Main Article Content

Abstract

Penelitian ini dilakukan dengan tujuan mengembangkan, menguji kelayakan, serta keefektifan e-booklet berbasis web sebagai bahan ajar muatan IPS Kelas V SDN Sembaturagung 02. Metode penelitian yang digunakan adalah research and development (R&D) model Borg and Gall. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu wawancara, observasi, dokumentasi, angket dan tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa e-booklet berbasis web dapat dikembangkan, layak digunakan, serta efektif meningkatkan hasil belajar. Dinyatakan sangat layak dengan presentase nilai-rata-rata validasi ahli materi sebesar 90% dan ahli media sebesar 88%, serta memperoleh repson sangat positif presentase tanggapan guru sebesar 95% dan tanggapan siswa sebesar 82%. Peningkatan rata-rata hasil belajar siswa sebesar 66% dan hasil uji n-gain sebesar 0,64 dengan kategori sedang. Maka dapat disimpulkan bahwa e-booklet berbasis web dapat dikembangkan, layak digunakan dan efektif meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SDN Sembaturagung 02.

Keywords

E-booklet Learning Outcomes Social Learning Web-based

Article Details

References

  1. Amalia, N. I., Yuniawatika, T. M., & Murti, T. (2020). Pengembangan E-Booklet Berbasis Karakter Kemandirian Dan Tanggung Jawab Melalui Aplikasi Edmodo Pada Materi Bangun Datar. Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 3(3), 282-291.
  2. Batubara, H. H. 2018. Pembelajaran Berbasis Web dengan Moodle Versi 3.4. Sleman: Budi Utama.
  3. Hoiroh, A. M. M., & Isnawati. (2020). Pengembangan media booklet elektronik materi jamur untuk meningkatkan pemahaman konsep siswa kelas X SMA. BIOEDU Berkala Ilmiah Pendidikan Biologi, 9(1), 292–301.
  4. Muga, W., Suryono, B., & Januarisca, E. L. (2017). Pengembangan Bahan Ajar Elektronik Berbasis Model Problem Based Learning Dengan Menggunakan Model Dick and Carey. Journal of Education Technology, 1(4), 260-264.
  5. Nasution, T., & Lubis, M. A. (2018). Konsep Dasar IPS. Yogyakarta: Samudra Biru.
  6. Pramestika, L. A., & Wahyudi, W. (2021). Pengembangan Bahan Ajar Tematik Berbasis Website untuk Peserta Didik Kelas V SD. Jrpd (Jurnal Riset Pendidikan Dasar), 4(1), 72-79.
  7. Prastowo, A. (2012). Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Yogyakarta: Diva Press.
  8. Pratiwi, S. I., & Wahyudi, W. (2021). Pengembangan Bahan Ajar Tematik Berbasis Website untuk Peserta Didik di Sekolah Dasar. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(2), 333-340.
  9. Puspita, A., Kurniawan, A. D., & Rahayu, H. M. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Booklet Pada Materi Sistem Imun Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas Xi Sman 8 Pontianak. Jurnal Bioeducation, 4(1), 64–73.
  10. Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: ALFABET.
  11. Sukmawati, Sari Sri, Eko Nursulistyo, dan Dewi Oktaviyanti. "Pengembangan bahan ajar booklet untuk meningkatkan hasil belajar pokok bahasan momentum untuk siswa kelas X semester 2 SMAN 4 Yogyakarta." Quantum: Seminar Nasional Fisika, dan Pendidikan Fisika. 2018.
  12. Yelviana, Yelviana. Pengembangan Booklet Edukasi Kesehatan Reproduksi Remaja untuk Siswa SMA. Diss. Universitas Negeri Padang, 2019.
  13. Suhada, I. 2017. Konsep Dasar IPS. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
  14. Sukmawati, S. S., Nursulistyo, E., & Oktaviyanti, D. (2018). Pengembangan bahan ajar booklet untuk meningkatkan hasil belajar pokok bahasan momentum untuk siswa kelas X semester 2 SMAN 4 Yogyakarta. Prosiding Seminar Nasional Quantum, Pendiidkan Fisika UAD, 25, 53–60.
  15. Suniah, Indriyanti, D. R., & Dewi, N. K. (2018). Booklet Development Based Research on the Diversity of Insects on Solanaceae as a Suplement of Biology Teaching Materials in High School. Journal of Innovative Science Education, 7(2), 176–183.
  16. Utami, R. S., Aji, S. D., & Chrisyarani, D. D. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Website Tema 6 Subtema 1 Kelas IV. In Prosiding Seminar Nasional PGSD UNIKAMA, 4(1), 249-255.
  17. Yusuf, M., Saraswati, U., & Ahmad, T. A. (2019). Pengembangan Bahan Ajar Perang Lasem Dalam Bentuk Booklet Untuk Pembelajaran Sejarah Lokal Di Sma Negeri 1 Lasem. Indonesian Journal of History Education, 7(1), 50–58.
  18. Yelviana, Y. (2019). Pengembangan Booklet Edukasi Kesehatan Reproduksi Remaja untuk Siswa SMA (Doctoral dissertation, Universitas Negeri Padang).