Main Article Content

Abstract

Abstrak

Psikologi belajar memahami aspek psikis bagaimana peserta didik madrasah ibtidaiyah
melakukan aktifitas belajar secara nyaman, diminati dan termotivasi dalam proses
pembelajaran aktif. Madrasah Ibtidaiyah merupakan lembaga pendidikan yang mempunyai
kontribusi besar dalam mempersiapkan generasi yang unggul dan berkarakter, anak usia
tersebut merupakan masa keemasan dalam pembentukan kepribadiannya. Kajian ini
menggunakan Metode Participatory Action Research (PAR) melibatkan Guru, peserta didik
dan Madrasah Ibtidaiyah. Hasil Kajian 1. Pembelajaran aktif merupakan upaya penting untuk
diterapkan di Madrasah Ibtidaiyah.2. Ada kaitan bagaimana proses pembelajaran di kelas
tidak hanya menekankan aspek koknitif, afektif dan psikomotorik namun juga melibatkan
aspek psikologi belajar sehingga proses pembelajaran menjadi menyenangkan,
menggairahkan dan memberdayakan peserta didik.3 Pembelajaran aktif di Madrasah
Ibtidaiyah memberikan dampak psikologi belajar yang sangat baik.
Kata Kunci :Psikologi Belajar, Pembelajaran Aktif
Abstract

Learning psychology understand that every students in actualize their whole learning
activities there are relations with their motive, interest and seriousness will push someone
success in study. MI is an educational institution which has big contribution in preparing
exellent generation and good character. Children in that age is in their golden period in
shaping their personality. This study use Parcipatory Action Research (PAK) Method,
involving teachers, students, and MI. The results of this study: 1) Active Learning is
important effort to be applied in MI. 2) There are relation on how the learning process in
class not only emphasize on cognitive, affective and psychomotor aspects but also involving
learning psychology aspect so that learning process become fun, exciting and empowering
students. Active learning in MI give good psychological effect.
Keywords: psychological aspects, active learning

Article Details

References

  1. DAFTAR PUSTAKA
  2. Afandi, Agus dkk, Modul Participatory Action Reseacrh (PAR) (IAIN Sunan Ampel
  3. Surabaya: Lembaga Pengabdian Masyarakat (LPM), 2013.
  4. Bahri Djamarah, Saiful, Psikologi Belajar, Rineka Cipta: Jakarta, 2008.
  5. Dalvin, Upaya Meningkatkan Keaktifan Belajar Siswa dalam Pembelajaran Agama
  6. dengan Menggunakan Metode Belajar Aktif Tipe Quiz Tea, Jurnal Guru, 2006.
  7. Danim, Sudarwan, Menjadi Peneliti Kualitatif, Bandung: CV Pustaka Setia, 2002.
  8. Dha Niess, Padjrin, Teori Psikologi Belajar dan Aplikasinya dalam Pendidikan,
  9. Fakih, Mansour, Menggeser konsepsi gender dan transformasi sosial, Yogyakarta
  10. :Pustaka Pelajar, 2007.
  11. Hamalik, Oemar, Perencanaan Pengajaran Melalui Pendekatan Sistem, Jakarta:
  12. Bumi Aksara, 2002.
  13. Http://nurwahyudi.blogspot.com/2010/11/pengembangan pembahasapendidikan.html.
  14. diunduh 15/7/2018.
  15. Http://padjrindhaniess.blogspot.com/2011/10/psikologibelajar.htm.diunduh19/7/2018
  16. Jalaluddin, Psikologi Agama, Jakarta: Rajagrafindo Persada, 2010.
  17. Khodijah, Nyayu, Psikologi Belajar, Rafah Press: Palembang, 2006.
  18. Nasution, Noehi, Materi Pokok Psikologi Pendidikan, Jakarta: direktorat, 1998.
  19. Nurdin, Syafrudin dan M. Basyiruddin Usman, Guru Profesional dan Implementasi
  20. Kurikulum, Ciputat Press, Jakarta, 2002.
  21. Prastowo, Andi, Memahami Metode-Metode Penelitian.Yogjakarta: ArRuzz Media,
  22. P. Reason,. and H. Bradbury, The Sage Handbook of Action Research: Participative
  23. Inquiry and Practice. California: Sage, 2008.
  24. Anas Rohman Dampak Psikologi Belajar...
  25. MAGISTRA - Volume 10 Nomor 1 Juni 2019
  26. Ramayulis, Psikologi Agama, Kalam Mulia: Jakarta, 2007.
  27. Sagala, Syaiful, Konsep dan Makna Pembelajaran, Bandung: Alfabeta, 2003.
  28. Soegeng Ysh., A.Y, Pengembangan Sistem Pembelajaran, Semarang: IKIP PGRI
  29. Semarang Press, 2012.
  30. Sugiono, Prosedur Penelitian, Yogyakarta: Aditya Media, 2010
  31. Sumantri, Mulyani, Strategi Belajar Mengajar, Bandung: Maulana. 2001.
  32. Suprayogo, Imam dan Tobrani, Metodologi Penelitian, Bandung: PT Remaja
  33. Rosdakarya, 2003.
  34. Syah, Muhibbin, 2013. Psikologi Belajar. Jakarta: Rajawali Pers, 2013.
  35. Triana Primasari, Ria dan Rohmalina Wahab, dan Elhefni, Kecerdasan Emosional dan
  36. Belajar, Palembang: Grafiko Telindo Press, 2012.
  37. Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2005, Tentang Guru dan Dosen, Jakarta:
  38. Depdiknas.
  39. Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003, Tentang Sistem Pendidikan Nasional,
  40. Jakarta: Depdik.
  41. Ahmad, Kamaludin, 2001.Teori Pembelajaran Aktif, Malaysis: Rosda Karya, 2001
  42. Wahab, Rohmalina, Psikologi Belajar, Palembang: Grafiko Telindo Press, 2014.
  43. Wardhani dan Kuswaya Wihardit, Penelitian Tindakan Kelas, Jakarta: Universitas
  44. Terbuka, 2007.