Main Article Content

Abstract

Abstrak

Anak tuna laras identik dengan perilaku yang buruk. Stigma anak tuna laras sebagi anak nakal telah melekat. Anak tuna laras memiliki masalah yang serius dengan karakter. Permasalahan semacam ini juga terjadi di salah satu madrasah inklusi di Lombok Barat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode pembentukan karakter terhadap anak tuna laras di madrasah inklusi. Penelitian in ididesain dalam bentuk penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Subjek dalam penelitian ini terdiri dari lima anak tuna laras. Permasalahan utama dalam penelitian ini adalah bagaimana pengaruh penggunaan metode dakwah bil hikmah terhadap perubahan karakter anak tuna laras? Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpukan bahwa pembentukan karakter anak tuna laras di madrasah inklusi dengan menggunakan pendekatan komunikasi persuasif dari metode dakwah bil hikmah telah berhasil. Guru memperlakukan anak tuna laras dengan kasih sayang, mau mendengar keluh kesah dan melakukan komunikasi persuasif. Penggunaan pendekatan ini dapat merubah perilaku anak tuna laras, emosi menjadi lebih stabil, hubungan sosial membaik dan partisipasi belajar meningkat.

Kata Kunci: komunikasi persuasif, dakwah bil hikmah, tuna laras, pembentukan karakter


Abstract

Children with emotionally handicapped identic with bad behavior. The stigma as a naughty children has lingered. Children with emotionally handicapped have serious character problems. This kind of problem also occurs in one of inclusion madrasas in West Lombok. This study aims to determine the effect of character building methods on children with emotionally handicapped in inclusion madrasah. This research was designed in qualitative research with a case study approach. The subjects in this study consist of five children with emotionally handicapped. The main problem in this research is how is the effect of using da'wah bil hikmah method on changes in children with emotionally handicapped character. Based on results of the study, it can be concluded that character building on children with emotionally handicapped in inclusion madrasah using persuasive communication approach da'wah bil hikmah method has been successful. The teachers treat the children with emotionally handicapped with love, willing to listen their complaints and makes persuasive communication. The use of this approach can change children with emotionally handicapped behaviour, their emotions become more stable, improve in social relations and increase in learning participation.

Keywords: persuasive communication, da'wah bil hikmah, children with emotionally handicapped, character building

Keywords

persuasive communication da'wah bil hikmah children with emotionally handicapped character building komunikasi persuasif dakwah bil hikmah tuna laras pembentukan karakter

