Main Article Content

Abstract

Indonesia as a nation that respects tradition, which is widely known as a polite nation, respects differences and customs, existing culture. The Covid-19 pandemic that has hit almost the entire world for some time, including Indonesia, has greatly affected the character of students. pay attention to all parties that the character crisis and the declining morale of children due to this pandemic must be resolved immediately. The purpose of this study is to provide a conceptual view for teachers to maintain the intensity of learning with character content that can still be done even in emergency situations by implementing character building strategies. This research is a qualitative descriptive study used to obtain information related to effective strategies to build the character of elementary school students. The respondents of this study were teachers who opened 15 elementary school levels. Data collection techniques in the form of interviews. The results show that some of the implementation of character strategies carried out by development teachers after the Covid-19 pandemic is by labeling, being listeners, paying attention gently, not comparing, giving examples, involving children in activities, using gadgets, making joint rules, encouraging independent attitudes. . The hope of this research can be material for study and literacy for teachers who have difficulty in building character after the Covid-19 pandemic.

Indonesia sebagai bangsa yang mewarisi tradisi timur yang dikenal luas sebagai bangsa yang sopan santun, menghargai perbedaan dan adat, istiadat yang ada. Adanya pandemi Covid-19 yang melanda hampir seluru dunia beberapa waktu ini, termasuk Indonesia, sangat berpengaruh terhadap karakter siswa. Perhatian seluruh pihak bahwa krisis karakter dan menurunnya moral anak-anak akibat pandemi ini harus segera dituntaskan. Tujuan penelitian ini adalah untuk memberikan pandangan konsep bagi guru untuk tetap bisa menjaga intensitas pembelajaran dengan muatan karakter tetap dapat dilakukan meski dalam situasi darurat dengan menerapkan strategi membangun karakter. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif yang digunakan mendapatkan informasi terkait strategi yang efektif untuk membangun karakter siswa sekolah dasar. Responden  penelitian ini  adalah  para  guru  berjumlah  15  pada  jenjang Sekolah dasar. Teknik pengumpulan data berupa wawancara. Hasil penelitian menunjukkan beberapa penerapan strategi pembangunan karakter yang dilakukan oleh guru pasca pandemi Covid-19 adalah  dengan labelling, jadi pendengar, bersikap lembut, tidak membandingkan, memberi contoh, melibatkan anak dalam kegiatan, pembatasan penggunaan Gadget, buat peraturan Bersama, dorong sikap mandiri. Harapan dari penelitian ini bisa menjadi bahan kajian dan literasi bagi guru yang mengalami kesulitan dalam membangun karakter setelah pandemi Covid-19.

