Main Article Content

Abstract

Abstrak

Tulisan ini dilatarbelakangi oleh adanya pergeseran paradigma pembelajaran berbasis luring pada pembelajaran berbasis daring di masa pandemic Covid-19. Hal tersebut merupakan dampak dari adanya upaya pencegahan dan memutus rantai penyebaran wabah Covid-19 dengan melakukan pembatasan sosial yang berdampak pada banyak aspek kehidupan termasuk pendidikan. Tujuan dari penelitian penelitian ini adalah untuk menganalisa bagaimana problematika, kelebihan, kekurangan, dan kendala dari pelaksanaan pembelajaran berbasis daring di masa pandemic Covid-19 di MI Miftahul Huda Jepara. Temuan dari penelitian ini adalah pembelajaran berbasis daring sangat membantu proses belajar mengajar di masa pandemic Covid-19. Namun pembelajaran berbasis daring juga memunculkan persoalan baru yang kompleks bagi guru, orang tua, dan peserta didik.

Kata kunci: pembelajaran daring, pusat pendidikan, Covid-19


Abstract

Background of this paper is changes on paradigm offline-based learning to online-based learning during pandemic Covid-19. This is the impact of efforts to prevent and cut off the chain of Covid-19 spread by carrying social distancing that have an impact on many aspects in life including education. The purpose of this research study is to analyze how the problems, strengths, weaknesses, and constraints of implementing online-based learning during pandemic Covid-19 at MI Miftahul Huda Jepara. The findings of this study are that online-based learning has greatly helped the teaching and learning process during pandemic Covid-19. However, online-based learning also raises new, complex problems for teachers, parents, and students.