Article Details

References

  1. DAFTAR PUSTAKA
  2. A.V, Exwan, Akhmad Rivai, Riska Putri, dan Niwang Tungung, Program “Lombok Rawit†Sebagai Sarana Terapi Bagi Anak Tunalaras, Pelita: Jurnal Penelitian Mahasiswa UNY, 9.02, 2014.
  3. Abdullah, Nandiyah, Mengenal Anak Berkebutuhan Khusus, Magistra, XXV.86, 2013. Alhidayatillah, Nur, Urgensi Dakwah Bil Hikmah Pada Generasi Millenial, Idarotuna,
  4. 2,<https://doi.org/10.24014/idarotuna.v1i2.7024>, 2019
  5. Bihastuti, Endhita Januar, Penerapan Healing Environment Pada Perancangan Sekolah Dasar Luar Biasa Bagian Tunalaras, ARSITEKTURA, 15.2,<https://doi.org/10.20961/arst.v15i2.12596>, 2017
  6. Burhaein, Erik, Aktivitas Permainan Tradisional Berbasis Neurosainslearning Sebagai Pendidikan Karakter Bagi Anak Tunalaras, Jurnal SPORTIF : Jurnal Penelitian Pembelajaran, 3.1,<https://doi.org/10.29407/js_unpgri.v3i1.580>, 2017
  7. Clavien, Christine, Altruistic Emotional Motivation: An Argument in Favour of Psychological Altruism,<https://doi.org/10.1007/978-94-007-1951-4_13>, 2012
  8. Creswell, John W., Educational Research, Planning, Conducting and Evaluating Quantitative and Qualitative Research, ed. by Matthew Buchholtz, Fourth, Boston, USA: Pearson, 2012.
  9. Dermawan, Oki, Strategi Pembelajaran Bagi Anak Berkebutuhan Khusus Di SLB, Psympathic : Jurnal Ilmiah Psikologi, 6.2, <https://doi.org/10.15575/psy.v6i2.2206>, 2018
  10. Febrian, Ricky, Dakwah Persuasif Terhadap Anak Berkebutuhan Khusus Di SLBN Baradatu Kabupaten Waykanan (Studi Upaya Meningkatkan Pemahaman Agama), Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung, 2019
  11. Hakim, Arif Rohman, Memuliakan Anak Berkebutuhan Khusus Melalui Pendidikan Jasmani Adaptif, Jurnal Ilmiah Penjas, 3.1,<http://ejournal.utp.ac.id/index.php/JIP/article/view/539>, 2017
  12. Hasanah, Ulfatun, Dakwah Bil-Hikmah :Membangun Etos Kerja Islami Dalam Masyarakat Priyayi Jawa (Analisis Pegawai Pemerintahan Kelurahan Bangetayu Kulon , Kecamatan Genuk ), Al-I’lam; Jurnal Komunikasi Dan Penyiaran Islam, 1.2,<https://doi.org/https://doi.org/10.31764/jail.v1i2.233>, 2018
  13. Husna, Difaul, Internalisasi Nilai-Nilai Sosial Religius Bagi Anak Tunalaras Di SLB E Prayuwana Yogyakarta, Jurnal Tarbiyatuna, 11.1, <https://doi.org/10.31603/tarbiyatuna.v11i1.3044>, 2020.
  14. Indriyati, Aas, Peningkatan Pengendalian Diri Pada Anak Tuna Laras Dengan Menggunakan Pendekatan Teknik Konseling Behavioral Di Smkn 3 Bandung, Jurnal Penelitian Pendidikan, 17.2, <https://ejournal.upi.edu/index.php/JER/article/view/8245>, 2017.
  15. Jauhari, Ana Rafikayati dan Muhammad Nurrohman, Keterlibatan Orangtua Dalam Penanganan Anak Berkebutuhan Khusus, Belantika Pendidikan, 2.1, 2018.
  16. Kusmawati, Ati, Cholichul Hadi, dan M.G. Bagus Ani Putra, Terapi Al-Qur’an Pada Siswa Tunalaras, JSSH (Jurnal Sains Sosial Dan Humaniora), 2.1,<https://doi.org/10.30595/jssh.v2i1.2199>, 2018
  17. Li, Chia-Ying, The Effects of Source Credibility and Argument Quality on Employees’ Responses toward Information System Usage, Asia Pacific Management Review, 20.2,<https://doi.org/10.1016/j.apmrv.2014.12.003>, 2015
  18. Lintner, Timothy, Using “Exceptional†Children’s Literature to Promote Character Education in Elementary Social Studies Classrooms, The Social Studies, 102.5, <https://doi.org/10.1080/00377996.2010.550955>, 2011.
