Main Article Content
Abstract
This research study about implementation of literation movement program of reading habbit steps for 4th grader in SDN Sampangan, study about impact and teacher’s role in conducting literation program. This research is field research with use qualitative approach. Technique of data collection is conducted by documentation, observation and interview. Technique of data analysis is done by data reduction, data presentation, and making conclusion while to check data validity is done by observation, triangulation technique and triangulation sources. The result show that The Implementation of Literation Movement Program on Reading Habituation Step for 4th Grader in SDN Sampangan 02 through six steps. First, giving time 10-15 minutes for reading. It can be conducted in class or out of class. Summerize what they are read from the textbook. Retelling what they are read in front of the class. Giving appreciate for student who are already retelling in front of the class and making a note for book which are already read and borrowed by the student in reading card. Positive impact of this activity is there are daily reading habbit which make students become keen on reading and improving their reading references. The role of 4th grader teacher are as assistant and facilitator.
Keywords
Article Details
References
- DAFTAR PUSTAKA
- Antoro, Billy,Gerakan Literasi Sekolah: Dari Pucuk Hingga Akar Sebuah Refleksi, Jakarta: Direktorat Jendral Pendidikan Dasar dan Menengah Kemendikbud, 2017.
- Aprilia, Imelda, Pelaksanaan Program Gerakan Literasi Sekolah Guna Meningkatkan Budaya Membaca Siswa di SD Negeri 2 Limpakuwus (Skripsi), Purwokerto: FKIP PGSD UMP, 2017.
- Cholid, Nur, Menjadi Guru Profesional, Semarang: CV Presisi Cipta Media, 2015.
- Dalman, Keterampilan Membaca, Jakarta: Rajawali Pers, 2013.
- Endaryanta, Eruin, Implementasi Program Gerakan Literasi Sekolah Di Sd Kristen Kalam Kudus dan SD Muhammadiyah Suronatan (Skripsi), Yogyakarta: Fakultas Ilmu Pendidikan UNY, 2017.
- Endaryanta, Eruin, Implementasi Program Gerakan Literasi Sekolah Di Sd Kristen Kalam Kudusdan Sd Muhammadiyah Suronatan, JURNAL KEBIJAKAN PENDIDIKAN, Yogyakarta: Fakultas Ilmu Pendidikan UNY, Vol 6, No. 7, 2017
- Husein, Hamdan dan Noor Ariani, Dessy, Implementasi Program Gerakan Literasi di Sekolah Dasar Negeri Gugus Sungai MIAI Banjarmasin, Banjarmasin: JPSD, Universitas Islam Kalimantan MAB Banjarmasin, Vol 4, No. 1, 2018
- Irdawati, Yunidar, dan Darmawan, Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan dengan Menggunakan Media Gambar Kelas I di MIN Buol, Jurnal Kreatif Tadulako Online, Tadulako: FKIP Universitas Tadulako, Volume 5 (4).
- Iqbal Hasan, M., Pokok-pokok Materi Metodologi Penelitian dan Aplikasinya, Jakarta: Ghalia Indonesia, 2002
- Kusumawati, Endah, Peningkatan Keterampilan Membaca Permulaan Melalui Pendekatan Pakem Siswa Kelas I Sd Jomblangan Banguntapan Bantul Tahun Ajaran 2011/2012 (Skripsi), Yogyakarta: Fakultas Ilmu Pendidikan UNY, 2012.
- Mardalis, Metode Penelitian, Jakarta: Bumi Aksara, 2002
- Nafisah, Aliyatin, 2014, Arti Penting Perpustakaan Bagi Upaya Peningkatan Minat Baca Masyarakat, Jurnal Perpustakaan Libraria, STAIN Kudus, vol 2 No. 2: 70.
- Nurhadi, Teknik Membaca, Jakarta: Bumi Aksara, 2016.
- Nur Annisa, Indah., 2017, Implementasi Gerakan Literasi Sekolah (GLS) di Sekolah Dasar (Skripsi), Purwokerto: FKIP Universitas Muhammadiyah Purwokerto, 2017.
- Rahim, Farida, Pengajaran Membaca di Sekolah Dasar, Jakarta: Bumi Aksara, 2018.
- Septiani, Shinta Tri,. Analisis Literasi Media Pegawai Perpustakaan Proklamator Bung Hatta Bukittinggi (Skripsi), Sumatra Utara: Fakultas Ilmu Budaya Universitas Sumatera Utara, 2014.
