Main Article Content

Abstract

Penelitian dilakukan bertujuan menemukan faktor faktor dan upaya problematis calistung pada peserta didik kelas rendah UPT SD Negeri 104 Gresik. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data observasi dan wawancara. Hasil penelitian 43% peserta didik kelas I dan II memiliki kemampaun calistung rendah dan 14% peserta didik kelas III memiliki kemampuan calistung rendah. Problematis calistung pada peserta didik kelas rendah UPT SD Negeri 104 Gresik dipengaruhi pleh faktor internal yaitu kemampuan intelektual peserta didik yakni disleksia, disgrafia, dan diskalkulia, faktor eksternal yaitu orang tua, guru, lingkungan sosial, dan sarana prasarana. Peran orang tua, guru, dan lingkungan sangat penting bagi perkembangan peserta didik. Sarana prasarana juga menjadi hal terpenting dalam meningkatkan motivasi peserta didik dalam belajar. Perhatian dan pendampingan khusus harus dilakukan untuk meningkatkan kemampuan anak dalam belajar calistung. Guru dan orangtua harus dapat berinovasi menciptakan media belajar yang kreatif agar disenangi anak. Kegiatan pembelajaran tetap memperhatikan psikologis anak agar mereka tidak merasa tertekan.

Keywords

Problematis calistung membaca menulis berhitung

Article Details

References

  1. Chasanah, T. U., Nazidah, M. D. P., & Zahari, Q. F. (2022). Kesiapan Belajar Calistung Siswa SD
  2. Kelas Rendah dan Implikasinya Terhadap Penyelenggaraan Layananan Bimbingan
  3. Konseling. PAUDIA : Jurnal Penelitian dalam Bidang Pendidikan Anak Usia Dini, 11(1),
  4. –428. https://doi.org/10.26877/paudia.v11i1.11232
  5. Dr. H. Dalman, M.Pd. (2016). KETRAMPILAN MENULIS (1 ed.). PT RAJAGRAFINDO
  6. PERSADA.
  7. Dr. Rukin, S.Pd., Msi. (2021). METODOLOGI PENELITIAN KUALITATIF EDISI REVISI. CV
  8. Jakad Media Publishing.
  9. Fadli, M. R. (2021). Memahami desain metode penelitian kualitatif. 21(1), 22.
  10. Febriani, D. N., Salaras, F. W., Amelia, M., & Ariana, R. D. (2021). Peningkatan Kualitas Calistung
  11. Anak Usia Sekolah Dasar di RW. 06 Desa Ciporeat melalui Pendekatan BCCT (Beyond
  12. Center and Circles Time). 14.
  13. Hulukati, W. (2015). PERAN LINGKUNGAN KELUARGA TERHADAP PERKEMBANGAN
  14. ANAK. 18.
  15. Kompas.id. (2017, Desember 14). Kemampuan Calistung Siswa SD Kurang. PT Kompas Media
  16. Nusantara, 12.
  17. Marinda, L. (2020). TEORI PERKEMBANGAN KOGNITIF JEAN PIAGET DAN
  18. PROBLEMATIKANYA PADA ANAK USIA SEKOLAH DASAR. An-Nisa’ : Jurnal
  19. Kajian Perempuan dan Keislaman, 13(1), 116–152.
  20. https://doi.org/10.35719/annisa.v13i1.26
  21. Martini, S.Pd.SD. (2022, Oktober 26). Wawancara Masalah Calistung di UPT SD Negeri 104 Gresik
  22. [Tatap Muka].
  23. Muhammad Rusli & Rusandi. (t.t.). Merancang Penelitian Kualitatif Dasar/Deskriptif dan Studi
  24. Kasus. 13.
  25. Muhsyanur. (2014). Membaca ( Suatu Ketrampilan Berbahasa Reseptif). BUGINESE ART.
  26. Nik Haryanti, Muhibbudin, M., & Imam Junaris. (2022). Analisis Kesulitan Belajar Siswa (Disleksia
  27. dan Disgrafia) di Masa Pandemi Covid-19. Journal of Instructional and Development
  28. Researches, 2(1), 7–16. https://doi.org/10.53621/jider.v2i1.60
  29. Patrin Prayitno, S.Pd. (2022, Oktober 26). Wawancara Masalah Calistung di UPT SD Negeri 104
  30. Gresik [Tatap Muka].
  31. Ruki Nafiah,S.Pd. (2022, Oktober 26). Wawancara Masalah Calistung di UPT SD Negeri 104
  32. Gresik [Tatap Muka].
  33. Wijaya, E. (2020). IDENTIFIKASI DAN INTERVENSI GANGGUAN BELAJAR SPESIFIK
  34. PADA ANAK. Damianus: Journal of Medicine, 19(1), 70–79.
  35. https://doi.org/10.25170/djm.v19i1.1279