Main Article Content
Abstract
Abstrak
Â
Penelitian ini membahas tentang perkembangan kognitif siswa usia sekolah dasar, salah satu siswa kelas VI MI Ma’arif Krakal yang tercapai. Perkembangan merupakan proses berkesinambungan yang dimulai sejak dalam kandungan hingga mencapai dewasa. Dalam proses perkembangan inilah, individu akan melewati tiap tahap perkembangan untuk mencapai dewasa. Penelitian ini termasuk dalam penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif. Pendekatan dalam penelitian ini menggunakan pendekatan induktif, karena sebelum melakukan penelitian, peneliti berangkat ke lapangan untuk mengumpulkan berbagai bukti melalui penelaahan terhadap fenomena, dan berdasarkan hasil penelaahan itu peneliti merumuskan teori dan fokus penelitian. Data diperoleh dari hasil wawancara observasi dan dokumentasi lapangan. Hasil penelitian menunjukkan adanya siswa telah mencapai perkembangan kognitif, hal tersebut dapat dilihat melalui prestasi raport yang telah diraih. Salah satu hal yang mendukung perkembangan kognitif aadalah faktor lingkungan, dalam hal ini lingkungan keluarga sangat mempengaruhi pola perkembangan anak untuk menentukan cita-cita bagi dirinya.
Kata Kunci: Perkembangan Kognitif; Siswa; Tercapai
Â
                                                    Abstract
Â
This research discuss about cognitive development in elementary school age, one of sixth grader of Ma’arif Krakal Islamic Elementary School (MI) achieved. Development is continuous process which start from womb until adult. In this development process, every individual will pass every step of development to be adult. This research included in descriptive qualitative research. Approach in this research used inductive research, because before did research, researcher went to field to collect evidences by reviewing phenomena. Based on that reviewing result, researcher formulate theory and research focus. Data obtained by interview, observation, and field documentation. The result of this research showed that there were students already achieve cognitive development, it can be seen by achieving report score. One of supporting thing in cognitive development is environtment factor. In this case is family scope which very influence pattern of children development to determine their dreams
Keywords: cognitive development; student; achieve
Keywords
Article Details
References
- Bisri Mustofa dan Tin Tisnawati, Teknik Menulis Karya Ilmiah
- Menghadapi Sertifikasi,Semarang: Ghyyas Putra, 2009.
- Djamarah Syaiful Bahri, Psikologi Belajar, Jakarta: Rineka Cipta, 2011
- Djiwandono Sri Esti Wuryani, Psikologi Pendidikan, Jakarta : PT
- Grasindo, 2002
- Hasil wawancara dengan ibu Faita pada Selasa, 21 Maret 2017 pukul
- 00 di rumah
- Hidayat Rifa, Psikologi Pengasuh Anak, Malang: UIN- Malang Press,
- Ibda, Fatimah, “Perkembangan Kognitif: Teori Jean Piaget†dalam
- Jurnal Intelektualita, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Vol. 3,
- Nomor 1, Januari-Juni 2015.
- Jauharoti Alfin, “Analisis Karakteristik Siswa Pada Tingkat Sekolah
- Dasar†dalam Prosiding Halaqoh Nasional & Seminar
- Rinesti Witasari Analisis Perkembangan Kognitif...
- MAGISTRA - Volume 9 Nomor 1 Juni 2018
- Internasional Pendidikan Islam, Fakultas Tarbiyah dan
- Keguruan, UIN Sunan Ampel Surabaya.
- Jawati, Ramaikis, “Peningkatan Kemampuan Kognitif Anak Melalui
- Permainan Ludo Geometri di Paud Habibul Ummi II†dalam
- Jurnal Spectrum Pendidikan Luar Sekolah, Fakultas Ilmu
- Pendidikan, Vol 1, Nomor 1, April 2013.
- Muhammad Ali, Strategi Penelitian Pendidikan,Bandung: Angkasa,
- Ninawati, Mimin, “Kajian Dampak Bilingual Terhadap Perkembangan
- Kognitif Anak Sekolah Dasar†dalam Jurnal Pendidikan,
- Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka, tahun 29 nomor
- , September - Oktober 2012.
- Rohmah Noer, Psikologi Pendidikan, Yogyakarta: Kalimedia, 2015
- Syah Muhibbin, Psikologi Belajar, Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada,
- Trianingsih, Rima, “ Pengantar Praktik Mendidik Anak Usia Sekolah
- Dasarâ€, dalam Jurnal Al-ibtida, Fakultas Tarbiyah, Vol. 3,
- Nomor 2, Oktober 2016.
- Hasil Observasi dan wawancara dengan teman-teman Faita, selasa 27
- Maret 2017, Pada pukul 07.00 – 12.30
- Hasil wawancara dengan anak bernama Faita pada jam istirahat Selasa,
- Maret 2017 pukul 09.00 di MI Krakal
References
Bisri Mustofa dan Tin Tisnawati, Teknik Menulis Karya Ilmiah
Menghadapi Sertifikasi,Semarang: Ghyyas Putra, 2009.
Djamarah Syaiful Bahri, Psikologi Belajar, Jakarta: Rineka Cipta, 2011
Djiwandono Sri Esti Wuryani, Psikologi Pendidikan, Jakarta : PT
Grasindo, 2002
Hasil wawancara dengan ibu Faita pada Selasa, 21 Maret 2017 pukul
00 di rumah
Hidayat Rifa, Psikologi Pengasuh Anak, Malang: UIN- Malang Press,
Ibda, Fatimah, “Perkembangan Kognitif: Teori Jean Piaget†dalam
Jurnal Intelektualita, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Vol. 3,
Nomor 1, Januari-Juni 2015.
Jauharoti Alfin, “Analisis Karakteristik Siswa Pada Tingkat Sekolah
Dasar†dalam Prosiding Halaqoh Nasional & Seminar
Rinesti Witasari Analisis Perkembangan Kognitif...
MAGISTRA - Volume 9 Nomor 1 Juni 2018
Internasional Pendidikan Islam, Fakultas Tarbiyah dan
Keguruan, UIN Sunan Ampel Surabaya.
Jawati, Ramaikis, “Peningkatan Kemampuan Kognitif Anak Melalui
Permainan Ludo Geometri di Paud Habibul Ummi II†dalam
Jurnal Spectrum Pendidikan Luar Sekolah, Fakultas Ilmu
Pendidikan, Vol 1, Nomor 1, April 2013.
Muhammad Ali, Strategi Penelitian Pendidikan,Bandung: Angkasa,
Ninawati, Mimin, “Kajian Dampak Bilingual Terhadap Perkembangan
Kognitif Anak Sekolah Dasar†dalam Jurnal Pendidikan,
Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka, tahun 29 nomor
, September - Oktober 2012.
Rohmah Noer, Psikologi Pendidikan, Yogyakarta: Kalimedia, 2015
Syah Muhibbin, Psikologi Belajar, Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada,
Trianingsih, Rima, “ Pengantar Praktik Mendidik Anak Usia Sekolah
Dasarâ€, dalam Jurnal Al-ibtida, Fakultas Tarbiyah, Vol. 3,
Nomor 2, Oktober 2016.
Hasil Observasi dan wawancara dengan teman-teman Faita, selasa 27
Maret 2017, Pada pukul 07.00 – 12.30
Hasil wawancara dengan anak bernama Faita pada jam istirahat Selasa,
Maret 2017 pukul 09.00 di MI Krakal