Main Article Content
Abstract
   Abstrak
Tulisan ini merupakan paparan hasil dari sebuah penelitian studi kasus yang terjadi di beberapa Sekolah Dasar di Jepara. Fenomena yang ada adalah rendahnya social skill yang dimiliki oleh siswa sekolah Dasar di Jepara. Hal ini kemudian ditidak lanjuti dengan kegiatan pengabdian kepada masyarakat yang dilaksanakan oleh tim dosen Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan UNISNU Jepara yang melibatkan SDN 3, 4, dan 5 Tahunan Jepara sebagai mitranya. Tujuan dari kegiatan ini adalah menumbuhkan social skill pada anak dengan menciptakan sebuah Alat Peraga Edukatif, yaitu APE Ular Tangga yang diterapkan pada mata pelajaran PAI. Kegiatan ini berlangsung selama dua tahun berturut-turut di lokasi yang sama. Dampak positif sebagi hasil dari program kegiatan ini adalah adanya perubahan perilaku sebagai indikasi tumbuhnya social skill pada siswa Sekolah Dasar di Jepara.Â
Kata kunci: Social skill, permainan ular tangga
                                                                  Abstract
This paper is a research of case study in some elementary schools in Jepara. The background of this paper is the low of social skill in elementary school student in Jepara. Easy access to social media can be seen by the hoisterous of information technology product. It has positive and negative impact. The positive impact is make life easier and distances is not a matter anymore, there is no problem in long distance communication and access to all information become easier. The negative impact of information technology progress cause addict and mental and another psycopathology dissorder. The goal of this activity is to grow social skill in student by creating educative learning media, it is Snakes and Ladders which apply in Islamic Education lesson. This activity applied for two years in the same place. The positive impact as the result of this program is behavoiur change as indicator the growth of social skill in elementary school student in Jepara.
Keywords: social skill, snakes and ladders
Keywords
Article Details
References
- DAFTAR PUSTAKA
- Ali, Muhammad, Pengembangan Media Pembelajran Interaktif Mata
- Kuliah Medan Elektro Magnetik, Jurnal Edukasi@Elektro, Vol. 5,
- No. 1, 2009.
- Ali, Muhamad dkk, Pengembangan Bahan Pembelajaran Berbantuan
- Komputer Untuk Memfasilitasi Belajar Mandiri Dalam Mata Diklat
- Penerapan Konsep Dasar Listrik Dan Elektronika Di SMK. Laporan
- penelitian Research Grant PHK A2 Jurusan Pendidikan teknik
- elektro FT UNY. 2005.
- Aprilia, Dita, Penggunaan Alat Permainan Eduktif di TKN 1 Maret
- Playen, Jurnal Hanata Widya, Volume 6, No.4, Yogyakarta:
- Universitas Negeri Yogyakarta, 2017.
- Arif, Ahmad, Hubungan antara Kecerdasan Emosi dengan Intensitas
- Altruisme pada Siswa SMAN 1 Tahunan Jepara, Fakultas Psikologi
- Universitas Muhammadiyah Surakarta: 2010.
- Hartiningsih, Sutji, Revitalisasi Lagu Dolanan Anak Dalam
- Pembentukan Karakter Anak Usia Dini, Atavisme, Vol. 18. No. 2,
- Hardiani, Psikopatologi Akibat Kecanduan Media Sosial Dan Bimbingan
- Konseling Islami Sebagai Alternatif Solusi, Batusangkar: IAIN
- Batusangkar, 2016.
- Hasbullah, Dasar-Dasar Ilmu pendidikan, Jakarta: PT RAJA
- GRAFINDO PERSADA, 2013.
- Lestari, Yani, Pengaruh Bermain Estafet Puzzle Terhadap Kerjasama
- Dalam Kelompok Usia 4-5 Tahun Di Tk Aisiyah Telukbetung Bandar
- Lampung, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas
- Lampung, Bandar Lampung: 2016.
- Sukarman, dkk Menumbuhkan Social Skill...
- MAGISTRA -Volume 9 No. 1 Juni 2018
- M. Rohwati, Penggunaan education Game Untuk meningkatkan Hasil
- Belajar IPA biologi konsep Klasifikasi Makhluk Hidup, Jurnal
- Pendidikan IPA Indonesia, Vol. 1, No. 1. 2012.
- Nur Qomariyah, Astutik, Perilaku Penggunaan Internet Pada Kalangan
- Remaja di Perkotaan, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
- Universitas Airlanga, Surabaya: tt.
- Peraturan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Nomor 21 Tahun 2016
- Tentang Standar Isi.
- Sanditaria, Winsen dkk, Adiksi Bermain Game Online Pada Anak Usia
- Sekolah di Warung Internet Penyedia Game Online Jatinangor
- Sumedang, Fakultas ilmu Keperawatan Umiversitas Padjadjaran,
- Bandung: tt.
