Main Article Content
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah : (1) Mendeskripsikan hasil analisis nilai-nilai yang telah
ditemukan dalam novelSebelas Patriot sebagai bahan literasi membaca yang mendidik
bagi siswa (2) Mendeskripsikan relevansi nilai-nilai dalam novelSebelas Patriot dengan
nilai-nilai karakter sebagai bahan literasi membaca yang mendidik bagi siswa Sekolah
Dasar. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Penelitian ini melibatkan kepala
sekolah, guru dan siswa kelas V. Data dalam penelitian ini diperoleh dari observasi,
wawancara dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat dikemukakan sebagai
berikut: (1) Novel Sebelas Patriot mengandung nilai karakter yang meliputi religius, jujur,
toleransi, disiplin, kerja keras, kreatif, mandiri, rasa ingin tahu, semangat kebangsaan,
cinta tanah air, menghargai prestasi, persahabat/komunikatif, cinta damai, gemar
membaca, dan tanggung jawab; (2) Relevansi nilai-nilai yang terkandung dalam novel
Sebelas Patriot dengan nilai karakter.
Kata Kunci: Pendidikan Literasi, Berbasis Nilai
Abstract
The goals of this study are : (1) describing the result of analysis values are found in novel
“ sebelas patriot†as educated literacy material for student. (2) describing the relevance
values in novel “ sebelas patriot “ with character values as educated literacy material for
elementary school student. The kind of this reseaceh as descriptive qualitative. This
research involving the headmaster, teachers and fifth grade student. The data is obtained
by observation, inteview and documentation. Based on the result of this research, can be
concluded as follows : (1) novel “ sebelas patriot “ contains character values that cover :
religious, honest, tolerance, dicipline, hard work, creative, independent, curious,
nationalism, love the country, appreciate the achievement, friendship/communicative,
peace, love reading, and responsible. (2) the relevance values in novel “ sebelas patriot
“ with character values.
Keyword : Literacy eduation, value based
Article Details
References
- DAFTAR PUSTAKA
- Bernawi dan Arifin, M, Teknik Penulisan Karya Ilmiah. Jogjakarta: ArRuzz Media, 2016.
- Daryanto dan Darmiatun, Suryatri. 2013. Implementasi Pendidikan Karakter di
- Sekolah. Yogyakarta: Gava Media, 2013.
- Hirata, Andrea. 2011. Sebelas Patriot. Yogyakarta: Bentang Pustaka, 2011.
- Hafid, Anwar dkk, Dasar-dasar Ilmu Pendidikan. Bandung: Alfabeta, 2014.
- Iswandari, Dewi.“Analisis Nilai Karakter dalam Kumpulan Cerita Hadiah
- Kejujuran Karya Sherina Salsabila, dkkâ€. Skripsi. Semarang: Universitas
- PGRI, 2016.
- Nurgiyantoro, Burhan, Teori Pengkajian Fiksi. Yogyakarta: Gadjah Mada
- University Press, 2013.
- Nurgiyantoro, Burhan, Sastra Anak: Pengantar Pemahaman Dunia Anak.
- Yogyakarta: Gadjah Mada University Press, 2010.
- Rahmawati, Mei, “Analisis Nilai Moral dalam Novel Tanah Air Beta Karya
- Sefryana Khairil bagi Siswa Sekolah Dasarâ€. Skripsi. Semarang:
- Universitas PGRI, 2016.
- Ratna, Nyoman Kutha, Peranan Karya Sastra, Seni, dan Budaya dalam
- Pendidikan Karakter. Bandung: Pustaka Setia, 2014.
- Soegeng, A. Y, Filsafat Pendidikan. Yogyakarta: Magnum Pustaka Utama, 2017.
- Sugiyono, Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta, 2016.
- Sukmadinata, Nana Syaodih, Metode Penelitian Pendidikan. Bandung:
- Remaja Rosdakarya, 2016.
- Suyitno dan Ngatmini, Pengantar Praktis Bahasa Indonesia. Yogyakarta:
- Magnum, 2017.
- Wibowo, Agus, Pendidikan Karakter Berbasis Sastra.Yogyakarta: Pustaka
- Pelajar, 2013.
- Wibowo, A., & Gunawan, Pendidikan Karakter Berbasis Kearifan Lokal di
- Sekolah. Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2015.Desy Nursalena S Pendidikan Literasi Berbasis...
- MAGISTRA - Volume 9 Nomor 2 Desember 2018
- Yaumi, Muhammad, Pendidikan Karakter: Landasan, Pilar, Implementasi.
- Jakarta: Kencana, 2014.
- Yulianti, Qiqi dan Rusdiana, Pendidikan Nilai: Kajian Teori dan Praktik di
- Sekolah. Bandung: Pustaka Setia. 2014.
References
DAFTAR PUSTAKA
Bernawi dan Arifin, M, Teknik Penulisan Karya Ilmiah. Jogjakarta: ArRuzz Media, 2016.
Daryanto dan Darmiatun, Suryatri. 2013. Implementasi Pendidikan Karakter di
Sekolah. Yogyakarta: Gava Media, 2013.
Hirata, Andrea. 2011. Sebelas Patriot. Yogyakarta: Bentang Pustaka, 2011.
Hafid, Anwar dkk, Dasar-dasar Ilmu Pendidikan. Bandung: Alfabeta, 2014.
Iswandari, Dewi.“Analisis Nilai Karakter dalam Kumpulan Cerita Hadiah
Kejujuran Karya Sherina Salsabila, dkkâ€. Skripsi. Semarang: Universitas
PGRI, 2016.
Nurgiyantoro, Burhan, Teori Pengkajian Fiksi. Yogyakarta: Gadjah Mada
University Press, 2013.
Nurgiyantoro, Burhan, Sastra Anak: Pengantar Pemahaman Dunia Anak.
Yogyakarta: Gadjah Mada University Press, 2010.
Rahmawati, Mei, “Analisis Nilai Moral dalam Novel Tanah Air Beta Karya
Sefryana Khairil bagi Siswa Sekolah Dasarâ€. Skripsi. Semarang:
Universitas PGRI, 2016.
Ratna, Nyoman Kutha, Peranan Karya Sastra, Seni, dan Budaya dalam
Pendidikan Karakter. Bandung: Pustaka Setia, 2014.
Soegeng, A. Y, Filsafat Pendidikan. Yogyakarta: Magnum Pustaka Utama, 2017.
Sugiyono, Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta, 2016.
Sukmadinata, Nana Syaodih, Metode Penelitian Pendidikan. Bandung:
Remaja Rosdakarya, 2016.
Suyitno dan Ngatmini, Pengantar Praktis Bahasa Indonesia. Yogyakarta:
Magnum, 2017.
Wibowo, Agus, Pendidikan Karakter Berbasis Sastra.Yogyakarta: Pustaka
Pelajar, 2013.
Wibowo, A., & Gunawan, Pendidikan Karakter Berbasis Kearifan Lokal di
Sekolah. Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2015.Desy Nursalena S Pendidikan Literasi Berbasis...
MAGISTRA - Volume 9 Nomor 2 Desember 2018
Yaumi, Muhammad, Pendidikan Karakter: Landasan, Pilar, Implementasi.
Jakarta: Kencana, 2014.
Yulianti, Qiqi dan Rusdiana, Pendidikan Nilai: Kajian Teori dan Praktik di
Sekolah. Bandung: Pustaka Setia. 2014.