Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui informasi implementasi PPK di MI Kota Semarang. Minimnya sosialisasi menyebabkan belum meratanya implementasi PPK di MI Kota Semarang. Terbukti dari 83 Madrasah Ibtidaiyah secara legal formal yang telah melaksanakan PPK hanya Madrasah Ibtidaiyah Negeri Sumurejo Semarang. Berdasarkan hasil penelitian, pengintegrasian PPK dalam Kurikulum 2013 pelaksanaanya masih mengalami banyak kendala. Pendekatan dan jenis penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan menggunakan jenis penelitian lapangan atau lingkungan alamiah sebagai sumber data langsung. Penelitian ini guna menggali informasi tentang implementasi penguatan pendidikan karakter di MI Kota Semarang. Data ini dikumpulkan melalui observasi dan wawancara mendalam. Untuk menambah, mengkonfirmasi dan menajamkan data maka dalam penelitian ini juga diperlukan FGD (Focus Group Discussion) dengan mengundang pihak-pihak terkait. Beberapa hal yang dapat direkomendasikan kepada pihak-pihak terkait antara lain: (1) Pemerintah kota semarang dalam hal ini Kemenag Kota seharusnya mensosialisasikan perpres no.87 tahun 2018 terkait dengan penguatan pendidikan karakter dan melakukan sosialisasi sekaligus pendampingan. (2) Kepada pihak sekolah selalu pro aktif dan menjalin kerjasama antara sekolah maupun madrasah yang sudah mengetahui informasi maupun pengimplementasian terkait perpres no.87 tahun 2018 tentang penguatan pendidikan karakter.
         Kata kunci: Implementasi, Penguatan Pendidikan Karakter, Madrasah Ibtidaiyah
Abstract
This study aims to determine information on the implementation of PPK in all Madratsah Ibtidaiyah of Semarang. The lack of socialization led to the uneven implementation of PPK in all Madratsah Ibtidaiyah of Semarang. It was evident from 83 legally formal Madrasah Ibtidaiyah who had implemented PPK only Sumurejo State Madratsah Ibtidaiyah Semarang. Based on the results of the study, the integration of KKP in the 2013 Curriculum implementation still faced many obstacles. Â The approach and type of research uses a descriptive qualitative approach with using the type of field research or natural environment as a direct data source. This research is to explore information about the implementation of strengthening character education in all Madratsah Ibtidaiyah of Semarang. This data is collected through observation and in-depth interviews. To add, confirm and sharpen the data, in this study is also needed FGD (Focus Group Discussion) by inviting relevant parties. Somethings that can be recommended to relevant parties include: (1) Semarang city government in this case the City Ministry of Religion should socialize Perpres No. 87 of 2018 related to strengthening character education and conducting socialization as well as mentoring. (2) The school is always pro-active and cooperates between schools who already know the information and implementation related to Presidential Regulation No.87 of 2018 concerning strengthening character education.
          Keywords: Implementation, Strengthening Character Education, Madrasah Ibtidaiyah
Article Details
References
- Biono, Kepala MIN Sumurejo Semarang, Wawancara Pribadi, Semarang, 16 Oktober 2018
- Budhiman, Arie, Gerakan Penguatan Pendidikan Karakter, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia, 2017
- Cholid, Nur, Saat Membuka FGD Implementasi Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) MI di kampus Universitas Wahid, Hasyim Semarang pada tanggal 3 Novemver 2018 pkl. O9.00 WIB.
- Dalyono, Bambang, Enny Dwi Lestariningsih, Implementasi Penguatan Pendidikan Karakter Di Sekolah, Jurnal Bangun Rekaprima, Vol.03 Nomor 2 Edisi Oktober, 2017
- Fatkhuronji, Moch, Saat Membuka FGD Implementasi Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) MI di kampus Universitas Wahid Hasyim, Semarang pada tanggal 3 Novemver 2018 pkl. O9.00 WIB.
- https://www.sepengetahuan.co.id/2016/03/6-pengertian-pendidikan-karakter-menurut-para-ahli.html diakses Senin, 26 November 2018 pkl. 10.50
- Lickona, Thomas, Educating For Character: How Our School Can Teach Respect and Responsibility, (New York, Toronto, London, Sydney, Aucland: Bantam books, 1991
- Moleong, Lexy J., Metode Penelitian Kualitatif, Bandung: Remaja Rosdakarya, 2007
- Muslich, Masnur, Pendidikan Karakter, Jakarta: PT. Bumi Aksara, 2011
- Observasi di MI Roudlotul Huda pada tanggal 28 September 2018 pkl. 09.30 WIB
- Patimah, Pendidikan Karakter di Madrasah Ibtidaiyah, Al-Ibtida: Jurnal Pendidikan Guru MI, Volume 2 Nomor 1, 2015
- Peraturan Presiden Republik Indonesia, Penguatan Pendidikan Karakter (PPK), nomor 87 tahun 2017
- Perpres no. 87, Pasal 1 poin 1, 2018
- Perpres no. 87, Pasal 2, 2018
- Perpres no. 87, Pasal 3, 2018
- Pusat Kurikulum Departemen Pendidikan Nasional, Pelatihan Penguatan Metodologi Pembelajaran Berdasarkan Nilai-nilai Budaya untuk Membentuk Daya Saing dan Karakter Bangsa, Sumber Tim Penyusun, 2010
- Qomariyah, Nurul dalam FGD “Upaya Implementasi Penguatan Pendidikan Karakter MI Kota Semarang†03 November 2018, pkl. 09.00 WIB
- Qomariyah, Nurul, Kepala MI Darul Ulum Ngaliyan Semarang, Wawancara Pribadi, Semarang, 23 Oktober 2018
- Rahmawati, Fitri Puji, Model Penguatan Karakter di Kalangan Siswa Berbudaya Jawa, PGSD FKIP Universitas Muhammadiyah Surakarta.