- Sobirin Ma’as dan Susapti, Peni, Cultural Literacy Building Of Primary School Students As Basic Concept, Salatiga: Mudarrisa Jurnal Kajian Pendidikan Islam, IAIN Salatiga, Vol. 10, No. 2, 2018
- Suharsimi Arikunto, Prosedur Penelitian Kualitatif, Jakarta: Rineka Cipta, 2010
- Suyono, Titik Harsiati, dan Ika Sari Wulandari. 2017. Implementasi Gerakan Literasi Sekolah Pada Pembelajaran Tematik Di Sekolah Dasar, JURNAL SEKOLAH DASAR KAJIAN TEORI DAN PRAKTEK PENDIDIKAN, Malang: Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang, No. 2: 117.
- Teguh, Mulyo., Aktualisasi Kurikulum 2013 Di Sekolah Dasar Melalui Gerakan Literasi Sekolah Untuk Menyiapkan Generasi Unggul Dan Berbudi Pekerti, Pengawas pada Dinas Pendidikan Kabupaten Pati, Prosiding Seminar Nasional, 2017.
- Tine Silvana, Rohanda, dan Yunus Winoto, Apresiasi Orangtua Siswa Terhadap Program Gerakan Literasi Sekolah (GLS), Prosiding Seminar Nasional Pendidikan FKIP UNTIRTA, UNPAD, 2017.
- T. p, Panduan Gerakan Literasi Sekolah Dasar, Jakarta: Bagian Perencanaan dan Penganggaran Sekretariat Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah , 2016.
- T. p, Panduan Gerakan Literasi Nasional, Jakarta Timur: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Jakarta, 2017.
- T. p, Panduan Gerakan Literasi Sekolah di SD, Jakarta: Direkotorat Pembinaan Sekolah Dasar Direktorat Jendral Pendidikan Dasar dan Menengah, 2016.
- T.p, Pedoman Pelaksanaan Gerakan Nasional Literasi Bangsa, Jakarta: Bidang Pembelajara Pusat Pembinaan dan Pembinaan Bahasa Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2016.
- Wandasari,Yulisa., 2017, Implementasi Gerakan Literasi Sekolah (GLS) Sebagai Pembentuk Pendidikan Berkarakter, Jurnal Manajemen, Kepemimpinan, Dan Supervisi Pendidikan (JMKSP), Sumatra Selatan: SMKN 1 Tanah Abang, Vol 1 No. 1: 329.
- Wijaya Antasari, Indah. 2017. Implementasi Gerakan Literasi Sekolah Tahap Pembiasaan di MI Muhammadiyah Gandatapa Sumbang Banyumas. Jurnal LIBRIA. Purwokerto: IAIN Purwokerto. Vol. 9 No. 1: 17.
References
DAFTAR PUSTAKA
Antoro, Billy,Gerakan Literasi Sekolah: Dari Pucuk Hingga Akar Sebuah Refleksi, Jakarta: Direktorat Jendral Pendidikan Dasar dan Menengah Kemendikbud, 2017.
Aprilia, Imelda, Pelaksanaan Program Gerakan Literasi Sekolah Guna Meningkatkan Budaya Membaca Siswa di SD Negeri 2 Limpakuwus (Skripsi), Purwokerto: FKIP PGSD UMP, 2017.
Cholid, Nur, Menjadi Guru Profesional, Semarang: CV Presisi Cipta Media, 2015.
Dalman, Keterampilan Membaca, Jakarta: Rajawali Pers, 2013.
Endaryanta, Eruin, Implementasi Program Gerakan Literasi Sekolah Di Sd Kristen Kalam Kudus dan SD Muhammadiyah Suronatan (Skripsi), Yogyakarta: Fakultas Ilmu Pendidikan UNY, 2017.
Endaryanta, Eruin, Implementasi Program Gerakan Literasi Sekolah Di Sd Kristen Kalam Kudusdan Sd Muhammadiyah Suronatan, JURNAL KEBIJAKAN PENDIDIKAN, Yogyakarta: Fakultas Ilmu Pendidikan UNY, Vol 6, No. 7, 2017
Husein, Hamdan dan Noor Ariani, Dessy, Implementasi Program Gerakan Literasi di Sekolah Dasar Negeri Gugus Sungai MIAI Banjarmasin, Banjarmasin: JPSD, Universitas Islam Kalimantan MAB Banjarmasin, Vol 4, No. 1, 2018
Irdawati, Yunidar, dan Darmawan, Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan dengan Menggunakan Media Gambar Kelas I di MIN Buol, Jurnal Kreatif Tadulako Online, Tadulako: FKIP Universitas Tadulako, Volume 5 (4).