Keywords: online learning, education center, Covid-19

Keywords

online learning education center Covid-19 pembelajaran daring pusat pendidikan

Article Details

References

  1. DAFTAR PUSTAKA
  2. Ahmadi, Abu, and Nur Uhbiyati. Ilmu Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta, 2015.
  3. Arifin. ILMU PENDIDIKAN ISLAM; Tinjauan Teoritis Dan Praktis Berdasarkan
  4. Pendekatan Interdisipliner. Jakarta: Pustaka Setia, 2014.
  5. Basri, Hasan, and Beni Ahmad Saebani. ILMU PENDIDIKAN ISLAM. Bandung:
  6. Pustaka Setia, 2010.
  7. Buseri, Kamrani. Dasar, Asas, Dan Prinsip Pendidikan Islam. Edited by Ahmad Juhaidi. 1st ed. Yogyakarta: Aswaja Pressindo, 2014.
  8. Cahyati, Nika, dan Rita Kusumah, Peran Orang Tua Dalam Menerapkan Pembelajaran Di Rumah Saat Pandemi Covid 19, Jurnal Golden Age 4, no. 1 (2020).
  9. Education, Directorate of Distance. Research Methodology. New Delhi: EXCEL BOOKS PRIVATE LIMITED, 2012.
  10. Ernawati, Widea, Pengaruh Penggunaan Gadget Terhadap Penurunan Tajam Penglihatan Pada Anak Usia Sekolah (6-12 Tahun) Di SD Muhammadiyah 2 Pontianak Selatan, 5–6.Jurnal Keperawatan Muhammadiyah 3, no. 1, 2018.
  11. Harahap, Ade Chita Putri, Dinda Permatasari Harahap, and Samsul Rivai Harahap. “Analisis Tingkat Stres Akademik Pada Mahasiswa Selama Pembelajaran Jarak Jauh Dimasa Covid-19.†Biblio Couns: Jurnal Kajian Konseling Dan Pendidikan 3, no. 1, 2020.
  12. Harfiyanto, Doni, Cahyo Budi Utomo, and Tjaturahono Budi, Pola Interaksi Siswa Pngguna Gadget Di SMA N 1 Semarang, Journal of Educational Social Studies 4, no. 1, 2015.
  13. Hasbullah. Dasar-Dasar Ilmu Pendidikan. 11th ed. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada, 2013.
  14. Huda, Khoirul, Problematika Madrasah Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Islam.†Dinamika Penelitian 16, no. 2, 2016
  15. Ilmi, Darul, Pendidikan Karakter Berbasis Nilai-Nilai Kearifan Lokal Melalui Ungkapan Bijak Minangkabau, ISLAM REALITAS: Journal of Islamic & Social Studies 1, no. 1, 2015
  16. Irmayanti, Yuli, Peran Orangtua Dalam Mendampingi Penggunaan Gawai Pada Anak Prasekolah, New England Journal of Medicine. Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2018. http://www.ncbi.nlm.nih.gov/pubmed/7556065%0Ahttp://www.pubmedcentral.nih .gov/articlerender.fcgi?artid=PMC394507%0Ahttp://dx.doi.org/10.1016/j.humpath .2017.05.005%0Ahttps://doi.org/10.1007/s00401-018-1825-z%0Ahttp://www.ncbi.nlm.nih.gov/pubmed/27157931.
  17. Khusniyah, Nurul Lailatul, dan Lukman Hakim, Efektivitas Pembelajaran Berbasis Daring: Sebuah Bukti Pada Pembelajaran Bahasa Inggris, Jurnal Tatsqif 17, no. 1, 19–33. doi:10.20414/jtq.v17i1.667, 2019.
  18. Kurniawan, Machful Indra. “Tri Pusat Pendidikan Sebagai Sarana Pendidikan Karakter Anak Sekolah Dasar.†JOURNAL PEDAGOGIA 4, no. 1, 2015
  19. ———. “Tri Pusat Pendidikan Sebagai Sarana Pendidikan Karakter Anak Sekolah Dasar.†PEDAGOGIA: Jurnal Pendidikan 4, no. 1, 2015
  20. Nadirah, Sitti, Anak Didik Perspektif Nativisme, Empirisme, Dan Konvergensi, Lentera Pendidikan: Jurnal Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan 16, no. 2, 2013
  21. Nata, Abuddin. Ilmu Pendidikan Islam. 2nd ed. Jakarta: Kencana, 2012.
  22. Neuman, W Lawrence. Social Research Methods: Qualitative and Quantitative
  23. Approaches. 7th ed. United States of America: Pearson Education Limited, 2014. ———. Social Research Methods: Qualitative and Quantitative Approaches. England:
  24. Pearson Education Limited, 2014.
  25. Primayana, Kadek Hengki, and Putu Yulia Angga Dewi. “Hubungan Pola Asuh Demokratis Dan Intensitas Penggunaan Gawai Pada Anak Usia Dini.†Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini 5, no. 1 (2020): 710. doi:10.31004/obsesi.v5i1.697.
  26. Rahmatullah, Indra. “Jaminan Hak Kesehatan Pekerja Work From Office Selama Masa PSBB Covid-19.†Jurnal Buletin Hukum Dan Keadilan 4, no. 1, 2020
  27. Ramayulis. Ilmu Pendidikan Islam. 10th ed. Jakarta: Kalam Mulia, 2013.
  28. Sholikhah, Aas Siti. “Teori-Teori Pendidikan.†Jurnal Edukasi Islami Jurnal
  29. Pendidikan Islam 7, no. 1, 2018.
  30. Slameto. “5 Fakta Pendidikan Di Tengah Wabah Corona.†Detiknews Website, 2020. https://news.detik.com/kolom/d-4969335/5- faktapendidikan-di-tengah-wabah- corona.
  31. Sugiyono. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D. 26th ed. Bandung: Alfabeta, 2017.
  32. Syarifudin, Albitar Septian. “Impelementasi Pembelajaran Daring Untuk Meningkatkan Mutu Pendidikan Sebagai Dampak Diterapkannya Social Distancing.†Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia Metalingua 5, no. 1 (2020): 31–34. doi:10.21107/metalingua.v5i1.7072.
  33. Tafsir, Ahmad. Ilmu Pendidikan Dalam Perspektif Islam. Edited by Tjun Surjaman. 11th ed. Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2014.
  34. Ummi, Hikmah Uswatun, and Indrya Mulyaningsih. “Journal Indonesian Language Education and Literature.†Journal Indonesian Language Education and Literature 3, no. 1 (2017): 53–65. http://www.syekhnurjati.ac.id/jurnal/index.php/jeill/%0APEMBELAJARAN.
  35. Wardani, Kristi. “PERAN GURU DALAM PENDIDIKAN KARAKTER KI HADJAR DEWANTARA.†In Proceedings of The 4th International Conference on Teacher Education; Join Conference UPI & UPSI Bandung, Indonesia, 8-10 November 2010, 8–10. Bandung: UPI & UPSI Bandung, 2010.
  36. Winingsih, Endang, Peran Orang Tua Dalam Pembelajaran Jarak Jauh, Poskita.co, 2020. https://poskita.co/2020/04/02/peran-orangtua- dalampembelajaran-jarak- jauh/%0AWHO, 2020.
  37. Yunus, Nur Rohim, and Annissa Rezki. “Kebijakan Pemberlakuan Lockdown Sebagai Antisipasi Penyebaran Corona Virus Covid-19.†SALAM; Jurnal Sosial & Budaya Syar-I 7, no, doi:10.15408/sjsbs.v7i3.15083, 2020.