- Suyanto, Selamat, Strategi Pendidikan Anak, Yogyakarta : Hikayat, 2009
- Wawancara dengan Kepala MI Roudlotul Huda pada tanggal 28 September 2018 pkl. 10.30 WIB
- Wijayama, Bayu, PPT FGD Implementasi Penguatan Pendidikan Karakter, Semarang: Unwahas, 2018
- Yetri dan Rijal Firdaos, Penguatan Pendidikan Karakter Berbasis Masyarakat Pada Sekolah Menengah Pertama Negeri (SMPN) Di Kabupaten Tulang Bawang Provinsi Lampung, Al-Tadzkiyyah: Jurnal Pendidikan Islam, Volume 8, Edisi II Tahun 2017.
- Zamroni, Paradigma Pendidikan Masa Depan, Jogjakarta: Gigraf Publishing, 2000
- Zuriah, Nurul, Pendidikan Moral dan Budi Pekerti, Jakarta: Bumi Aksara, 2008
References
Biono, Kepala MIN Sumurejo Semarang, Wawancara Pribadi, Semarang, 16 Oktober 2018
Budhiman, Arie, Gerakan Penguatan Pendidikan Karakter, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia, 2017
Cholid, Nur, Saat Membuka FGD Implementasi Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) MI di kampus Universitas Wahid, Hasyim Semarang pada tanggal 3 Novemver 2018 pkl. O9.00 WIB.
Dalyono, Bambang, Enny Dwi Lestariningsih, Implementasi Penguatan Pendidikan Karakter Di Sekolah, Jurnal Bangun Rekaprima, Vol.03 Nomor 2 Edisi Oktober, 2017
Fatkhuronji, Moch, Saat Membuka FGD Implementasi Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) MI di kampus Universitas Wahid Hasyim, Semarang pada tanggal 3 Novemver 2018 pkl. O9.00 WIB.
https://www.sepengetahuan.co.id/2016/03/6-pengertian-pendidikan-karakter-menurut-para-ahli.html diakses Senin, 26 November 2018 pkl. 10.50
Lickona, Thomas, Educating For Character: How Our School Can Teach Respect and Responsibility, (New York, Toronto, London, Sydney, Aucland: Bantam books, 1991
Moleong, Lexy J., Metode Penelitian Kualitatif, Bandung: Remaja Rosdakarya, 2007
Muslich, Masnur, Pendidikan Karakter, Jakarta: PT. Bumi Aksara, 2011
Observasi di MI Roudlotul Huda pada tanggal 28 September 2018 pkl. 09.30 WIB
Patimah, Pendidikan Karakter di Madrasah Ibtidaiyah, Al-Ibtida: Jurnal Pendidikan Guru MI, Volume 2 Nomor 1, 2015
Peraturan Presiden Republik Indonesia, Penguatan Pendidikan Karakter (PPK), nomor 87 tahun 2017
Perpres no. 87, Pasal 1 poin 1, 2018
Perpres no. 87, Pasal 2, 2018
Perpres no. 87, Pasal 3, 2018
Pusat Kurikulum Departemen Pendidikan Nasional, Pelatihan Penguatan Metodologi Pembelajaran Berdasarkan Nilai-nilai Budaya untuk Membentuk Daya Saing dan Karakter Bangsa, Sumber Tim Penyusun, 2010
Qomariyah, Nurul dalam FGD “Upaya Implementasi Penguatan Pendidikan Karakter MI Kota Semarang†03 November 2018, pkl. 09.00 WIB
Qomariyah, Nurul, Kepala MI Darul Ulum Ngaliyan Semarang, Wawancara Pribadi, Semarang, 23 Oktober 2018
Rahmawati, Fitri Puji, Model Penguatan Karakter di Kalangan Siswa Berbudaya Jawa, PGSD FKIP Universitas Muhammadiyah Surakarta.
Suyanto, Selamat, Strategi Pendidikan Anak, Yogyakarta : Hikayat, 2009
Wawancara dengan Kepala MI Roudlotul Huda pada tanggal 28 September 2018 pkl. 10.30 WIB
Wijayama, Bayu, PPT FGD Implementasi Penguatan Pendidikan Karakter, Semarang: Unwahas, 2018
Yetri dan Rijal Firdaos, Penguatan Pendidikan Karakter Berbasis Masyarakat Pada Sekolah Menengah Pertama Negeri (SMPN) Di Kabupaten Tulang Bawang Provinsi Lampung, Al-Tadzkiyyah: Jurnal Pendidikan Islam, Volume 8, Edisi II Tahun 2017.
Zamroni, Paradigma Pendidikan Masa Depan, Jogjakarta: Gigraf Publishing, 2000
Zuriah, Nurul, Pendidikan Moral dan Budi Pekerti, Jakarta: Bumi Aksara, 2008