Main Article Content
Abstract
Keberhasilan peserta didik dalam pembelajaran salah satunya ditunjukkan dengan prestasi akademik maupun non akademiknya. Guna menunjang peningkatan prestasi belajar peserta didik, pemerintah telah mengeluarkan sebuah program Kampus Mengajar sebagai upaya untuk meningkatan Literasi dan Numerasi peserta didik. Kampus Mengajar merupakan salah satu bagian dari program Kampus Merdeka yang bertujuan menghadirkan mahasiswa sebagai agent of change sekaligus asistensi mengajar di Satuan Pendidikan yang berorientasi dalam meningkatkan mutu kualitas sekolah sasaran. Sebagai salah satu langkah kongkrit atas realisasi peningkatan kualitas sekolah sasaran, PROGESI (Program Siswa Berprestasi) hadir dalam menumbuh kembangkan minat, bakat, dan keterampilan peserta didik untuk mencapai kemampuan terbaiknya secara tersistematis dan terintegrasi. Program ini di implementasikan oleh peserta kampus mengajar untuk meningkatkan prestasi belajar peserta didik di sekolah sasaran. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk melihat implementasi program kampus mengajar melalui PROGESI dalam meningkatkan prestasi belajar siswa di Sekolah Dasar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Lokasi penelitian adalah di SD Negeri 2 Bugel Jepara. Sumber data penelitian adalah data primer berupa observasi dan wawancara, sedangkan data sekunder berupa dokumentasi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Uji validitas data menggunakan triangulasi sumber. Analisis data yang digunakan adalah metode interaktif dengan tahapan pengumpulan data,mereduksi data,penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini yaitu PROGESI dilaksanakan melalui empat tahapan, yakni identifikasi potensi bakat dan minat, pendampingan dan pelatihan, implementasi rencana aksi dan yang terakhir yaitu monitoring dan evaluasi. Identifikasi potensi bakat dan minat dilakukan untuk melihat potensi awal pada peserta didik yang nantinya dapat ditingkatkan melalui langkah yang ke dua, yakni pendampingan. Dalam pendampingan, dilakukan pelatihan-pelatihan seperti pelatihan membaca puisi, menggambar dan sesi diskusi bersama. Pada tahap rencana aksi, peserta didik diajak untuk membuat karya, sesuai bakat minat dan mengikutkannya dalam lomba. Di tahap yang terakhir yakni monitoring dan evaluasi yang bertujuan untuk melihat apa saja kekurangan dan kelebihan dari program, serta untuk melakukan perbaikan-perbaikan pada tahapan pelaksanaan. Kesimpulan dari penelitian ini yaitu PROGESI (Program Siswa Berprestasi) merupakan satu langkah yang efektif dan efisen untuk diterapkan disatuan lembaga pendidikan khususnya di SD Negeri 2 Bugel dalam meningkatkan prestasi belajar peserta didik dalam akselerasi mutu kualitas Sekolah Sasaran.
Keywords
Article Details
References
- Ahidin, U, Covid 19 dan Work from Home. Desanta Muliavisitama, 2020.
- Aji, R. H. S, “Dampak Covid-19 pada Pendidikan di Indonesia: Sekolah, Keterampilan, dan Proses Pembelajaranâ€. SALAM: Jurnal Sosial Dan Budaya SyarI, 7(5), 2020
- Gunawan, Imam, "Strategi meningkatkan kinerja guru: apa program yang ditawarkan oleh kepala sekolah." In Prosiding Seminar Nasional Pengembangan Karir Tenaga Pendidik Berbasis Karya Ilmiah, Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang, vol. 23, 2015.
- Kemenkes, Pedoman KesiapanMenghadapi COVID-19, 2020
- Malyana, A. “Pelaksanaan Pembelajaran Daring dan Luring Dengan Metode Bimbingan Berkelanjutan Pada Guru Sekolah Dasar Di Teluk Betung Utara Bandar Lampungâ€. Pedagogia: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar Indonesia, 2(1). 2020.
- Marinda, Leny, Teori Perkembangan Kognitif Jean Piaget dan Problematikanya Pada Anak Usia Sekolah Dasar. Pusat Studi Gender dan Anak (PSGA) LP2M IAIN Jember, 2020
- Poerwadarminta, Kamus Besar Bahasa Indonesia, Jakarta: PT. Balai Pustaka, 2000.
- Pratama, A. P, Pengaruh pembelajaran daring terhadap motivasi belajar siswa sd. Mahaguru: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 2(1), 2021
- Robert, Mathis, Jackson John. Manajemen Sumber Daya Manusia, Jakarta: Salemba empat, 2002.
- Rosita, Dewi Ayu dan Damayanti, Rini, “Pelaksanaan Program Kampus Mengajar Perintis Pada Sekolah Dasar Terdampak Pandemi Covid-19â€. Prima Magistra: Jurnal Ilmu Pendidikan, Volume 2-Nomor 1, April 2021.
- Sugiyono, Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuntitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta, 2017.
- Sikula, Andrew E, Manajemen Sumber Daya Manusia, Bandung: Erlangga, 2000
- Yuliono, A Pengembangan Budaya Sekolah Berprestasi: Studi tentang Penanaman Nilai dan Etos Berprestasi di SMA Karangturi. KOMUNITAS: International Journal of Indonesian Society and Culture, 3(2), 2011.
References
Ahidin, U, Covid 19 dan Work from Home. Desanta Muliavisitama, 2020.
Aji, R. H. S, “Dampak Covid-19 pada Pendidikan di Indonesia: Sekolah, Keterampilan, dan Proses Pembelajaranâ€. SALAM: Jurnal Sosial Dan Budaya SyarI, 7(5), 2020
Gunawan, Imam, "Strategi meningkatkan kinerja guru: apa program yang ditawarkan oleh kepala sekolah." In Prosiding Seminar Nasional Pengembangan Karir Tenaga Pendidik Berbasis Karya Ilmiah, Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang, vol. 23, 2015.
Kemenkes, Pedoman KesiapanMenghadapi COVID-19, 2020
Malyana, A. “Pelaksanaan Pembelajaran Daring dan Luring Dengan Metode Bimbingan Berkelanjutan Pada Guru Sekolah Dasar Di Teluk Betung Utara Bandar Lampungâ€. Pedagogia: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar Indonesia, 2(1). 2020.
Marinda, Leny, Teori Perkembangan Kognitif Jean Piaget dan Problematikanya Pada Anak Usia Sekolah Dasar. Pusat Studi Gender dan Anak (PSGA) LP2M IAIN Jember, 2020
Poerwadarminta, Kamus Besar Bahasa Indonesia, Jakarta: PT. Balai Pustaka, 2000.
Pratama, A. P, Pengaruh pembelajaran daring terhadap motivasi belajar siswa sd. Mahaguru: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 2(1), 2021
Robert, Mathis, Jackson John. Manajemen Sumber Daya Manusia, Jakarta: Salemba empat, 2002.
Rosita, Dewi Ayu dan Damayanti, Rini, “Pelaksanaan Program Kampus Mengajar Perintis Pada Sekolah Dasar Terdampak Pandemi Covid-19â€. Prima Magistra: Jurnal Ilmu Pendidikan, Volume 2-Nomor 1, April 2021.
Sugiyono, Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuntitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta, 2017.
Sikula, Andrew E, Manajemen Sumber Daya Manusia, Bandung: Erlangga, 2000
Yuliono, A Pengembangan Budaya Sekolah Berprestasi: Studi tentang Penanaman Nilai dan Etos Berprestasi di SMA Karangturi. KOMUNITAS: International Journal of Indonesian Society and Culture, 3(2), 2011.