Solusi, Batusangkar: IAIN
  20. Batusangkar, 2016.
  21. Hasbullah, Dasar-Dasar Ilmu pendidikan, Jakarta: PT RAJA
  22. GRAFINDO PERSADA, 2013.
  23. Lestari, Yani, Pengaruh Bermain Estafet Puzzle Terhadap Kerjasama
  24. Dalam Kelompok Usia 4-5 Tahun Di Tk Aisiyah Telukbetung Bandar
  25. Lampung, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas
  26. Lampung, Bandar Lampung: 2016.
  27. Sukarman, dkk Menumbuhkan Social Skill...
  28. MAGISTRA -Volume 9 No. 1 Juni 2018
  29. M. Rohwati, Penggunaan education Game Untuk meningkatkan Hasil
  30. Belajar IPA biologi konsep Klasifikasi Makhluk Hidup, Jurnal
  31. Pendidikan IPA Indonesia, Vol. 1, No. 1. 2012.
  32. Nur Qomariyah, Astutik, Perilaku Penggunaan Internet Pada Kalangan
  33. Remaja di Perkotaan, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
  34. Universitas Airlanga, Surabaya: tt.
  35. Peraturan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Nomor 21 Tahun 2016
  36. Tentang Standar Isi.
  37. Sanditaria, Winsen dkk, Adiksi Bermain Game Online Pada Anak Usia
  38. Sekolah di Warung Internet Penyedia Game Online Jatinangor
  39. Sumedang, Fakultas ilmu Keperawatan Umiversitas Padjadjaran,
  40. Bandung: tt.
  41. Sudarsana, Ketut, Pemikiran Tokoh Pendidikan Dalam Buku Lifelong
  42. Learning : Policies, Practices and Program (Perspektif Peningkatan
  43. Mutu Pendidikan di Indonesia), JURNAL PENJAMINAN MUTU,
  44. PPascasarjana IHDN Denpasar: 2016.
  45. Sudrajat, dkk, Muatan Nilai-nilai Karakter Melalui Permainan
  46. Tradisional Di PAUD Among Siwi, Panggungharjo, Sewon, Bantul,
  47. JIPSINDO, Vol. 2, No. 1. 2015.
  48. Tommie Lawhon, David C. Lawhon, Promoting social sklill in young
  49. children, Early Childhood Education Journal, Vol. 28. No. 2
  50. Zunaidi, Ahmad, Kehidupan sosial Ekonomi Pedagang Di Pasar
  51. Tradisional Pasca Relokasi Dan Pembangunan Pasar Modern,
  52. Jurnal Sosiologi Islam, Volume 3, Nomor 1, April, 2013