Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendiseminikasikan pengembangan bahan ajar cetak IPA bervisi SETS yang memenuhi kriteria valid dan efektif. Metode penelitian
yang digunakan dalam penelitian ini Research and Development (R&D) dari empat
tahap yang disederhanakan menjadi tiga tahap, yaitu; (1) pendefinisian (define), (2)
perancangan (design), dan (3) pengembangan (development). Subyek penelitian ini
siswa kelas IV SDN Kalibanteng Kidul 03. Teknik pengumpulan data
menggunakan wawancara, tes, observasi, angket. Teknik analisis data
menggunakan analisis deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Karakteristik bahan ajar
cetak IPA bervisi SETS adalah menggabungkan antara materi sumber daya alam
dengan unsur-unsur Science, Environment, Technology, and Society. Hasil
pengembangan bahan ajar cetakvalid dan efektif. Skor validasi dalam kategori
sangat baik. Skor keefektifan bahan ajar cetak terlihat dari hasil belajar, ketuntasan
hasil belajar, peningkatan hasil belajar, aktivitas guru dan aktivitas peserta didik.
Berdasarkan hasil dan pembahasan dalam penelitian pengembangan pembelajaran
IPA SD bervisi SETS, disarankan; bahan ajar cetak IPA bervisi SETS dalam
kompetensi sumber daya alam telah dikembangkan dengan hasil valid dan efektif,
maka perlu dilakukan uji coba dalam skala lebih luas dan guru dapat menggunakan
bahan ajar cetak IPA bervisi SETS sebagai suplemen untuk proses pembelajaran.
Kata Kunci: Diseminasi, Bahan Ajar IPA, Visi SETS
Abstract
The goal of this research is to disseminate the improvement of IPA printed
teaching material in Science, Environment, Technology, Society (SETS) vision
which fulfill valid criteria and effective. The method in this research is Research
and Development (R&D). Actually it has four steps but we simplify it become three
steps, they are define, design, and development(R & D). Actually it has 4 steps but
we simplify become 3 steps, they are devine , design, and development. The subject
of this research is fourth grader student of SDN kalibanteng kidul 03. The
technique of data collection using interview, test, observation, questionnaire. The
characteristic of IPA printed teaching material in sets vision is combining between
natural science material with elements of science, environment, technology, and
Ummu Jauharin F, Ersila Devy R Diseminasi Bahan Ajar IPA...
2 MAGISTRA - Volume 9 Nomor 2 Desember 2018
society. The result of printed teaching material is valid and effective. Validation
score in very good category. The effectiveness score of printed teaching material
can be seen in learning result, learning complitenees, learning improvement,
teacher and student activity. Based on the result and discussion in the research of
learning improvement of IPA in SETS vision in natural resource, competence
already improved with valid and effective result, so it need to be tried in wider
scale and teacher can used IPA printed mterial in SETS vision as suplement for
learning process.
Keywords: dissemination, IPA teaching material, SETS vision
Article Details
References
- DAFTAR PUSTAKA
- Amelia, Wachyu. Karakteristik dan Jenis Kesulitan Belajar Anak Slow
- Learner, Jurnal Ilmu Kesehatan Aisyah, Volume 1 No. 2 Juli –
- Desember 2016.
- Armstong, T, Setiap Anak Cerdas.Jakarta : PT Gramedia Pustaka Utama,
- Binadja, Achmad. (1999). Hakekat dan Tujuan Pada SETS (Science,
- Environment, Technology, And Society) Dalam Konteks Kehidupan
- Pendidikan Yang Ada. Makalah Seminar Lokakarya Pendidikan SETS
- -15 Desember 1999. Semarang: UNNES
- Depdiknas, Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP).
- Jakarta:Departemen Pendidikan Nasional, 2006.
- Esa Nur Wahyunidan Baharuddin, Teori Belajar & Pembelajaran, Jogjakarta: ArRuzz Media, 2010.
- Randall, L., Weisenmayer and Peter A. R, “The effect of STS ISSUE
- Investigation an action versus traditional life science instruction
- seventh grade students citizenship behavioursâ€. Journal of Science
- Education and Technology. 8 (2) : 137-144, 1999.
- Rosario, B.,I, Science, Technology, Society, dan Evironment (STSE).
- Approach in Environment Science For Non Science Student in a local
- Culture. Volume. 6 No. 1 Desember 2009 ISSN: 20994-1064 CHED
- Accredited Research Journal, CategoryB, 2009.
- Rusilowati, A, Binadja, A, Mitigasi Bencana Alam Berbasis Pembelajaran
- Kebencanaan Alam Bervisi SETS Terintegrasi dalam Beberapa Mata
- Pelajaran. Laporan Penelitian Hibah. Semarang: Universitas Negeri
- Semarang, 2009.
- Rusman, Model-model Pembelajaran. Jakarta:PT. Raja Grafindo Persada,
- Ummu Jauharin F, Ersila Devy R Diseminasi Bahan Ajar IPA...
