Main Article Content

Abstract

Abstrak

Penelitian tindakan kelas ini menerapkan metode drill dengan tujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar peserta didik kelas III semester genap di SD Negeri Sekaran 02 Gunungpati Semarang tahun ajaran 2018/2019 pada materi bacaan dan gerakan salat. Permasalahan yang ingin dikaji dalam penelitian ini adalah: (1) Apakah penerapan metode drill dalam pembelajaran PAI semester 2 materi gerakan dan bacaan salat di SD Negeri Sekaran 02 Gunungpati Semarang, (2) Bagaimana efektifitas pelaksanaan pembelajaran Pendidikan Agama Islam menggunakan metode drill materi gerakan dan bacaan salat di SD Negeri Sekaran 02. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas (action research) sebanyak dua siklus. Setiap siklus terdiri atas empat tahap yaitu: rancangan, kegiatan dan pengamatan, refleksi, dan revisi. Sasaran penelitian ini adalah siswa kelas III SD Negeri Sekaran 02 Kecamatan Gunungpati Kota Semarang tahun pelajaran 2018/2019. Data yang diperoleh berupa hasil tes formatif dan lembar observasi kegiatan belajar mengajar. Hasil analisis didapatkan bahwa prestasi belajar siswa mengalami peningkatan dari siklus I sampai siklus II yaitu, siklus I 60%, siklus II 80%. Hasil penelitian ini mengungkapkan bahwa metode drill dapat berpengaruh positif terhadap hasil belajar siswa kelas III semester II pada kompetensi dasar menghafal bacaan salat dan menampilkan keserasian gerakan salat sangat efektif.

Kata kunci: metode drill, pembelajaran PAI, gerakan dan bacaan salat.


Abstract

This classroom action research applies drill method to increase activity and learning outcomes for third graders in semester 2 at SD Negeri Sekaran 02 Gunungpati Semarang year 2018/2019 on material salat movement and reading. Problems studied in this research are: (1) Is the application of drill method in Islamic Education (PAI) lesson semester 2 on material salat movement and reading at SD Negeri Sekaran 02 Gunungpati Semarang, (2) How is the effectiveness of implementation Islamic Education lesson using drill method on material salat movement and reading at SD Negeri Sekaran 02. This study used action research in two cycles. Each cycle consists of four stages, they are: design, activities and observations, reflection, and revision. The target of this research is third graders at SD Negeri Sekaran 02, Gunungpati, Semarang, year 2018/2019. The data obtained are in formative test results, observation sheets of teaching learning activities. From analysis result, the writer found that student learning achievement had increased from cycle I to cycle II, in cycle I is 60% and cycle II is 80%. The results of this study reveal that drill method give positive effect on learning outcomes of third graders semester 2 on basic competence of memorizing salat reading and practicing salat movements in harmony effectively.

Keywords: drill method, Islamic education lesson, salat movements and reading.

Keywords

drill method Islamic education lesson salat movements and reading metode drill pembelajaran PAI gerakan dan bacaan salat

Article Details

References

  1. DAFTAR PUSTAKA
  2. Achmadi, Ideologi Pendidikan Islam. Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2005
  3. Anisa, R, Meningkatkan Pelaksanaan tata cara shalat melalui metode kinestik bagi
  4. siswa tuna grahita. E-JUPEku, 2016
  5. Arief, Armai, Pengantar Ilmu dan Metodologi Pendidikan Islam. Jakarta: Intermasa,
  6. Arikunto, Suharsimi., Suhardjono, dan Supardi, Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bina Aksara, 2006
  7. Chabib, Thoha, Kapita Selekta Pendidikan Islam. Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 1996 Departemen Agama RI, AL-Hikmah AL-Qur’an dan Terjemahnya, Bandung: Penerbit
  8. Diponegoro, 2006.
  9. Djamarah, Syaiful Bahri, Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta, 2010
  10. E. Mulyasa, Kurikulum Berbasis Kompetensi, Konsep, Karakteristik, Implementasi, Bandung: Rosdakarya, 2003
  11. E. Mulyasa, Implementasi Kurikulum 2004 Panduan Pembelajaran KBK, (Bandung: Rosdakarya, 2004
  12. Hawi, Akmal. Pendidikan Agama Islam. Palembang: Excellen Publishing, 2008.
  13. Masnah, Peningkatan Kemampuan Menghafal Bacaan-Bacaan Shalat Dengan Menggunakan Metode Drill Di Awal Pelajaran Pada Siswa Kelas 7 Smp Negeri 1 Banjar Margo Kabupaten Tulang Bawang. Volume 2 nomor (02), 2008.
  14. Nata, Abuddin, Pemikiran Para Tokoh Pendidikan Islam. Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2001
  15. Rasjid, H. Sulaiman, Fiqih Islam. Bandung: PT. Sinar Baru Algensindo, 2002 Rasyid, Sulaiman, Fikih Islam/. Jakarta: Sinar Baru Algensindo, 2005 Roestiyah, Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta, 2008
  16. Sumiati dan Azra, Metode Pembelajaran. Bandung: CV. Wacana Prima, 2008 Suparno, Mengembangkan Profesionalitas Guru. Jakarta: Depdiknas, 2008
  17. Sudjana, Nana, Berbagai Metode Pembelajaran Aktif dan Kreatif. Jakarta: Bumi Aksara, 2012
  18. Sugiyono, Dasar-dasar Statistik Pendidikan. Bandung: Alfabeta, 2013
  19. Utomo, Cahyo Budi, Pengembangan Instrumen dalam PTK, Karya Tulis Ilmiah dalam
  20. Kegiatan Pengembangan Profesi Guru, Semarang: Lemlit UNNES, 2006.
  21. Wijayama, B, Peningkatan Hasil Belajar IPA dan Karakter Rasa Ingin Tahu Melalui
  22. Model Problem Based Learning Peserta Didik Kelas VI. Jurnal Kreatif: Jurnal