Main Article Content

Abstract

Abstrak

Permainan tradisional banyak yang mengandung nilai- nilai karakter, namun pada saat ini permainan tradisional tersebut semakin tergantikan oleh permainan digital seperti game online, playstation atau permainan yang terdapat di Handphone sehingga mempengaruhi karakter anak. Akibatnya mereka tidak memperdulikan kehidupan disekelilingnya, seperti memiliki dunia sendiri dengan gadged-nya. Oleh karena itu, penelitian ini ditulis bertujuan untuk menggali dan mendeskripsikan nilai- nilai karakter dari permainan tradisional, yang salah satunya ialah Lojo /Palejo. Sehingga pada akhirnya dapat melestarikan permainan tradisional yang bermanfaat untuk menumbuhkan karakter anak. Fokus dalam penelitian ini adalah analisis nilai- nilai karakter yang terdapat didalam Lejo/Palejo khususnya pada siswa sekolah dasar. Hal ini dilatar belakangi pada usia ini merupakan usia bermain, maka kita perlu memberikan bimbingan tentang permainan yang baik untuk perkembangannya. Disamping itu, usia siswa sekolah dasar merupakan usia pembentukan kepribadian, sehingga penting sekali dilakukan penanaman karakter. Penelitian ini ditulis berdasar pada analisis studi pustaka. Hasilnya menunjukan bahwa permainan Lojo/Palejo dapat menanamkan dan membentuk nilai- nilai budaya dan membangun karakter anak seperti disiplin, jujur, mandiri, tanggungjawab, kerja keras, semangat, bersahabat, cinta damai dan musyawarah.

Kata Kunci : permainan tradisional, anak MI/ SD, Lojo (palejo), nilai karakter.


Abstract

Many traditional games contain character values. These traditional games are increasingly being replaced by digital games such as online games, playstations or games on mobile phones that affect children's characters. As a result they do not care about life around them, like having their own world with its gadged. Therefore, this study aims to explore and describe character values of traditional games, one of which is Lojo/Palejo. The end goal is to preserve traditional games that are useful for fostering children's character. The focus in this study is analysis of character values in Lejo/Palejo, especially for elementary school students. This is because children at that age need to provide guidance on appropriate game for their development. In addition, age of elementary school students is age of personality formation, so it is very important to implement character. This research is a literature study. The results show that Lojo/Palejo game can apply and shape cultural values also build children's character such as discipline, honesty, independence, responsibility, hard work, enthusiasm, friendship, love of peace and deliberation.

Keywords: traditional games, MI/SD children, Lojo (palejo), character values.

Keywords

traditional games MI/SD children Lojo (palejo) character values permainan tradisional anak MI/ SD nilai karakter

Article Details

References

  1. DAFTAR PUSTAKA
  2. Ambaryani Novita, Yustinus Ngadino, Sujana Yudianto, Efektivitas Permainan Tradisional Terhadap Keterampilan Anak Kelompok B TK IV Kecamatan Banjarsari Surakarta 2013/ 2014
  3. Andriani Tuti, Permainan Tradisional Dalam Membentuk Karakter Anak Usia Dini, Jurnal Sosial Budaya, 2012
  4. Anggita Gustiana Megan, Mukarromah Siti Baitul & Alif Mohammad Arif, Eksistensi Permainan Tradisional Sebagai Warisan Budaya Bangsa, Journal of Sport Science and Education (JOSSAE), 2018
  5. Asmida, Keberadaan Permainan Tradisional di Era Modernisasi di Desa Batu Belah Kabupaten Anambas, 2017
  6. Fauzi, Pembentukan Karakter Anak Melalui Permainan Tradisional Cim- ciman, Jurnal Ilmiah VISI PPTK PAUDNI, 2016
  7. Farhurohman Oman, Hakikat Bermain dan Permainan Anak Usia Dini Di Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD), Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 2017
  8. Handayani Nita Warih, Sumaryati, Upaya Orang Tua dalam Menanamkan Karakter Kerja Keras Anak Usia Remaja, Jurnal Citizenship, 2014
  9. Huda Wafiq Nurul, Pembentukkan Karakter Pada Siswa Sekolah Dasar Melalui Permainan Tradisional, 2018
  10. Juwairiah, Permainan Tradisional Aceh Sebagai Media Untuk Meningkatkan Kesehatan dan Kecerdasan Anak Usia Dini, Jurnal Pendidikan Anak, 2016
  11. Khatibah, Penelitian Kepustakaan, Jurnal Iqra’, 2011
  12. Lailifitriyani Nur, Pertiwi Retno Diani, dkk, Pembiasaan Permainan Tradisional Sebagai Upaya Menumbuhkan Nilai-nilai Karakter Pada Siswa Sekolah Dasar, 2018
  13. Mirzaqon Abdi, Purwoko Budi, Studi Kepustakaan Mengenai Landasan Teori dan Praktik Konseling Expessive Writing, Jurnal Unesa, 2017
  14. Nadjamuddin Asriyati, Membangun Karakter Anak Lewat Permainan Tradisional Daerah Gorontalo, Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 2016
  15. Nur Haerani, Membangun Karakter Anak Melalui Permainan Anak Tradisional, Jurnal Pendidikan Karakter, 2013
  16. Nurhayati Iis, Peran Permainan Tradisional Dalam Pembelajaran Anak Usia Dini, Jurnal EMPOWERMENT, 2012
  17. Okwita Afrinel, Sari Siska Permata, Eksistensi Permainan Tradisional Egrang Pada Masyarakat Mongga Kecamatan Galang Kota Batam, Jurnal Program Studi Pendidikan Sejarah, 2019
  18. Ramadhani Arie, Identifikasi Nilai- nilai Pendidikan Karakter Dalam Permainan Anak Tradisional, Prosiding Seminar Nasional IPTEK Olahraga, 2018
  19. Rohmah Naili, Bermain dan Manfaatnya Dalam Perkembangan Anak Usia Dini, Jurnal Tarbaawi, 2016
  20. Saputri Nofrans Eka, Ekawati Yun Nina, Permainan Tradisional Sebagai Upaya Meningkatkan Kemampuan Dasar Anak, Jurnal Psikologi Jambi
  21. Milya Sari dan Asmendri, Penelitian Kepustakaan (Library Reaserch) dalam Penelitian Pendidikan IPA, Jurnal Penelitian Bidang IPA dan Pendidikan IPA, 2020
  22. Tesalonika Clara, Analisis Nilai Karakter Dalam Permainan Tradisional Kucing Tikus, Jurnal Penelitian Dalam Bidang Kependidikan Usia Dini
  23. Wijayanti Rina, Permainan Tradisional Sebagai Media Pengembangan Kemampuan Sosial Anak, Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 2014
  24. Yudiwinata Hikmah Prisia, Handoyo Pambudi, Permainan Tradisional dalam Budaya dan Perkembangan Anak, Jurnal Paradigma,2014