Main Article Content
Abstract
Pengembangan dan perubahan apapun terkait pembelajaran merupakan hal wajar dalam sistem pendidikan. Indonesia sendiri telah mengalami hal itu, hingga pada beberapa tahun belakangan berupaya menerapkan pendekatan terbaru pula yaitu pendekatan saintifik dalam proses belajar. Namun demikian proses yang ada ini tidak luput dari kritik, dan kritik menjadi hal yang wjaar pula yang sudah semestinya ada. Diantara kritik yang mengemuka dan banyak digunakan sebagai hipotesis yaitu terkait adanya inkonsistensi dalam penerapan pendekatan saintifik dengan konten pada buku ajar. Penelitian ini kemudian secara khusus mencoba untuk menjawab secara ilmiah hipotesis tersebut dengan mengupas tingkat konsistensi pendekatan saintifik dengan konten pada buku ajar bahasa Arab kelas 6 MI Kurikulum 13. Metode penelitian yang digunakan yaitu deskriptif-kualitatif dengan melihat berbagai fakta yang ada pada setiap bagian konten buku ajar bahasa Arab kelas 6 MI kurikulum 13. Hasil dari penelitian menunjukkan adanya konsistensi terhadap penggunakan pendekatan saintifik, hanya saja bersifat monoton dan cenderung sama pada setiap tema pada masing-masing bab. Hasil penelitian menyarankan kepada pihak terkait agar menyusun buku ajar yang memiliki konten lebih variatif agar peserta didik dapat melakukan ekspolrasi terhadap berbagai hal secara lebih luas dan tidak menjemukan.
Kata kunci: Konsistensi, pendekatan saintifik, pembelajaran, bahasa Arab
Abstract
The development and transformation of the learning process is a natural thing in the education system. Indonesia has experienced this, until in recent years it has attempted to apply the newest approach as well, that is a scientific approach in the learning process. However, this existing process is not free from criticism, and criticism becomes a natural thing that should be there. Among the emerging criticisms and widely used as hypotheses are related to the inconsistencies in the application of the scientific approach to the content in textbooks. This research then specifically tries to scientifically answer that hypothesis by examining the level of consistency of the scientific approach with the content in Arabic textbooks for class 6 MI Curriculum 13. The research method used is descriptive-qualitative by looking at the various facts that exist in each section of the Arabic textbook content for grade 6 MI curriculum 13. The results of the study showed consistency in using the scientific approach, it's just that the content of the assignment is monotonous and tends to be the same for each theme in each chapter. The results of the study suggest to the relevant parties to arrange textbooks that have a more varied content so that students can explore various things more broadly and not being tedious.
Keywords: Consistency, scientific approach, learning, Arabic
Keywords
Article Details
References
- Agama RI, Kementerian, Buku Siswa Bahasa Arab Pendekatan Saintifik Kurikulum 2013. Jakarta: Kemenag RI. 2016.
- Aprison, Wedra, Pendekatan Saintifik: Melihat Arah Pembangunan Karakter dan Peradaban Bangsa Indonesiai. Episteme: Jurnal Pengembangan Ilmu Keislaman. 2017
- Bermawi, Yoserizal dan Tati Fauziah, Penerapan Pendekatan Saintifik dalam Pembelajaran di Sekolah Dasar Aceh Besar. PGSD Universitas Syiah Kuala: Jurnal Pesona Dasar, Vol. 2, No. 4, April 2016.
- Hosnan, Pendekatan Saintifik dan Kontekstual dalam Pembelajaran Abad 21. Jakarta: Ghalia Indonesia. 2014.
- Langgulung, Hasan, Manusia & Pendidikan Suatu Analisa Psikologis, Filsafat dan Pendidikan. Jakarta: PT. Al Husna Baru. 2004.
- Machin, A, Implementasi Pendekatan Saintifik, Penanaman Karakter dan Konservasi pada Pembelajaran Materi Pertumbuhan, UNNES, Indonesian Journal of Science Education, Vol. 3, No. 1, April 2014. < https://doi.org/10.15294/jpii.v3i1.2898>.
- Santika Lya Diah Pramesti, Analisis Materi dan Penyajian Buku Teks Matematika Sebagai Sumber Belajar Matematika. ELTA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, Vol. 5, No. 1, Januari 2017.
- Sufairoh, Pendekatan Saintifik & Model Pembelajaran K-13. Jurnal Pendidikan Profesional, Vol. 5, No. 3, Desember 2016.
- Sugiyono, Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta. 2012.
References
Agama RI, Kementerian, Buku Siswa Bahasa Arab Pendekatan Saintifik Kurikulum 2013. Jakarta: Kemenag RI. 2016.
Aprison, Wedra, Pendekatan Saintifik: Melihat Arah Pembangunan Karakter dan Peradaban Bangsa Indonesiai. Episteme: Jurnal Pengembangan Ilmu Keislaman. 2017
Bermawi, Yoserizal dan Tati Fauziah, Penerapan Pendekatan Saintifik dalam Pembelajaran di Sekolah Dasar Aceh Besar. PGSD Universitas Syiah Kuala: Jurnal Pesona Dasar, Vol. 2, No. 4, April 2016.
Hosnan, Pendekatan Saintifik dan Kontekstual dalam Pembelajaran Abad 21. Jakarta: Ghalia Indonesia. 2014.
Langgulung, Hasan, Manusia & Pendidikan Suatu Analisa Psikologis, Filsafat dan Pendidikan. Jakarta: PT. Al Husna Baru. 2004.
Machin, A, Implementasi Pendekatan Saintifik, Penanaman Karakter dan Konservasi pada Pembelajaran Materi Pertumbuhan, UNNES, Indonesian Journal of Science Education, Vol. 3, No. 1, April 2014. < https://doi.org/10.15294/jpii.v3i1.2898>.
Santika Lya Diah Pramesti, Analisis Materi dan Penyajian Buku Teks Matematika Sebagai Sumber Belajar Matematika. ELTA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, Vol. 5, No. 1, Januari 2017.
Sufairoh, Pendekatan Saintifik & Model Pembelajaran K-13. Jurnal Pendidikan Profesional, Vol. 5, No. 3, Desember 2016.
Sugiyono, Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta. 2012.