Main Article Content

Abstract

Abstrak

Penelitian ini berusaha melakukan penelusuran terhadap
alumni atau biasa disebut dengan tracer study PGMI paska lulus
tahun 2015, 2016 dan 2017. Tracer study merupakan bagian
penting dari evaluasi program studi untuk mengetahui sejauh mana
keterserapan alumni di dunia kerja. Tidak hanya itu, penelitian ini
juga berusaha mencari kepuasan pengguna alumni PGMI FAI
Universitas Wahid Hasyim Semarang. Berdasarkan penelitian yang
sudah dilakukan dapat disimpulkan bahwa pekerjaan alumni
setelah lulus dari kuliah sebagian besar relevan dengan
kompetensinya, yaitu guru. Sebanyak 84 responden bekerja
sebagai guru, 8 bekerja di sektor lain, 4 responden menikah, dan 8
responden melanjutkan studi S2. Dengan demikian dapat
disimpulkan bahwa alumni PGMI sangat siap bekerja dengan
kompetensi yang dimilikinya.
Lulusan PGMI memiliki masa tunggu yang relatif baik,
yakni di bawah 6 bulan, bahkan 58 responden bekerja dengan masa
tunggu di bawah 3 bulan. Hal ini dikarenakan para responden
banyak yang sudah ikut membantu ekstra kurikuler seperti
pramuka, seni, atau ekstra lain sehingga mereka sudah diminta ikut
mengajar bahkan sebelum lulus.
Kompetensi lulusan yang sangat menunjang kinerja alumni
dengan nilai sangat baik terbanyak adalah integritas yang berupa
kejujuran, sikap, dan tanggung jawab alumni dalam bekerja.
Kemudian komunikasi alumni juga dinilai sangat baik.

Key Word: Tracer Study, Kepuasan Customer, Alumni PGMI FAI

Universitas Wahid Hasyim Semarang

Article Details

References

  1. DAFTAR PUSTAKA
  2. Arikunto, Suharsimi, Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik, Jakarta:
  3. Rineka Cipta, 1992
  4. Buku Panduan Akademik IAIN Walisongo, Semarang: IAIN Walisongo, 2014
  5. Koentjaraningrat, Metodologi Penelitian Kuantitatif, Yogyakarta: Pustaka Pelajar,
  6. Kurikulum 2013, Model Pemebelajaran di Sekolah Dasar dan Madrasah
  7. Ibtidaiyah menggunakan tematik terpadu, 2013
  8. Maliki, Zainuddin, Sosiologi Pendidikan, cet. II, Yogyakarta: UGM Press, 2010
  9. Muhadjir, Noeng, Metodologi Penelitian Kualitatif, Yogyakarta: Rake Sarasin,
  10. Nasution, Berbagai Pendekatan dalam Proses Belajar dan Mengajar, Jakarta:
  11. Bumi Aksara, 2003
  12. Nasution, S., Metode Penelitian Naturalistik-Kualitatif, cet. 2, Bandung, Tarsito,
  13. Pasal 2 Peraturan Pemerintah Nomor 60 tahun tentang Perguruan Tinggi, 1999.
  14. Pasal 3 Peraturan Pemerintah Nomor 61 tahun 1999 tentang Penetapan Perguruan
  15. Tinggi Negeri
  16. Potter, Booby de, Quantum Teaching, Birmingham: Routladge Press, 2000
  17. Sugiyono, Memahami Penelitian Kualitatif, Bandung: Alfabeta, 2005
  18. Suharsaputra, Uhar, Manajemen Pendidikan Perguruan Tinggi, Bandung: PT
  19. Refika Aditama, 2015
  20. Sutrisno, Pendidikan Islam Yang Menghidupkan, Cet II Yogyakarta: Kota
  21. Kembang, 2008
  22. Undang-undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2005 Tentang Guru dan
  23. Dosen, Jakarata: Depdiknas RI, 2006