Main Article Content
Abstract
Pembelajaran daring merupakan pembelajaran yang dianggap sebagai solusi masalah pendidikan yang terdampak pandemic covid-19. Setiap pendidik menjadi ujung tombak dalam keberhasilan proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran guru kelas dalam pelaksanaan pembelajaran daring siswa kelas V MI NU 61 Salafiyah Kendal serta untuk mendeskripsikan factor-faktor pendukung dan penghambat serta solusi dalam pelaksanaan pembelajaran daring selama pandemi covid-19. Penelian ini merupakan penelitian lapangan (field research) dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Metode pengumpulan data dengan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Metode pengecekan data menggunakan triangulasi data. Metode analisis data dengan reduksi, penyajian, dan verifikasi data. Hasil penelitian menunjukan pelaksanaan pembelajaran daring diterapkan dengan menggunakan media sosial yang memanfaatkan gadget, serta aplikasi-aplikasi tertentu. Guru dalam pelaksanaan pembelajaran berperan sebagai sumber belajar, fasilitator, pengelola, demonstrator, pembimbing, mediator, dan evaluator. Pembelajaran daring di kelas V MI NU 61 Salafiyah menggunakan media WA grup. Pelaksanaanya disesuaikan dan tidak memberatkan untuk para siswa. Faktor pendukung keberhasilan pembelajaran daring yaitu aplikasi e-moderating yang digunakan adalah whatsapp grup. Namun, pembelajaran daring dipandang kurang efisien, karena dapat menimbulkan kebosanan. Faktor penghambat pembelajaran daring yaitu di daerah sekitar MI NU 61 Salafiyah memiliki keterbatasan jaringan internet yang kurang stabil, para guru yang kurang menguasai IT, tugas-tugas yang menumpuk membuat siswa mengerjakannya dengan sembarangan, sereta kurangnya pengawasan dari guru dan orangtua. Solusi pembelajaran daring di MI NU 61 Salafiyah yaitu diperlukannya pelatihan lanjutan untuk para guru agar dapat meningkatkan penguasaan IT, pembelajaran luring sesekali perlu dilakukan, memberikan himbauan kepada orangtua/wali untuk ikut mengawasi putra-putri mereka dalam belajar.
Kata kunci: peran guru kelas, pembelajaran daringKeywords
Article Details
References
- Arikunto,Suharsimi, Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik, Jakarta: Rineka Cipta, 2013.
- Asmuni, Problematika Pembelajaran Daring Di Masa Pandemi Covid-19 Dan Solusi Pemecahannya, Jurnal Paedagogy: Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan Volume 7 Nomor 4 Oktober 2020.
- . Naibaho, “Peranan Guru Sebagai Fasilitator Dalam Perkembangan Peserta Didikâ€, Jurnal Christian Humaniora 2(2), 2018
- Djamarah, Syaiful Bahri & Aswan Zain, Strategi Belajar Mengajar, Jakarta: Rineka Cipta, 2014.
- Fakhruddin, Asef Umar, Menjadi Guru Favorit, Yogyakarta: DIVA Press, 2012.
- Jatirahayu,Warih, “Guru Berkualitas Kunci Mutu Pendidikan†Jurnal Ilmiah Guru “COPEâ€, No. 02/TahunXVII/November2013, Sleman: COPE, 2013.
- Keputusan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor HK.01.07/MENKES/413/2020 Tentang Pedoman Pencegahan Dan Pengendalian Corona Virus Disease 2019 (COVID-19)
- Keputusan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 03/KB/2020 Tentang Panduan Penyelenggaraan Pembelajaran Pada Tahun Ajaran 2020/2021 Di Masa Pandemi CoronaVirus Disease (COVID-19)
- Kristiawan, Muhammad, Dian Safitri, & Rena Lestari, Menejemen Peendidikan, Yogyakarta: Deepublish, 2017
- Manzilati, Asfi, Metodologi Penelitian Kualitatif: Paradigma, Metode, Dan Aplikasi, Malang: UB Press, 2017.
- Octavia, Shilphy Afiattresna, Sikap Dan Kinerja Guru Peofesional, (Yogyakarta: Deepublish, 2019
- Peraturan Pemerintah Republik Indonesia No. 21 Tahun 2020 Tentang Pembatasan Sosial Berskala Besar Dalam Rangka Percepatan Penanganan Corona Virus Disease 2019 (COVID-19).