- MAGISTRA - Volume 9 Nomor 2 Desember 2018
- Saputro dan Hadi Yanuar., Pengaruh Pendekatan POE Bervisi SETS. Tesis.
- Semarang: UNNES, 2011.
- Susena, Pengembangan Perangkat Pembelajaran Bervisi SETS untuk
- Membantu Mencapai Kompetensi Berkaitan dengan Larutan
- Penyangga, Tesis. Semarang: Program Pascasarjana UNNES, 2011
- Viola, S. R., giretti, A. and leo, T, Detecting Differences in “Meaningful
- Learning†Behaviours and their Evaluation: a Data Driven Approach.
- International Journal of Computing & Information Science. 5 (2): 63-
- , 2007.
- Wijayama, B, Pengembangan Perangkat Pembelajaran IPA Bervisi SETS
- dengan Pendekatan SAVI untuk Meningkatkan Keefektifan
- Pembelajaran dan Pembentukan Karakter Peserta Didik Sekolah
- Dasar, Tesis, Semarang: Program Pascasarjana Unnes, 2013.
- Yachya, Hasyim, Tentang anak berkebutuhan khusus. Jakarta:_________,
- Yager, R. E, “A Comparation of Students Learning in STS vsThose in
- Directed Inquary Classesâ€. Journal ofScience Education and
- Technology. 13 (2) : 187, 2009.
- Yoruk, Inci Morgil, Nilgün Seçken, “The effects of science, technology,
- society and environment (STSE) education on students’ career
- planningâ€. Journal US-China Education Review, ISSN 1548-6613.
- (8) Serial No.57,2009.
References
DAFTAR PUSTAKA
Amelia, Wachyu. Karakteristik dan Jenis Kesulitan Belajar Anak Slow
Learner, Jurnal Ilmu Kesehatan Aisyah, Volume 1 No. 2 Juli –
Desember 2016.
Armstong, T, Setiap Anak Cerdas.Jakarta : PT Gramedia Pustaka Utama,
Binadja, Achmad. (1999). Hakekat dan Tujuan Pada SETS (Science,
Environment, Technology, And Society) Dalam Konteks Kehidupan
Pendidikan Yang Ada. Makalah Seminar Lokakarya Pendidikan SETS
-15 Desember 1999. Semarang: UNNES
Depdiknas, Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP).
Jakarta:Departemen Pendidikan Nasional, 2006.
Esa Nur Wahyunidan Baharuddin, Teori Belajar & Pembelajaran, Jogjakarta: ArRuzz Media, 2010.
Randall, L., Weisenmayer and Peter A. R, “The effect of STS ISSUE
Investigation an action versus traditional life science instruction
seventh grade students citizenship behavioursâ€. Journal of Science
Education and Technology. 8 (2) : 137-144, 1999.
Rosario, B.,I, Science, Technology, Society, dan Evironment (STSE).
Approach in Environment Science For Non Science Student in a local
Culture. Volume. 6 No. 1 Desember 2009 ISSN: 20994-1064 CHED
Accredited Research Journal, CategoryB, 2009.
Rusilowati, A, Binadja, A, Mitigasi Bencana Alam Berbasis Pembelajaran
Kebencanaan Alam Bervisi SETS Terintegrasi dalam Beberapa Mata
Pelajaran. Laporan Penelitian Hibah. Semarang: Universitas Negeri
Semarang, 2009.
Rusman, Model-model Pembelajaran. Jakarta:PT. Raja Grafindo Persada,
Ummu Jauharin F, Ersila Devy R Diseminasi Bahan Ajar IPA...
MAGISTRA - Volume 9 Nomor 2 Desember 2018
Saputro dan Hadi Yanuar., Pengaruh Pendekatan POE Bervisi SETS. Tesis.
Semarang: UNNES, 2011.
Susena, Pengembangan Perangkat Pembelajaran Bervisi SETS untuk
Membantu Mencapai Kompetensi Berkaitan dengan Larutan
Penyangga, Tesis. Semarang: Program Pascasarjana UNNES, 2011
Viola, S. R., giretti, A. and leo, T, Detecting Differences in “Meaningful
Learning†Behaviours and their Evaluation: a Data Driven Approach.
International Journal of Computing & Information Science. 5 (2): 63-
, 2007.
Wijayama, B, Pengembangan Perangkat Pembelajaran IPA Bervisi SETS
dengan Pendekatan SAVI untuk Meningkatkan Keefektifan
Pembelajaran dan Pembentukan Karakter Peserta Didik Sekolah
Dasar, Tesis, Semarang: Program Pascasarjana Unnes, 2013.
Yachya, Hasyim, Tentang anak berkebutuhan khusus. Jakarta:_________,
Yager, R. E, “A Comparation of Students Learning in STS vsThose in
Directed Inquary Classesâ€. Journal ofScience Education and
Technology. 13 (2) : 187, 2009.
Yoruk, Inci Morgil, Nilgün Seçken, “The effects of science, technology,
society and environment (STSE) education on students’ career
planningâ€. Journal US-China Education Review, ISSN 1548-6613.
(8) Serial No.57,2009.