Main Article Content

Abstract

ABSTRAK

 

Pedagogik merupakan salah satu kompetensi yang wajib dimiliki oleh guru. PGMI Universitas Wahid Hasyim merupakan bagian dari agen pendidik yang disiapkan untuk memenuhi target outcome menjadi pendidik profesional. Fokus penelitian ini adalah bagaimana kemampuan kompetensi pedagogik mahasiswa peserta PPL tahun pelaksanaan 2018 sesuai dengan indikator ketercapaian.Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif deskriptif dan dieksplorasikan melalui data kuantitatif. Pada penelitian ini menggunakan rangka kerja Milles dan Huberman dan difokuskan melalui logika induktif dalam menarik kesimpulan dari data yang ada. Kedudukan peneliti dalam penelitian ini sebagai instrumen penelitian artinya peneliti dimaksudkan sebagai alat pengumpul data.Hasil analisis menunjukkan bahwakompetensi pedagogik mahasiswa praktikan berkatogori baik. Hal ini ditunjukkan pada interpretasi skor sebesar 76,56%. Peran dan fungsi guru pamong dan Dosen Pembimbing Lapanganmampu memberikan arahan guna meningkatkan kualitas kompetensi pedagogik mahasiswa.

Kata kunci: Kompetensi Guru; Pedagogik; PPL.

Pedagogic is one of competencies that should be owned by a teacher. Study program of Education of Islamic Elementary School Teacher (PGMI) in Wahid Hasyim University is a part of educator agent which are set to fulfill outcome product become professional educator. Focus of this research is how the pedagogic competency ability of college student as Field Experience Program (PPL) participants in 2018 according to achievement indicator. This research used descriptive qualitative research and explored by quantitative data. This research used Milles and Huberman framework and focused in inductive logical for concluded the data. The researcher in this research was as research instrument. It means reseacher as data collection tool. The result of the analysis showed that pedagogic competency in PPL participants are in good category. It is showed in score interpretation 76,56%. Role and function of tutor teacher and field mentor lecturer (DPL) are able to give instruction to improve the quality of pedagogic competency in college student.

Keywords: teacher competency; pedagogic; PPL

Keywords

teacher competency pedagogic PPL

Article Details

References

  1. DAFTAR PUSTAKA
  2. Ahmad Rizali, dkk., Dari Guru Konvensional Menuju Guru Profesional,
  3. Jakarta: Kompas Gramedia, 2009.
  4. Buku Panduan PPL XIX Fakultas Agama Islam, Universitas Wahid
  5. Hasyim tahun 2018.
  6. Dalyono, Psikologi Pendidikan, Jakarta: Rineka Cipta, 2005.
  7. E. Mulyasa, Menjadi Guru Profesional, Bandung: PT. Remaja Rosda
  8. Karya, 2005.
  9. __________, Standar Kompetensi dan Sertifikasi Guru, Bandung:
  10. Remaja Rosdakarya, 2007.
  11. Hamalik, Oemar, Pendidikan Guru Berdasarkan Pendekatan
  12. Kompetensi, Jakarta: Bumi Aksara, 2008.
  13. Kemdikbud, Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan
  14. Nomor 81A Tahun 2013 Tentang Pedoman Implementasi
  15. Kurikulum 2013, Jakarta, 2013.
  16. Nurhasnawati, Pengembangan dan Pengemasan RPP, Pekanbaru: Zanafa
  17. Publishing, 2011.
  18. Putri Balqis, dkk., Kompetensi Pedagogik Guru dalam Meningkatkan
  19. Motivasi Belajar Siswa pada SMPN 3 Ingin Jaya Kabu Upaten
  20. Aceh Besar, Jurnal Administrasi Pendidikan Pascasarjana Syiah
  21. Kuala, Volume 2, No. 1, Agustus 2014
  22. Sagala, Syaiful, Kemampuan Profesional Guru Dan Tenaga
  23. Kependidikan, Bandung: Alfabeta, 2009
  24. Slameto, Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya, Jakarta:
  25. Rineka Cipta, 2010
  26. Sudijono, Anas, Pengantar Evaluasi Pendidikan, Jakarta: Raja Grafindo
  27. Persada. Edisi 7, 2007.
  28. Ali Imron, Linda IP Kompetensi Pedagogik Peserta PPL....
  29. MAGISTRA -Volume 9 No. 1 Juni 2018
  30. Tim penyusun, Kamus Besar Bahasa Indonesia, Jakarta: Balai Pustaka,
  31. Trianto,dkk., Tinjauan Yuridis Hak serta Kewajiban Pendidik Menurut
  32. UU Guru dan Dosen, Jakarta: Prestasi Pustaka, 2006.
  33. Undang-Undang No. 14 Tahun 2005 Tentang Guru dan Dosen
  34. Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 13 Tahun 2003 tentang
  35. Ketenagakerjaan
  36. Wawancara, Arini, Peserta PPL PGMI Unwahas 2018 di MI Nasrul
  37. Fajar, 20 Februari 2018.
  38. Wawancara, Fitria Martanti, Dosen Pembimbing Lapangan PPL XIX
  39. Unwahas di MI Nasrul Fajar, 20 Februari 2018.
  40. Wawancara, Ersila Devi Rinjani, Dosen Pembimbing Lapangan PPL
  41. XIX Unwahas di MI Miftahul Ahlakiyah, 23 Februari 2018.
  42. Wawancara, Komariyah, Nurul, Kepala Madrasah MI Darul Ulum
  43. Semarang, 20 Februari 2018.
  44. Wawancara, Nurul Faoziah, Peserta PPL XIX di MI Darul Ulum, 19
  45. Februari 2018.