Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan mengetahui hubungan kematangan beragama dengan karakter Al Ḥirṣ mahasiswa Program Studi PGMI Fakultas Tarbiyah IPMAFA Pati Tahun 2019. Penelitian ini merupakan penelitian diskriptif kuantitatif dengan desain penelitian korelatif yang menghubungkan dua variabel, yaitu kematangan beragama sebagai variabel bebas dan karakter Al Ḥirṣ sebagai variabel terikat. Subjek penelitian adalah mahasiswa Program Studi PGMI IPMAFA sebanyak 241 mahasiswa dan diambil sampel 24 mahasiswa. Teknik analisis data yang digunakan adalah dengan analisis korelasi product moment. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh bahwa terdapat hubungan positif antara kematangan beragama dengan karakter al Ḥirṣ. Hal ini ditunjukkan dengan nilai r hitung lebih besar dari r tabel (0,416>0,4044) dan nilai signifikansi 0,043 lebih kecil dari 0,05. Kematangan agama dan karakter al Ḥirṣ mahasiswa PGMI yang baik berdampak pada sikap disiplin mahasiswa mengikuti pembelajaran dan diskusi di kelas. Dua hal ini juga menjadi elemen penting bagi pengembangan diri mahasiswa PGMI.
Keywords
Article Details
References
- DAFTAR PUSTAKA
- Al-Jurjani, Syekh Ali bin Sayyid Muhammad Syarif, At-Ta’rifat, Beirut: Dar Al- Fikr, tth
- Arikunto, Suharsimi, Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik, Jakarta: Rineka Cipta, 2014
- Faruq, Asrul, dan M. Sofyan Alnashr, “Implementasi Strategi Pembelajaran Edupreneurship Berbasis Multiple Intelligencesâ€, Jurnal Islamic Review, Vol. 6 No. 2 Th. 2017, hlm. 195-210, DOI: https://doi.org/10.35878/islamicreview.v6i2.129
- Hadi, Sutrisno, Metodologi Research 2, Yogyakarta: Andi Offset, 2004
- Hidayat, Komaruddin, Agama Punya Seribu Nyawa, cet. II, Jakarta: Noura Books, 2012
- Ismail, Roni, “Pembelajaran Agama Islam terhadap Wanita Lanjut Usia di Panti Sosialâ€, JIPSA, Vol. 16, N. 20. 2007
- Jalaluddin, Psikologi Agama, Jakarta: PT. Grafindo Persada, 2016
- James, Wiliam, The Varieties of Religious Experience: A Study in Human Nature, New York: Modern Library, 1958
- McGillivray, Shannon; Kou Murayama, & Alan D. Castel, Thirst for Knowledge: The Effects of Curiosity and Interest on Memory in Younger and Older Adults, Psychology and Aging, Vol. 30 No. 4 Tahun 2015
- Musfah, Jejen, Pendidikan Holistik: Pendekatan Lintas Perspektif Islam, Jakarta: Kencana, 2012
- Raharja, Steven, Martinus Ronny Wibhawa, dan Samuel Lukas, Mengukur Rasa Ingin Tahu, A Journal of Language, Literature, Culture, and Education POLYGLOT, Vol. 14 No. 2 Juli 2018
- Rakhmat, Jalaluddin, Psikologi Agama; Sebuah Pengantar, (Bandung: Mizan, 2003)
- Reio, TG & JL Callahan. “Affect, Curiosity, and Socialization-related Learning a Path Analysis of Antecedents to Job Performanceâ€, Journal of Business and Psychology, Vol.19 No. 1 Tahun 2004.
