Main Article Content

Abstract

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis proses pembelajaran dalam jaringan (daring) dengan melihat faktor-faktor pendukung serta faktor-faktor penghambat dalam melaksanakan pembelajaran daring di masa pandemi COVID-19 pada guru Sekolah Dasar Negeri Dukuhwaru 01. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian metode kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini adalah proses pembelajaran dalam jaringan (daring) dapat dilaksanakan oleh semua guru di Sekolah Dasar Negeri Dukuhwaru 01. Adanya factor pendukung yang menunjang proses pembelajaran yaitu tersedianya fasilitas HP/ Laptop bagi siswa serta mendapatkan bantuan internet dari pemerintah, namun pembelajaran daring pada masa pandemic COVID-19 belum dapat dikatakan efektif karena pembelajaran daring yang dilakukan dalam jangka waktu panjang menimbulkan dampak pada siswa menjadi jenuh karena tidak ada interaksi dengan teman, mereka bosan dengan pemberian tugas setiap harinya. Siswa juga menjadi malas dalam mengerjakan tugas, tidak semua materi dapat dipahami dengan baik. Hal tersebut menjadikan pengumpulan tugas menjadi sangat terlambat sehingga menjadikan guru sulit melakukan penilaian. Faktor hambatan yang dialami guru dalam pelaksanaan pembelajaran daring adalah tidak semua siswa meiliki HP pribadi, kuota internet yang belum mencukupi untuk kebutuhan pembelajaran daring serta kurangnya pendampingan orangtua dalam proses belajar dirumah, Orang tua menjadi seseorang yang sangat penting dalam pelaksanaan pembelajaran daring, karena orangtua secara yang secara langsung terlibat dalam membimbing dan mengawasi siswa dalam pembelajaran. Pemberian motivasi menjadi sangat berarti bagi siswa, hal tersebut dilakukan agar siswa kembali semangat meskipun belajar dari rumah.

Kata kunci: faktor pendukung, faktor penghambat, pembelajaran dalam jaringan


Abstract

This study aims to analyze the online learning process by looking at supporting factors as well as inhibiting factors in implementing online learning during pandemic COVID-19 for teachers at SD Negeri Dukuhwaru 01. This research uses descriptive qualitative research. The data collection techniques used in this research were observation, interview and documentation. The result of this research is online learning process can be carried out by all teachers at SD Negeri Dukuhwaru 01. There are supporting factors that support online learning process, such as the availability of cellphones/laptops for students and getting internet assistance from the government, but online learning at pandemic COVID-19 cannot be said effective because online learning that is carried out in long term has an impact for students who become bored because there is no interaction with their friends, they are bored with given assignments everyday. Students also become lazy in doing their assignments, not all material can be understood properly. This makes the assignment submission too late, making difficult the teachers to make assessments. The obstacle factor experienced by the teacher in implementing online learning is that not all students have personal cellphones, internet quota that is not sufficient for online learning needs and the lack of parental assistance in learning process at home, parents become someone who is very important in implementing online learning, because parents are who are directly involved in guiding and supervising students in learning. Giving motivation is meaningful for students, this is done so students enthusiasm even though learning from home.

Keywords: supporting factors, inhibiting factors, online learning

Keywords

supporting factors inhibiting factors online learning faktor pendukung faktor penghambat pembelajaran dalam jaringan

Article Details

References

  1. DAFTAR PUSTAKA
  2. Asif, A. R., & Rahmadi, F. A, Hubungan tingkat kecanduan gadget dengan gangguan emosi dan perilaku remaja usia 11-12 tahun (Doctoral dissertation, Faculty of Medicine), 2017
  3. Dewi, Wahyu Aji Fatma, Dampak Covid-19 terhadap Implementasi Pembelajaran Daring di Sekolah Dasar, Edukatif Jurnal Ilmu Pendidikan Vol 2 No 1 April 2020, 2020
  4. Hadisi, L., & Muna, W, Pengelolaan Teknologi Informasi dalam Menciptakan Model Inovasi Pembelajaran (E-Learning). Jurnal Al-Ta’dib, 8(1), 117–140, https://doi.org/10.31332/ATDB.V8I1.396, 2015
  5. Https://edukatif.org/index.php/edukatif/article/view/89 (Diakses : 25 Oktober 2020)
  6. Http://journal.unj.ac.id/unj/index.php/pip/article/view/14921/8585,http://doi.org/10.210 09/PIP.341.1 (Diakses : 25 Oktober 2020)
  7. Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan, Surat Edaran Nomor 4 Tahun 2020 tentang Pelaksanaan Kebijakan Pendidikan dalam Masa Darurat Penyebaran Corona Virus Disease (COVID-19), 2020
  8. Pangondian, Roman Andrianto, Paulus Insap Santoso, dan Eko Nugroho, Faktor-faktor yang Mempengaruhi Kesuksesan Pembelajaran Daring dalam Revolusi Industri 4.0. SAINTEKS, 2019
  9. Pratiwi, Ericha Windhiyana, The Impact of Covid-19 on Online Learning Activities of a Christian University in Indonesia, Jurnal Perspektif Ilmu Pendidikan Volume 34 Issue 1 April, 2020
  10. Purwanto, A., Pramono, R., Asbari, M., Santoso, P. B., Wijayanti, L. M., Hyun, C. C., & Putri, R. S, Studi Eksploratif Dampak Pandemi COVID-19 Terhadap Proses Pembelajaran Online di Sekolah Dasar. Journal of Education, Psychology and Counseling, 2(1), 2020
  11. Riyana, C, Produksi Bahan Pembelajaran Berbasis Online, Universitas Terbuka, 2019
  12. Sagala, Syaiful, Konsep dan Makna Pembelajaran, Bandung: Alvabeta, 2013
  13. Slameto, Belajar dan Faktor- Faktor yang Mempengaruhinya, Jakarta: Pustaka Indonesia, 2010
  14. Sofyana & Abdul, Pembelajaran Daring Kombinasi Berbasis Whatsapp Pada Kelas Karyawan Prodi Teknik Informatika Universitas PGRI Madiun, Jurnal Nasional Pendidikan Teknik Informatika, Volume 8 Nomor 1, 2019
  15. Sugiyono, Memahami Penelitian Kualitatif, CV Alfabeta, 2014
  16. _______, Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D),
  17. CV Alfabeta, 2015
  18. Suyono Hariyanto, Belajar dan Pembelajaran Teori dan Konsep Dasar. PT Remaja Rosdakarya, 2016