Main Article Content
Abstract
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan menulis
karangan narasi menggunakan media film mata pelajaran Bahasa Indonesia
pada siswa kelas V MI Al Hadi Girkusuma Demak dan sejauh mana
penerapan media film dapat meningkatkan keterampilan menulis karangan
narasi mata pelajaran Bahasa Indonesia pada siswa kelas V MI Al Hadi 3
Girikusuma Demak. Desain penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas
dengan subyek penelitian siswa kelas V MI Al Hadi 3 Girikusuma Demak
dengan jumlah siswa sebanyak 32 peserta didik.
Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan cara melakukan
observasi, tes tertulis pada akhir penerapan siklus, dan melihat dokumentasi
nilai menulis karangan narasi mata pelajaran Bahasa Indonesia sebelum
penerapan media film, dan nilai rata-rata tes tertulis akhir pembelajaran
tiap-tiap siklus dengan penerapan media film dianalisis menggunakan
kualitatif deskriptif. Prestasi belajar siswa mengalami peningkatan setiap
siklusnya. Nilai rata-rata tes tertulis dari siklus I sampai siklus II juga
mengalami peningkatan dibandingkan sebelum penerapan media film. Nilai
rata-rata tes tertulis sebelum penerapan media film sebesar 58,13, nilai rata-
rata siklus I sebesar 75,81 dan nilai rata-rata siklus II sebesar 84,8.
Selanjutnya prosentase ketuntasan belajarnya juga mengalami peningkatan
yaitu pra siklus 28,1%, siklus I 75%, dan pada siklus II 93,75%. Sedangkan
anak yang mendapat nilai telah mencapai kriteria ketuntasan minimal
(KKM) 75 juga mengalami peningkatan yaitu pra siklus ada 9 siswa, pada
siklus I 24 siswa dan pada siklus II ada 30 siswa. Berdasarkan analisis
diperoleh simpulan bahwa ada peningkatan yang signifikan antara sebelum
dan sesudah penerapan media film dalam pembelajaran menulis karangan
narasi pada mata pelajaran Bahasa Indonesia.
Kata Kunci : Peningkatan, keterampilan Menulis Narasi, Media Film
Arinil Hasanah Peningkatan Keterampilan Menulis...
2 MAGISTRA - Volume 8 Nomor 2 Desember 2017
Abstract
This study aims to improve writing skill on narrative essay using film media
on Indonesian language subjects in fifth grade of MI Al Hadi Girikusuma
Demak, and how far the application of film media can improve the writing
skill on narrative essay in Indonesian language subjects for them. The
design of this study is classroom action research with the subjects are 32
fifth grade students of MI Al Hadi 3 Girikusuma Demak.
Data collection in this study was carried out by conducting observations,
written tests at the end of the cycle, and find out the documentation of
writing skill score on narrative essay in Indonesian subjects before the
application of film media, and the average written test scores of each cycle
of learning with the application of media films were analyzed using
descriptive qualitative. Student learning achievement has increased every
cycle. The average value of written tests from cycle I to cycle II also increase
compared before the application of film media. The average value of the
written test before the application of film media is 58.13, the average value
of the first cycle is 75.81 and the average value of the second cycle is 84.8.
Furthermore, the percentage of mastery learning also increased, namely
pre cycle 28.1%, cycle I 75%, and in the second cycle 93.75%. Whereas
children who scored have reached the minimum completeness criteria
(KKM) 75 also experienced an increase namely pre-cycle there were 9
students, in the first cycle 24 students and in the second cycle there were 30
students. Based on the analysis, it was concluded that there was a
significant increase between before and after the application of film media
in learning to write narrative essays on Indonesian subjects.
Keywords: Improvement, Narrative Writing skills, film Media
Article Details
References
- DAFTAR PUSTAKA
- Arikunto, Suharsimi. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan
- Praktik. Jakarta: Rineka Cipta. 2010.
- Arikunto, Suharsimi, dkk. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta:
- Bumi aksara, 2015.
- Dalman. Keterampilan menulis. Jakarta: PT Raja Grafindo
- Persada. 2016.
- Darma, Yoce Aliah. Analisis Wacana Kritis Dalam
- Multiperspektif. Bandung: Refika Aditama. 2014.
- Keraf, Gorys. Argumentasi dan Narasi Komposisi Lanjutan III.
- Jakarta: Gramedia Pustaka Utama. 2007.
- Santoso, Anang, dkk.. Materi dan Pembelajaran Bahasa
- Indonesia SD. Tangerang Selatan: Universitas Terbuka.
- Tarigan, Henry Guntur. Menulis Suatu Keterampilan Berbahasa.
- Bandung: Angkasa. 2008.
- Wiyanto, Asul. Terampil Menulis Paragraf. Jakarta: Gramedia
- Widiasarana Indonesia. 2004.
- Zulela. Pembelajaran Bahasa Indonesia. Bandung: PT. Remaja
- Rosdakarya. 2012.
References
DAFTAR PUSTAKA
Arikunto, Suharsimi. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan
Praktik. Jakarta: Rineka Cipta. 2010.
Arikunto, Suharsimi, dkk. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta:
Bumi aksara, 2015.
Dalman. Keterampilan menulis. Jakarta: PT Raja Grafindo
Persada. 2016.
Darma, Yoce Aliah. Analisis Wacana Kritis Dalam
Multiperspektif. Bandung: Refika Aditama. 2014.
Keraf, Gorys. Argumentasi dan Narasi Komposisi Lanjutan III.
Jakarta: Gramedia Pustaka Utama. 2007.
Santoso, Anang, dkk.. Materi dan Pembelajaran Bahasa
Indonesia SD. Tangerang Selatan: Universitas Terbuka.
Tarigan, Henry Guntur. Menulis Suatu Keterampilan Berbahasa.
Bandung: Angkasa. 2008.
Wiyanto, Asul. Terampil Menulis Paragraf. Jakarta: Gramedia
Widiasarana Indonesia. 2004.
Zulela. Pembelajaran Bahasa Indonesia. Bandung: PT. Remaja
Rosdakarya. 2012.