- Rizqiyah, Umi, Analisis Kematangan Beragama Orang Tua yang Berusia 40-49 Tahun dalam Pembinaan Akhlaq Anak (Studi Kasus di Lingkungan Masyarakat Desa Grogol Kec. Dukuhturi Kab. Tegal), Skripsi, Semarang: FITK UIN Walisongo, 2017
- Rowson, Jonathan, The Power of curiosity: How linking inquisitiveness to innovation could help to address our energy challenges, London: RSA Social Brain Centre, 2012
- Statuta Institut Pesantren Mathali’ul Falah Pati Tahun 2015 pasal 38
- Stokoe, Robert, Curiosity, a Condition for Learning, The International Schools Journal, Vol. 32 No. 1 Tahun 2012
- Sugiono, Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan Kombinasi (Mixed Methods), Edisi Keempat, Bandung: Alfabeta, 2013
- Tarigan, Angeline Hosana Zefany, dan Indra Prapto Nugroho, Rasa Ingin Tahu Remaja Ditinjau dari Keinginan untuk Mengaktualisasikan Diri dalam Ruang Lingkup Sekolah, Jurnal Bimbingan dan Konseling Ar-Rahman, Vol. 5 No. 1 Tahun 2019
- Wahyuni, Ida Windi, “Hubungan Kematangan Beragama dengan Konsep Diriâ€, Jurnal Al-Hikmah, Vol. 8 No. 1, Tahun 2011
- Yulika, Apni, dan Kiki Cahaya Setiawan, “Kematangan Beragama dengan Perilaku Pacaran pada Santri MA di Pondok Pesantren Modern Al-Furqon Prabumulihâ€, Jurnal Psikologi Islami, Vol. 3 No. 1 Tahun 2017
- Zaenurrosyid, A., Pengaruh Pondok Pesantren terhadap Kehidupan Sosial Masyarakat Desa Kajen Kec. Margoyoso Kab. Pati, Jurnal Islamic Review, Vol. VII No. 1 Tahun 2018,
- DOI: https://doi.org/10.35878/islamicreview.v7i1.133
References
DAFTAR PUSTAKA
Al-Jurjani, Syekh Ali bin Sayyid Muhammad Syarif, At-Ta’rifat, Beirut: Dar Al- Fikr, tth
Arikunto, Suharsimi, Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik, Jakarta: Rineka Cipta, 2014
Faruq, Asrul, dan M. Sofyan Alnashr, “Implementasi Strategi Pembelajaran Edupreneurship Berbasis Multiple Intelligencesâ€, Jurnal Islamic Review, Vol. 6 No. 2 Th. 2017, hlm. 195-210, DOI: https://doi.org/10.35878/islamicreview.v6i2.129
Hadi, Sutrisno, Metodologi Research 2, Yogyakarta: Andi Offset, 2004
Hidayat, Komaruddin, Agama Punya Seribu Nyawa, cet. II, Jakarta: Noura Books, 2012
Ismail, Roni, “Pembelajaran Agama Islam terhadap Wanita Lanjut Usia di Panti Sosialâ€, JIPSA, Vol. 16, N. 20. 2007
Jalaluddin, Psikologi Agama, Jakarta: PT. Grafindo Persada, 2016
James, Wiliam, The Varieties of Religious Experience: A Study in Human Nature, New York: Modern Library, 1958
McGillivray, Shannon; Kou Murayama, & Alan D. Castel, Thirst for Knowledge: The Effects of Curiosity and Interest on Memory in Younger and Older Adults, Psychology and Aging, Vol. 30 No. 4 Tahun 2015
Musfah, Jejen, Pendidikan Holistik: Pendekatan Lintas Perspektif Islam, Jakarta: Kencana, 2012
Raharja, Steven, Martinus Ronny Wibhawa, dan Samuel Lukas, Mengukur Rasa Ingin Tahu, A Journal of Language, Literature, Culture, and Education POLYGLOT, Vol. 14 No. 2 Juli 2018
Rakhmat, Jalaluddin, Psikologi Agama; Sebuah Pengantar, (Bandung: Mizan, 2003)
Reio, TG & JL Callahan. “Affect, Curiosity, and Socialization-related Learning a Path Analysis of Antecedents to Job Performanceâ€, Journal of Business and Psychology, Vol.19 No. 1 Tahun 2004.
Rizqiyah, Umi, Analisis Kematangan Beragama Orang Tua yang Berusia 40-49 Tahun dalam Pembinaan Akhlaq Anak (Studi Kasus di Lingkungan Masyarakat Desa Grogol Kec. Dukuhturi Kab. Tegal), Skripsi, Semarang: FITK UIN Walisongo, 2017
Rowson, Jonathan, The Power of curiosity: How linking inquisitiveness to innovation could help to address our energy challenges, London: RSA Social Brain Centre, 2012
Statuta Institut Pesantren Mathali’ul Falah Pati Tahun 2015 pasal 38
Stokoe, Robert, Curiosity, a Condition for Learning, The International Schools Journal, Vol. 32 No. 1 Tahun 2012
Sugiono, Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan Kombinasi (Mixed Methods), Edisi Keempat, Bandung: Alfabeta, 2013
Tarigan, Angeline Hosana Zefany, dan Indra Prapto Nugroho, Rasa Ingin Tahu Remaja Ditinjau dari Keinginan untuk Mengaktualisasikan Diri dalam Ruang Lingkup Sekolah, Jurnal Bimbingan dan Konseling Ar-Rahman, Vol. 5 No. 1 Tahun 2019
Wahyuni, Ida Windi, “Hubungan Kematangan Beragama dengan Konsep Diriâ€, Jurnal Al-Hikmah, Vol. 8 No. 1, Tahun 2011
Yulika, Apni, dan Kiki Cahaya Setiawan, “Kematangan Beragama dengan Perilaku Pacaran pada Santri MA di Pondok Pesantren Modern Al-Furqon Prabumulihâ€, Jurnal Psikologi Islami, Vol. 3 No. 1 Tahun 2017
Zaenurrosyid, A., Pengaruh Pondok Pesantren terhadap Kehidupan Sosial Masyarakat Desa Kajen Kec. Margoyoso Kab. Pati, Jurnal Islamic Review, Vol. VII No. 1 Tahun 2018,