- Sudarsana, Ketut, Pemikiran Tokoh Pendidikan Dalam Buku Lifelong
- Learning : Policies, Practices and Program (Perspektif Peningkatan
- Mutu Pendidikan di Indonesia), JURNAL PENJAMINAN MUTU,
- PPascasarjana IHDN Denpasar: 2016.
- Sudrajat, dkk, Muatan Nilai-nilai Karakter Melalui Permainan
- Tradisional Di PAUD Among Siwi, Panggungharjo, Sewon, Bantul,
- JIPSINDO, Vol. 2, No. 1. 2015.
- Tommie Lawhon, David C. Lawhon, Promoting social sklill in young
- children, Early Childhood Education Journal, Vol. 28. No. 2
- Zunaidi, Ahmad, Kehidupan sosial Ekonomi Pedagang Di Pasar
- Tradisional Pasca Relokasi Dan Pembangunan Pasar Modern,
- Jurnal Sosiologi Islam, Volume 3, Nomor 1, April, 2013
References
DAFTAR PUSTAKA
Ali, Muhammad, Pengembangan Media Pembelajran Interaktif Mata
Kuliah Medan Elektro Magnetik, Jurnal Edukasi@Elektro, Vol. 5,
No. 1, 2009.
Ali, Muhamad dkk, Pengembangan Bahan Pembelajaran Berbantuan
Komputer Untuk Memfasilitasi Belajar Mandiri Dalam Mata Diklat
Penerapan Konsep Dasar Listrik Dan Elektronika Di SMK. Laporan
penelitian Research Grant PHK A2 Jurusan Pendidikan teknik
elektro FT UNY. 2005.
Aprilia, Dita, Penggunaan Alat Permainan Eduktif di TKN 1 Maret
Playen, Jurnal Hanata Widya, Volume 6, No.4, Yogyakarta:
Universitas Negeri Yogyakarta, 2017.
Arif, Ahmad, Hubungan antara Kecerdasan Emosi dengan Intensitas
Altruisme pada Siswa SMAN 1 Tahunan Jepara, Fakultas Psikologi
Universitas Muhammadiyah Surakarta: 2010.
Hartiningsih, Sutji, Revitalisasi Lagu Dolanan Anak Dalam
Pembentukan Karakter Anak Usia Dini, Atavisme, Vol. 18. No. 2,
Hardiani, Psikopatologi Akibat Kecanduan Media Sosial Dan Bimbingan
Konseling Islami Sebagai Alternatif Solusi, Batusangkar: IAIN
Batusangkar, 2016.
Hasbullah, Dasar-Dasar Ilmu pendidikan, Jakarta: PT RAJA
GRAFINDO PERSADA, 2013.
Lestari, Yani, Pengaruh Bermain Estafet Puzzle Terhadap Kerjasama
Dalam Kelompok Usia 4-5 Tahun Di Tk Aisiyah Telukbetung Bandar
Lampung, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas
Lampung, Bandar Lampung: 2016.
Sukarman, dkk Menumbuhkan Social Skill...
MAGISTRA -Volume 9 No. 1 Juni 2018
M. Rohwati, Penggunaan education Game Untuk meningkatkan Hasil
Belajar IPA biologi konsep Klasifikasi Makhluk Hidup, Jurnal
Pendidikan IPA Indonesia, Vol. 1, No. 1. 2012.
Nur Qomariyah, Astutik, Perilaku Penggunaan Internet Pada Kalangan
Remaja di Perkotaan, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Universitas Airlanga, Surabaya: tt.
Peraturan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Nomor 21 Tahun 2016
Tentang Standar Isi.
Sanditaria, Winsen dkk, Adiksi Bermain Game Online Pada Anak Usia
Sekolah di Warung Internet Penyedia Game Online Jatinangor
Sumedang, Fakultas ilmu Keperawatan Umiversitas Padjadjaran,
Bandung: tt.
Sudarsana, Ketut, Pemikiran Tokoh Pendidikan Dalam Buku Lifelong
Learning : Policies, Practices and Program (Perspektif Peningkatan
Mutu Pendidikan di Indonesia), JURNAL PENJAMINAN MUTU,
PPascasarjana IHDN Denpasar: 2016.
Sudrajat, dkk, Muatan Nilai-nilai Karakter Melalui Permainan
Tradisional Di PAUD Among Siwi, Panggungharjo, Sewon, Bantul,
JIPSINDO, Vol. 2, No. 1. 2015.
Tommie Lawhon, David C. Lawhon, Promoting social sklill in young
children, Early Childhood Education Journal, Vol. 28. No. 2
Zunaidi, Ahmad, Kehidupan sosial Ekonomi Pedagang Di Pasar
Tradisional Pasca Relokasi Dan Pembangunan Pasar Modern,
Jurnal Sosiologi Islam, Volume 3, Nomor 1, April, 2013