Main Article Content
Abstract
Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa khususnya
mata pelajaran IPS melalui model pembelajaran circuit learning. Penelitian ini merupakan
penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan di MI Wonoyoso Pringapus kecamatan
Pringapus Kabupaten Semarang dengan subjek penelitian yaitu siswa kelas V yang
berjumlah 16 siswa, terdiri dari 12 siswa laki-laki dan 4 siswa perempuan. Penelitian
dilaksanakan dalam 2 siklus, setiap siklus penelitian terdiri dari tahap perencanaan,
pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, observasi,
dan wawancara. Hasil penelitian sebagai berikut: kondisi awal pra siklus menunjukkan
bahwa rata-rata hasil belajar siswa yaitu 33,4 dan belum ada siswa yang tuntas mencapai
nilai KKM (70), siklus I nilai rata-rata hasil belajar meningkat 45,9 dengan ketuntasan
klasikal 6,2% karena hanya 1 siswa yang tuntas mencapai KKM (70), dan pada siklus II nilai
rata-rata hasil belajar meningkat lagi dengan rata-rata hasil belajar 83,1 dan ketuntasan
klasikal mencapai 81,2% sehingga penelitian ini dikatakan berhasil. Berdasarkan perolehan
tes formatif yang terus mengalami peningkatan tiap siklus tersebut, dapat disimpulkan bahwa
hasil belajar IPS dapat ditingkatkan melalui penggunaan model circuit learning pada siswa
kelas V MI Wonoyoso Pringapus.
Kata Kunci: Hasil Belajar, IPS, Model Pembelajaran Circuit Learning
Abstract
The goal of this classroom action research is to improve the students learning result
especially on IPS lesson through circuit learning model. This research is classroom action
research which conducted in MI Wonoyoso Pringapus, kecamatan Pringapus, Kabupaten
Semarang and the subjects are 16 students of fifth grade, consist of 12 male students and 4
female students. This research conducted in 2 cycles, each cycle consist of planning,
implementation, observation and reflection. Technique of data collection using test,
observation, and interview. The result of this research as follow : early condition before
cycle show that the average of students’ learning result was 33,4 and no one reached the
completeness (70), cycle 1 the average score of learning result increased become 45,9 with
classical completeness 6,2% because only one student reached the completeness (70), and on
cycle 2 the average score increased again with the learning result was 83,1 and classical
completeness until 81,2% and this research can be said success. Based on the test formative
result which always increase in every cycle, can be concluded that the learning result of IPS
Upaya Meningkatkan Hasil Belajar …
89 MAGISTRA - Volume 9 Nomor 2 Desember 2018
Oktafina B., Asma’ul H., Fitria
M.
can be increased by the use of circuit learning model for fifth grade in MI Wonoyoso
Pringapus.
Keywords : learning result, IPS, circuit learning model
Article Details
References
- DAFTAR PUSTAKA
- Agus, Moch. Krisno Budiyanto, Sintaks 45 Metode Pembelajaran dalam Student
- Centered Learning(SCL), Malang: Universitas Muhammadiyah Malang,
- Shoimin, Aris, 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013, Yogyakarta:
- Ar-Ruzz Media, 2014.
- Huda, Miftakhul, Model- Model Pengajaran Dan Pembelajaran, Yogyakarta:
- Pustaka Belajar, 2013.
- Arikunto, Suharsimi dkk, Penelitian Tindakan Kelas, Jakarta: Bumi Aksara, 2010.
- Puspa, Ayu, Dewi, Pengaruh Model Pembelajaran Circuit Learning Berbantu Media
- Audio Visual Terhadap Hasil Belajar IPSs siswa SD Negeri 1 Pejeng
- Tahun 2013/2014, Jurnal Mimbar PGSD Universitas Pendidikan Ganesha
- Jurusan PGSD, (vol :2 No: 1 tahun 2014).
- Desmita, Psikologi Perkembangan Peserta Didik, Bandung: Remaja Rosydakarya,
- Solihatin, Cooperative Learning Analisis Model Pembelajaran IPS, Jakarta: Bumi
- Aksara, 2005.
- Alwi, Hasan. Kamus Besar Bahasa Indonesia, Jakarta: Gramedia Pustaka Utama,
References
DAFTAR PUSTAKA
Agus, Moch. Krisno Budiyanto, Sintaks 45 Metode Pembelajaran dalam Student
Centered Learning(SCL), Malang: Universitas Muhammadiyah Malang,
Shoimin, Aris, 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013, Yogyakarta:
Ar-Ruzz Media, 2014.
Huda, Miftakhul, Model- Model Pengajaran Dan Pembelajaran, Yogyakarta:
Pustaka Belajar, 2013.
Arikunto, Suharsimi dkk, Penelitian Tindakan Kelas, Jakarta: Bumi Aksara, 2010.
Puspa, Ayu, Dewi, Pengaruh Model Pembelajaran Circuit Learning Berbantu Media
Audio Visual Terhadap Hasil Belajar IPSs siswa SD Negeri 1 Pejeng
Tahun 2013/2014, Jurnal Mimbar PGSD Universitas Pendidikan Ganesha
Jurusan PGSD, (vol :2 No: 1 tahun 2014).
Desmita, Psikologi Perkembangan Peserta Didik, Bandung: Remaja Rosydakarya,
Solihatin, Cooperative Learning Analisis Model Pembelajaran IPS, Jakarta: Bumi
Aksara, 2005.
Alwi, Hasan. Kamus Besar Bahasa Indonesia, Jakarta: Gramedia Pustaka Utama,