Keywords

Strategi Membangun Karakter Sekolah dasar Pandemi

Article Details

References

  1. Ahmad, Iqbal Faza. “Urgensi Literasi Digital Di Indonesia Pada Masa Pandemi COVID-19: Sebuah Tinjauan Sistematis.†Nusantara: Jurnal Pendidikan Indonesia 2, no. 1, 2022, hlm. 1–18. https://doi.org/https://doi.org/10.14421/njpi.2022.v2i1-1.
  2. Ayuni, Despa, Tria Marini, Mohammad Fauziddin, and Yolanda Pahrul. “Kesiapan Guru TK Menghadapi Pembelajaran Daring Masa Pandemi COVID-19.†Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini 5, no. 1, 2020, hlm. 414–21.
  3. Depiyanti, Oci Melisa. “Model Pendidikan PKrakter Di Islamic Full Day School (Studi Deskriptif Pada SD Cendekia Leadership School, Bandung).†TARBAWY: Indonesian Journal of Islamic Education 1, no. 2 (n.d.). hlm. 132–41.
  4. Dinengsih, Sri, and Melly Agustina. “Hubungan Antara Pola Asuh Orang Tua Dan Pengetahuan Ibu Terhadap Sibling Rivalry Pada Anak Usia 3-5 Tahun Di TK Aisyiah Bantul Yogyakarta Tahun 2017.†Jurnal Akademi Keperawatan Husada Karya Jaya 4, no. 1, 2018.
  5. Gunawan, Adi W. The Secret of Mindset (SC). Jakarta: Gramedia Pustaka Utama, 2008.
  6. Hermansyah, Hermansyah, and Muslim Muslim. “Urgensi Pengembangan Keterampilan Belajar Abad 21 Di Pendidikan Dasar.†EL-Muhbib: Jurnal Pemikiran Dan Penelitian Pendidikan Dasar 3, no. 2, 2019, hlm. 184–99.
  7. Hidayatullah, Muhammad Furqon. Guru Sejati: Membangun Insan Berkarakter Kuat Dan Cerdas. Surakarta: Yuma Pustaka, 2009.
  8. Koesoema, Doni. Pendidikan Karakter Berbasis Kelas. Yogyakarta: Kanisius, 2018.
  9. Komara, Endang. “Penguatan Pendidikan Karakter Dan Pembelajaran Abad 21.†SIPATAHOENAN 4, no. 1, 2018.
  10. Kurniasih, Imas, and Berlin Sani. Pendidikan Karakter Internalisasi Dan Metode Pembelajaran Di Sekolah. Jakarta: Kata Pena, 2017.
  11. Latief, Abdul Madjid. “Evaluasi Terhadap Implementasi Pendidikan Karakter Dengan Sistem Full Day School Pada Madrasahi Btidaiyah Negeri Al Azhar Asy Syarif Indonesia.†In Prosiding Seminar Nasional Berseri, 233–46, 2017.
  12. Megawangi, Ratna. “Pendidikan Karakter Solusi Yang Tepat Untuk Membangun Bangsa, Cetakan Kedua (Revisi).†Depok: Indonesia Heritage Foundation, 2016.
  13. Megawangi, Ratna, and Dina. Seri Pendidikan Karakter: Sekolah Berbahaya Bagi Perkembangan Karakter Anak. Depok: Indonesia Heritage Foundation (IHF), 2016.
  14. Prasetyo, Alfian Eko Widodo Adi. “Strategi Apresiasi Seni Pada Pembelajaran School Visit Di Masa Pandemi.†Nusantara: Jurnal Pendidikan Indonesia 1, no. 3, 2021, hlm. 479–510.
  15. Ramdan, Ahmad Yasar, and Puji Yanti Fauziah. “Peran Orang Tua Dan Guru Dalam Mengembangkan Nilai-Nilai Karakter Anak Usia Sekolah Dasar.†Jurnal Pendidikan Dasar Dan Pembelajaran 9, no. 2, 2019, hlm. 100.
  16. Rukiyah, Rukiyah. “Pengaruh Komunikasi Dalam Pengasuhan Terhadap Karakter Anak.†In Seminar Nasional Pendidikan Jasmani Dan Kesehatan Tahun 2012, 247–51. Program Studi Pendidikan Jasmani dan Kesehatan Fakultas Keguruan dan Ilmu …, 2012.
  17. Siagian, Sondang P. Teori Motivasi Dan Aplikasinya. Jakarta: Rineka Cipta, 2012.
  18. Syifa, Layyinatus, Eka Sari Setianingsih, and Joko Sulianto. “Dampak Penggunaan Gadget Terhadap Perkembangan Psikologi Pada Anak Sekolah Dasar.†Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar 3, no. 4, 2019, hlm. 527–533.
  19. Triwardhani, Ike Junita, Wulan Trigartanti, Indri Rachmawati, and Raditya Pratama Putra. “Strategi Guru Dalam Membangun Komunikasi Dengan Orang Tua Siswa Di Sekolah.†Jurnal Kajian Komunikasi 8, no. 1, 2020, hlm. 99–113.
  20. Umroh, Ida Latifatul. “Peran Orang Tua Dalam Mendidik Anak Sejak Dini Secara Islami Di Era Milenial 4.0.†Ta’lim: Jurnal Studi Pendidikan Islam 2, no. 2, 2019, hlm. 208–25.
  21. Utami, Ratnasari Diah. “Membangun Karakter Siswa Pendidikan Dasar Muhammadiyah Melalui Identifikasi Implementasi Pendidikan Karakter Di Sekolah.†Profesi Pendidikan Dasar 2, no. 1, 2016, hlm. 32–40.
  22. Wijaya, David. Pendidikan Budaya Dan Karakter Bangsa Untuk Sekolah Dan Perguruan Tinggi. Jakarta: Mitra Wacana Media, 2017.
  23. Wuryandani, Wuri, Bunyamin Maftuh, and Dasim Budimansyah. “Pendidikan Karakter Disiplin Di Sekolah Dasar.†Jurnal Cakrawala Pendidikan 33, no. 2, 2014.