  19. Mahabati, Aini, Pola Perilaku Bermasalah Dan Rancangan Intervensi Pada Anak Tunalaras Tipe Gangguan Perilaku (Conduct Disorder) Berdasarkan Fungsctional Behavior Assesment, Dinamika Pendidikan, 21.01, <https://journal.uny.ac.id/index.php/dinamika-pendidikan/article/view/2851>,2014
  20. Mahabbati, Aini, Pendidikan Inklusif Untuk Anak Dengan Gangguan Emosi Dan Perilaku (Tunalaras), Jurnal Pendidikan Khusus, 7.2,<https://doi.org/https://doi.org/10.21831/jpk.v7i2.778>, 2010.
  21. Nisa, Khairun, Sambira Mambela, dan Lutfi Isni Badiah, Karakteristik Dan Kebutuhan Pembelajaran Anak Berkebutuhan Khusus Dan Anak Berbakat, Abadimas Buana, 2.1, 2018.
  22. Nurhansari, Luxvina, Identifikasi Perilaku Anak Tunalaras ( Anak Agresif ) Di Sekolah Inklusi Siswa Kelas I SD N Bangunrejo 2 Yogyakarta, Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 29.7, 2018.
  23. Padila, Setiawati, Iin Inayah, Henny Suzana Mediani, and Chatarina Suryaningsih,
  24. Emosi Dan Hubungan Antar Sebaya Pada Anak Tunalaras Usia Sekolah Antara Terapi Musik Klasik (Mozart) Dan Murrotal (Surah Ar-Rahman), Jurnal Keperwatan Silampari, 3.2,<https://doi.org/10.31539/jks.v3i2.1276>, 2020.
  25. Permatasari, Cindhi Dwi, Ika Ratniarsih, dan Sukarnen, Penerapan Konsep Representatif Intensif Pada Desain Ruang Fasilitas Edukasi Anak Tunalaras Di Surabaya’, in Seminar Nasional Sains Dan Teknologi Terapan VI, Surabaya: Institut Teknologi Adhi Tama Surabaya, 2018.
  26. Sayska, Dwi Sukmalia, Implementasi Nilai Religius Dalam Pendidikan Karakter Berbasis Sunnah Rasullullah, Jurnal Manajemen Pendidikan Dan KeIslaman, 6.2,<http://jurnal.uinsu.ac.id/index.php/hijri/article/view/1135/892>, 2017
  27. Sobri, Muhammad, Nursaptini Nursaptini, Arif Widodo, and Deni Sutisna, Pembentukan Karakter Disiplin Siswa Melalui Kultur Sekolah, Harmoni Sosial: Jurnal Pendidikan IPS, 6.1, <https://doi.org/10.21831/hsjpi.v6i1.26912>, 2019.
  28. Syamsi, Ibnu, Pelaksanaan Evaluasi Asesmen Akademik Siswa Tunalaras Di Slb-E Prayuwana, Jpk: Jurnal Pendidikan Khusus, 12.1, <https://doi.org/10.21831/jpk.v12i1.12837>, 2017.
  29. Utami, Destri Wahyu, Mohammad Anwar, dan Hermawan Hermawan, Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Assure Terhadap Peningkatan Prestasi Belajar IPA Anak Tunalaras Kelas IV Di SLB E Bhina Putera Surakarta Tahun Ajaran 2017/2018, JPI (Jurnal Pendidikan Inklusi), 2.1, <https://doi.org/10.26740/inklusi.v2n1.p5-14>, 2018.
  30. Vuorinen, Kaisa, Anne Erikivi, dan Lotta Uusitalo-Malmivaara, A Character Strength Intervention in 11 Inclusive Finnish Classrooms to Promote Social Participation of Students with Special Educational Needs, Journal of Research in Special Educational Needs, 19.1,<https://doi.org/10.1111/1471-3802.12423>, 2019.
  31. Widodo, Arif, Mohammad Archi Maulyda, Asri Fauzi, Deni Sutisna, Nursaptini Nursaptini, dan Umar Umar, Tolerance Education Among Religious Community Based on the Local Wisdom Values in Primary Schools, in Proceedings of the 1st Annual Conference on Education and Social Sciences (ACCESS 2019) Paris, France: Atlantis Press, CDLXV, 32<https://doi.org/10.2991/assehr.k.200827.082>, 2020.
  32. Yarfin, La Ode, dan Suyadi, Pendidikan Akhlak Pada Anak Tunalaras Di Sekolah Luar Biasa Prayuwana Yogyakarta, Jurnal Pendidikan Islam, 11.1, 2020
  33. Zaenuri, Ahmad, Teknik Komunikasi Persuasif Dalam Pengajaran, JALIE: Journal of Applied Linguistics and Islamic Education, I.I, <https://doi.org/10.33754/jalie.v1i1.83>, 2017