- Pohan,Albert Efendi, Konsep Pembelajaran Daring Berbasis Pendekatan Ilmiah, Purwodadi: CV. Sarnu Untung, 2020.
- Putria, Hilna, Luthfi Hamdani Maula, Din Azwar Uswatun, Analisis Proses Pembelajaran dalam Jaringan (DARING) Masa Pandemi COVID-19 Pada Guru Sekolah Dasar, Jurnal Basicedu Volume 4 Nomor 4 Tahun 2020
- Rigianti, Henry Aditia, Kendala Pembelajaran Daring Guru Sekolah Dasar Di Kabupaten Banjarnegara, Elementary School: Jurnal Pendidikan Dan Ke-SD-An Volume 7 Nomor 2 Juli 2020
- Rohmah,Noer,Psikologi Pendidikan, Surabaya: CV Jakad Media Publishing, 2020
- Saifuddin, Pengelolaan Pembelajaran Teoritis Dan Praktis, Yogyakarta: Deepublish, 2018.
References
Arikunto,Suharsimi, Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik, Jakarta: Rineka Cipta, 2013.
Asmuni, Problematika Pembelajaran Daring Di Masa Pandemi Covid-19 Dan Solusi Pemecahannya, Jurnal Paedagogy: Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan Volume 7 Nomor 4 Oktober 2020.
. Naibaho, “Peranan Guru Sebagai Fasilitator Dalam Perkembangan Peserta Didikâ€, Jurnal Christian Humaniora 2(2), 2018
Djamarah, Syaiful Bahri & Aswan Zain, Strategi Belajar Mengajar, Jakarta: Rineka Cipta, 2014.
Fakhruddin, Asef Umar, Menjadi Guru Favorit, Yogyakarta: DIVA Press, 2012.
Jatirahayu,Warih, “Guru Berkualitas Kunci Mutu Pendidikan†Jurnal Ilmiah Guru “COPEâ€, No. 02/TahunXVII/November2013, Sleman: COPE, 2013.
Keputusan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor HK.01.07/MENKES/413/2020 Tentang Pedoman Pencegahan Dan Pengendalian Corona Virus Disease 2019 (COVID-19)
Keputusan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 03/KB/2020 Tentang Panduan Penyelenggaraan Pembelajaran Pada Tahun Ajaran 2020/2021 Di Masa Pandemi CoronaVirus Disease (COVID-19)
Kristiawan, Muhammad, Dian Safitri, & Rena Lestari, Menejemen Peendidikan, Yogyakarta: Deepublish, 2017
Manzilati, Asfi, Metodologi Penelitian Kualitatif: Paradigma, Metode, Dan Aplikasi, Malang: UB Press, 2017.
Octavia, Shilphy Afiattresna, Sikap Dan Kinerja Guru Peofesional, (Yogyakarta: Deepublish, 2019
Peraturan Pemerintah Republik Indonesia No. 21 Tahun 2020 Tentang Pembatasan Sosial Berskala Besar Dalam Rangka Percepatan Penanganan Corona Virus Disease 2019 (COVID-19).
Pohan,Albert Efendi, Konsep Pembelajaran Daring Berbasis Pendekatan Ilmiah, Purwodadi: CV. Sarnu Untung, 2020.
Putria, Hilna, Luthfi Hamdani Maula, Din Azwar Uswatun, Analisis Proses Pembelajaran dalam Jaringan (DARING) Masa Pandemi COVID-19 Pada Guru Sekolah Dasar, Jurnal Basicedu Volume 4 Nomor 4 Tahun 2020
Rigianti, Henry Aditia, Kendala Pembelajaran Daring Guru Sekolah Dasar Di Kabupaten Banjarnegara, Elementary School: Jurnal Pendidikan Dan Ke-SD-An Volume 7 Nomor 2 Juli 2020
Rohmah,Noer,Psikologi Pendidikan, Surabaya: CV Jakad Media Publishing, 2020
Saifuddin, Pengelolaan Pembelajaran Teoritis Dan Praktis, Yogyakarta: Deepublish, 2018.