Iqbal Hasan, M., Pokok-pokok Materi Metodologi Penelitian dan Aplikasinya, Jakarta: Ghalia Indonesia, 2002
Kusumawati, Endah, Peningkatan Keterampilan Membaca Permulaan Melalui Pendekatan Pakem Siswa Kelas I Sd Jomblangan Banguntapan Bantul Tahun Ajaran 2011/2012 (Skripsi), Yogyakarta: Fakultas Ilmu Pendidikan UNY, 2012.
Mardalis, Metode Penelitian, Jakarta: Bumi Aksara, 2002
Nafisah, Aliyatin, 2014, Arti Penting Perpustakaan Bagi Upaya Peningkatan Minat Baca Masyarakat, Jurnal Perpustakaan Libraria, STAIN Kudus, vol 2 No. 2: 70.
Nurhadi, Teknik Membaca, Jakarta: Bumi Aksara, 2016.
Nur Annisa, Indah., 2017, Implementasi Gerakan Literasi Sekolah (GLS) di Sekolah Dasar (Skripsi), Purwokerto: FKIP Universitas Muhammadiyah Purwokerto, 2017.
Rahim, Farida, Pengajaran Membaca di Sekolah Dasar, Jakarta: Bumi Aksara, 2018.
Septiani, Shinta Tri,. Analisis Literasi Media Pegawai Perpustakaan Proklamator Bung Hatta Bukittinggi (Skripsi), Sumatra Utara: Fakultas Ilmu Budaya Universitas Sumatera Utara, 2014.
Sobirin Ma’as dan Susapti, Peni, Cultural Literacy Building Of Primary School Students As Basic Concept, Salatiga: Mudarrisa Jurnal Kajian Pendidikan Islam, IAIN Salatiga, Vol. 10, No. 2, 2018
Suharsimi Arikunto, Prosedur Penelitian Kualitatif, Jakarta: Rineka Cipta, 2010
Suyono, Titik Harsiati, dan Ika Sari Wulandari. 2017. Implementasi Gerakan Literasi Sekolah Pada Pembelajaran Tematik Di Sekolah Dasar, JURNAL SEKOLAH DASAR KAJIAN TEORI DAN PRAKTEK PENDIDIKAN, Malang: Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang, No. 2: 117.
Teguh, Mulyo., Aktualisasi Kurikulum 2013 Di Sekolah Dasar Melalui Gerakan Literasi Sekolah Untuk Menyiapkan Generasi Unggul Dan Berbudi Pekerti, Pengawas pada Dinas Pendidikan Kabupaten Pati, Prosiding Seminar Nasional, 2017.
Tine Silvana, Rohanda, dan Yunus Winoto, Apresiasi Orangtua Siswa Terhadap Program Gerakan Literasi Sekolah (GLS), Prosiding Seminar Nasional Pendidikan FKIP UNTIRTA, UNPAD, 2017.
T. p, Panduan Gerakan Literasi Sekolah Dasar, Jakarta: Bagian Perencanaan dan Penganggaran Sekretariat Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah , 2016.
T. p, Panduan Gerakan Literasi Nasional, Jakarta Timur: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Jakarta, 2017.
T. p, Panduan Gerakan Literasi Sekolah di SD, Jakarta: Direkotorat Pembinaan Sekolah Dasar Direktorat Jendral Pendidikan Dasar dan Menengah, 2016.
T.p, Pedoman Pelaksanaan Gerakan Nasional Literasi Bangsa, Jakarta: Bidang Pembelajara Pusat Pembinaan dan Pembinaan Bahasa Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2016.
Wandasari,Yulisa., 2017, Implementasi Gerakan Literasi Sekolah (GLS) Sebagai Pembentuk Pendidikan Berkarakter, Jurnal Manajemen, Kepemimpinan, Dan Supervisi Pendidikan (JMKSP), Sumatra Selatan: SMKN 1 Tanah Abang, Vol 1 No. 1: 329.
Wijaya Antasari, Indah. 2017. Implementasi Gerakan Literasi Sekolah Tahap Pembiasaan di MI Muhammadiyah Gandatapa Sumbang Banyumas. Jurnal LIBRIA. Purwokerto: IAIN Purwokerto. Vol. 9 No. 1: 17.