Main Article Content

Abstract

Abstrak

Pengembangan bahan ajar pada mata pelajaran bahasa Indonesia ini menjadi salah satu upaya dalam meningkatkan mutu pendidikan di sekolah. Basis cerita bergambar/komik pada bahan ajar yang dikembangkan menjadi salah satu pilihan yang sesuai bagi peserta didik dan pengajar untuk lebih mendalami materi dengan motivasi yang tinggi karena bentuknya yang berbeda dari yang sudah ada. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Research and Development ( R&D) dengan menggunakan model yang dikembangkan oleh Borg and Gall. Hasil skor keefektifan diperoleh dari hasil belajar. Hasil skor keefektifan bahan ajar komik menunjukkan 89,81 %. Hasil perhitungan diperoleh pada α = 5 % dengan dk=22-1 = 21 diperoleh ttabel = 2,119. Didapat thitung = 11,054 ≥ ttabel = 2,119 karena thitung ≥ ttabel maka hipotesis (Ha) diterima. Proses pembelajaran dapat disimpulkan ada peningkatan hasil belajar sesudah siswa menggunakan bahan ajar komik dan karena hal tersebut bahan ajar dikatakan efektif.

Kata kunci: Pengembangan, bahan ajar komik, bahasa Indonesia

Abstract
The development of teaching materials in Bahasa Indonesia lesson is one of efforts to improve education quality in schools. Basic of illustrated story/comic on teaching materials is developed become an appropriate choice for students and teachers to explore more material with high motivation because of its different form from the existing ones. The research method used in this study is Research and Development (R&D) using a model developed by Borg and Gall. The results of the effectiveness score were obtained from learning outcomes. The score for the effectiveness of comic teaching materials was 89.81%. The calculation results obtained at α=5% with dk=22-1=21 obtained t table= 2.119. Obtained t count=11,054 ≥ t table=2.119 because t count ≥ t table then the hypothesis (Ha) is accepted. The learning process can be concluded that there is an increase in learning outcomes after students use comic teaching materials and because of this the teaching materials are said effective.

Keywords: Development, comic as teaching materials, Bahasa Indonesia

Keywords

Development comic as teaching materials Pengembangan bahan ajar komik bahasa Indonesia

Article Details

References

  1. DAFTAR PUSTAKA
  2. Abidin, Abidin, Pembelajaran Bahasa Berbasis Pendidikan Karakter, Bandung: PT. Refika Aditama, 2012
  3. Arifin, Zainal, Penelitian Pendidikan. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, 2014 Arikunto, Suharsimi. 2013. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik, Cet. 15.
  4. Jakarta : PT. Rineka Cipta
  5. Lestari, Ika., Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Kompetensi, Padang: Akademia Permata, 2013
  6. Nurgiyantoro, Burhan., Sastra Anak Pengantar Pemahaman Dunia Anak. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press, 2010.
  7. Nugrahaningtyas, Erlita, Pengembangan Buku Cerita Bergambar sebagai Media Pembelajaran Pola Hidup Sehat untuk Anak Kelas 1 SD. (Skripsi), Yogyakarta: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Sanata Dharma., 2018
  8. Tarigan, Nova Triana, Pengembangan Buku Cerita Bergambar untuk Meningkatkan minat baca Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Curere Vol. 02 No. 02 , 2018
  9. Sudjana, Sudjana dan Ahmad Rivai, Media Pengajaran: Penggunaan dan Pembuatannya, Bandung: Sinar Baru, 1990.
  10. Zulela, Pembelajaran Bahasa Indonesia Apresiasi Sastra di Sekolah Dasar, Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, 2013
  11. http://www.antaranews.com, dikutip Selasa, 13 Nopember 2018 20:59 WIB