Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi kemampuan siswa Sekolah Dasar (SD) dalam mencapai kompetensi kognitif pada pembelajaran Kurikulum 2013 subtema Keseimbangan Ekosistem dan mendeskripsikan pengalaman belajar saintifik siswa pada pembelajaran Kurikulum 2013 subtema keseimbangan ekosistem. Meotde penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan melakukan observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktifitas pembelajaran pada kurikulum 2013 menunjang proses berpikir tingkat tinggi pada siswa. Pembelajaran pertama memfasilitasi siswa untuk berpikir tingkat rendah pada kategori C1, C2 dan C3, serta kategori C6 pada kegiatan berpikir tingkat tinggi. Pada pembelajaran kedua, siswa melakukan aktifitas C1, C2, C3 (berpikir tingkat rendah) dan kategori C4 pada kegiatan berpikir tingkat tinggi. Pada pembelajaran ketiga, siswa melaksanakan aktifitas berpikir tingkat rendah C1 dan C2, serta C4 dan C5 pada kategori berpikir tingkat tinggi. Pembelajaran keempat menunjukkan aktifitas berpikir tingkat rendah siswa muncul pada kategori C1 dan C2, serta berpikir tingkat tinggi pada kategori C5 dan C6. Aktifitas berpikir tingkat rendah siswa pada pembelajaran kelima adalah kategori C1 dan C2, sementara kegiatan berpikir tingkat tinggi siswa pada kategori C5 dan C6. Pada pembelajaran terakhir siswa melakukan aktifitas berpikir tingkat rendah pada kategori C1, C2 dan C3, sementara kegiatan berpikir tingkat tinggi pada kategori C6. Sedangkan kegiatan kegiatan saintifik siswa belum muncul secara optimal dalam keseluruhan aktifitas pembelajaran siswa, namun demikian kegiatan saintifik yang dimunculkan siswa relatif baik, mengingat kemampuan intelektual siswa sebagian besar masih berada pada tahap operasi konkrit.
Keywords
Article Details
References
- DAFTAR PUSTAKA
- Daum, David N. & Craig Buschner. Research on Teaching Blended and Online Physical Education. Pittsburgh, PA, USA: ETC Press. 2014.
- Horn, Thelma S., & Mayreen R. Weiss. A Developmental Analysis of Children’s Self-Ability Judgments in the Physical Domain. Pediatric Exercise Science, 3, 310-326. 1991.
- Hong, W. H., Vadivelu, J., Daniel, E. S. G., & Sim, J. H., Thinking about Thinking: Changes in First-Year Medical Students’ Metacognition and Its Relation to Performance. Medical Education Online, 79 (1), 1 – 8, 2015.
- Ibda, Fatimah., Perkembangan Kognitif: Teori Jean Piaget. Intelektualita, Volume 3 Nomor 1 (27-38), 2015.
- Kemendikbud. (2016, 06 Desember). Peringkat dan Capaian PISA Indonesia Mengalami Peningkatan. Diperoleh 11 April 2019, dari https://www.kemendikbud.go.id/main/blog//2016/12/peringkat-dan-capaian-pisa-indonesia-mengalami-peningkatan.
- Kesuma, Dharma dan Moh. Salimi, Perencanaan Pembelajaran (Bahan Ajar Mata Kuliah Perencanaan Pembelajaran Sekolah Dasar). Bandung : UPI Press, 2011.
- Musfiqon dan Nurdyansyah, Pendekaatan Pembelajaran Saintifik, Sidoarjo: Nizamia Learning Center, 2015.
- OECD. PISA 2012, Results: Students and Money Financial Literacy Skills for the 21st Century Volume VI. Paris: OECD Publishing, 2012.
- Sani, Ridwan Abdullah, Pembelajaran Berbasis HOTS (Higher Order Thinking Skills). Tangerang: Tira Smart, 2019.
- Sugiono, Cara Mudah Menyusun : Skripsi, Tesis dan Disertasi. Bandung: Alfabeta, 2013.
References
DAFTAR PUSTAKA
Daum, David N. & Craig Buschner. Research on Teaching Blended and Online Physical Education. Pittsburgh, PA, USA: ETC Press. 2014.
Horn, Thelma S., & Mayreen R. Weiss. A Developmental Analysis of Children’s Self-Ability Judgments in the Physical Domain. Pediatric Exercise Science, 3, 310-326. 1991.
Hong, W. H., Vadivelu, J., Daniel, E. S. G., & Sim, J. H., Thinking about Thinking: Changes in First-Year Medical Students’ Metacognition and Its Relation to Performance. Medical Education Online, 79 (1), 1 – 8, 2015.
Ibda, Fatimah., Perkembangan Kognitif: Teori Jean Piaget. Intelektualita, Volume 3 Nomor 1 (27-38), 2015.
Kemendikbud. (2016, 06 Desember). Peringkat dan Capaian PISA Indonesia Mengalami Peningkatan. Diperoleh 11 April 2019, dari https://www.kemendikbud.go.id/main/blog//2016/12/peringkat-dan-capaian-pisa-indonesia-mengalami-peningkatan.
Kesuma, Dharma dan Moh. Salimi, Perencanaan Pembelajaran (Bahan Ajar Mata Kuliah Perencanaan Pembelajaran Sekolah Dasar). Bandung : UPI Press, 2011.
Musfiqon dan Nurdyansyah, Pendekaatan Pembelajaran Saintifik, Sidoarjo: Nizamia Learning Center, 2015.
OECD. PISA 2012, Results: Students and Money Financial Literacy Skills for the 21st Century Volume VI. Paris: OECD Publishing, 2012.
Sani, Ridwan Abdullah, Pembelajaran Berbasis HOTS (Higher Order Thinking Skills). Tangerang: Tira Smart, 2019.
Sugiono, Cara Mudah Menyusun : Skripsi, Tesis dan Disertasi. Bandung: Alfabeta, 2013.