Main Article Content
Abstract
Abstrak
Pembelajaran fiqh bertujuan memberikan pemahaman kepada peserta didik tentang berbagai
macam syariat atau hukum Islam dan berbagai macam aturan hidup bagi manusia.
Memberikan pemahaman terkait permasalahan tersebut tentunya bukan hal yang mudah
terutama bagi siswa Madrasah Ibtidaiyah yang notabene harus senantiasa diberikan contoh
konkrit maupun permasalahan yang dapat merangsang pemahaman siswa. Penelitian ini
memiliki tujuan untuk melihat implementasi model pembelajaran Problem Based Learning
pada mata pelajaran fiqh di Madrasah Ibtidaiyah. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif
yang berlokasi di Madrasah Ibtidaiyah Miftahush Sibyan 01 Semarang. Sumber data penelitian
diperoleh dari data primer dan data sekunder. Metode pengumpulan data dilakukan dengan
wawancara, dokumentasi dan observasi, sedangkan metode analisis data menggunakan metode
deskriptif analitis. Berdasarkan hasil penelitian yang telah peneliti lakukan dapat diperoleh
simpulan bahwa implementasi pembelajaran fiqh dengan menggunakan model pembelajaran
Problem Based Learning membantu pemahaman anak terkait materi fiqh menjadi lebih
mudah, hal ini karena pembelajaran diarahkan untuk senantiasa memberikan permasalahan
yang sederhana tetapi mampu memberikan pemahaman yang cukup konkrit kepada siswa.
Kata kunci: Problem Based Learning, pembelajaran, Fiqh
Abstract
Fiqh lesson aims to give understanding to the students about many syariat or Islamic roles and
various life roles for human. Giving understanding about the problem is not easy thing
especially for MI students who are always be given real example or problem which can
stimulate students’ understanding. This study aims to see implementation of learning model in
Problem Based Learning on Fiqh Lesson for MI Miftahush Sibyan 01 Semarang. Source of the
data were obtained from primer data and sekunder data. Data collection were done by
interview, documentation and observation, while data analysis used analystical descriptive
method. Based on the result of the study the conclusion that can be obtained that
implementation of fiqh lesson with used PBL learning method is help student about fiqh
material become easier, it is because the learning directed to always give simple problem but
able to give concrete understanding to students.
Keywords: Problem Based Learning, Learning, Fiqh
Article Details
References
- DAFTAR PUSTAKA
- Abbudin, Nata, Perspektif Islam tentang Strategi Pembelajaran, Jakarta: Kencana,
- Arends, Richard I, Learning to Teach: Belajar untuk Mengajar, Yogyakarta: Pustaka
- Pelajar, 2007.
- Keputusan Menteri Agama No 165 Tahun 2014, Pedoman Kurikulum madrasah 2013
- Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Bahasa Arab, Jakarta:
- Depag.
- Moleong, J Lexy, Metode Penelitian Kualitatif, Bandung: Remaja Rosdakarya, 2005.
- Ngalimun, Strategi dan Model pembelajaran, Yogyakarta: Aswaja Presindo, 2013.
- Rusman, Model-Model Pembelajaran, Bandung: Rajawali Pers, 2010.
- Sanjaya, Wina, Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan.
- Jakarta: Prenada Media Group, 2010.
- Shoimin, Aris, Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013, Yokyakarta: AR-
- ruz media, 2014.
- Trianto, Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif, Surabaya: Kencana
- Prenada Media Group, 2007.
References
DAFTAR PUSTAKA
Abbudin, Nata, Perspektif Islam tentang Strategi Pembelajaran, Jakarta: Kencana,
Arends, Richard I, Learning to Teach: Belajar untuk Mengajar, Yogyakarta: Pustaka
Pelajar, 2007.
Keputusan Menteri Agama No 165 Tahun 2014, Pedoman Kurikulum madrasah 2013
Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Bahasa Arab, Jakarta:
Depag.
Moleong, J Lexy, Metode Penelitian Kualitatif, Bandung: Remaja Rosdakarya, 2005.
Ngalimun, Strategi dan Model pembelajaran, Yogyakarta: Aswaja Presindo, 2013.
Rusman, Model-Model Pembelajaran, Bandung: Rajawali Pers, 2010.
Sanjaya, Wina, Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan.
Jakarta: Prenada Media Group, 2010.
Shoimin, Aris, Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013, Yokyakarta: AR-
ruz media, 2014.
Trianto, Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif, Surabaya: Kencana
Prenada Media Group, 2007.