Main Article Content
Abstract
Â
Â
Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini diawali dengan observasi terhadap kegiatan pembelajaran di kelas III SD Negeri medani 02 Kecamatan Cluwak Kabupaten Pati untuk mengetahui permasalahan yang terdapat di kelas tersebut. Permasalahan yang ditemukan yaitu mengenai motivasi dan hasil belajar siswa sebagaian besar masih di bawah KKM dan kegiatan pembelajaran masih menggunakan model konvensional seperti ceramah. Oleh karena itu, dalam penelitian ini pembelajaran Matematika dengan menerapkan Model Pembelajaran PBL (Problem Based Learning. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu Apakah model pembelajaran problem based learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi Menentukan 2 bilangan yang jumlahnya sudah diketahui serta Membuat Permasalahan Berkaitan Dengan Penjumlahan Dua Bilangan Cacah Dengan Hasil yang Ditentukan Sendiri di kelas III SD Negeri Medani 02 dan Apakah Model pembelajaran problem based learning dapat meningkatkan Motivasi peserta didik pada materi Menentukan 2 bilangan yang jumlahnya sudah diketahui serta Membuat Permasalahan Berkaitan Dengan Penjumlahan Dua Bilangan Cacah Dengan Hasil yang Ditentukan Sendiri di kelas III SD Negeri Medani 02. Penelitian ini bertujuan Mendeskripsikan peningkatan aktivitas peserta didik pada muatan pelajaran Matematika dengan menggunakan model PBL, Meningkatkan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran Matematika dengan model PBL. Penelitian ini dilaksanakan sebanyak dua siklus. PTK ini dilaksanakan di kelas III SD Negeri Medani 02 dengan jumlah siswa 7 orang yang terdiri dari 2 orang siswa laki dan 5 orang siswa perempuan. Model Pembelajaran Problem Based Learning ini terdiri dari lima langkah, Orientasi peserta didik pada masalah,Mengorganisasi peserta didik untuk belajar, Membimbing pengalaman individual atau kelompok, Mengembangkan dan menyajikan hasil karya,Menganalisis dan mengevaluasi proses pemecahan masalah . Instrumen yang digunakan dalam PTK ini terdiri dari lembar observasi terhadap guru dan siswa serta lembar evalusi yang berupa tes tertulis. Hasil penelitian menunjukan adanya peningkatan hasil belajar siswa setiap siklus. Nilai ketuntasan hasil belajar siswa 57 % pada siklus I dan siklus II meningkat menjadi 100% total peningkatan 43 %, serta rata-rata nilai 62,0 pada siklus I, dan pada siklus II menjadi 98,0 total peningkatan 36 poin. Berdasarkan hasil belajar tersebut, penerapan Model pembelajaran PBL (Problem Based learning) dalam pembelajaran Matematika dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa. Oleh karena itu, peneliti menyarankan guru- guru untuk menerapkan Model pembelajaran PBL (Problem Based learning) dalam pembelajaran khususnya pembelajaran Matematika.
Kata Kunci : Model pembelajaran Problem Based learning
Â
Â
AbstractThis Classroom Action Research (CAR) begins with observations of learning activities in class III SD Negeri Medani 02, Cluwak District, Pati Regency to find out the problems in that class. The problems found were about the motivation and learning outcomes of students, most of which were still under the KKM and learning activities still used conventional models such as lectures. Therefore, in this study, learning mathematics by applying the PBL (Problem Based Learning) Learning Model. The formulation of the problem in this study is whether the problem-based learning model can improve student learning outcomes in the material Determining 2 numbers whose numbers are known and Making Problems Related to Addition of Two Count Numbers with Determined Results in class III SD Negeri Medani 02 and whether the problem-based learning model can increase student motivation in the material Determine 2 numbers whose numbers are known and Make Problems Related to the Addition of Two Count Numbers with Determined Results Alone in class III SD Negeri Medani 02. This study aims to describe the increase in student activity in Mathematics subject matter using the PBL model, improve student learning outcomes in Mathematics subjects with the PBL. This research was conducted in two cycles. This CAR is carried out in class III SD Negeri Medani 02 with a total of 7 students consisting of 2 male students and 5 female students. This Problem Based Learning Learning Model consists of five steps, Orientation of students to problems, Organizing students to learn, Guiding individual or group experiences, Developing and presenting work, Analyzing and evaluating the problem solving process. The instruments used in this CAR consist of observation sheets for teachers and students as well as evaluation sheets in the form of written tests. The results showed an increase in student learning outcomes each cycle. The completeness value of student learning outcomes was 57% in cycle I and cycle II increased to 100%, a total increase of 43%, and the average value of 62.0 in cycle I, and in cycle II to 98.0 a total increase of 36 points. Based on these learning outcomes, the application of PBL (Problem Based learning) learning model in Mathematics learning can increase student motivation and learning outcomes. Therefore, researchers suggest teachers to apply the PBL (Problem Based learning) learning model in learning, especially mathematics learning.
Keywords: Problem Based learning learning model
Keywords
Article Details
References
- References
- AwalNur. 2013. PengaruhPerhatian Orang Tua, KonsepDiri, PersepsiTentangMatematikaTerhadap Hasil BelajarMatematikaMelaluiMotivasiBelajarSiswa Kelas VIII SMP Negeri Di Kecamatan Ujung LoeKabupatenBulukumba. Tesis. Tidakditerbitkan. Makassar: Program Pascasarjana Universitas Negeri Makassar
- Nurdin.2006. Pengaruh Variabel-Variabel Kognitif Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas XI-IPA SMA Negeri 3 Makassar.JurnalPendidikandankebudayaan, (online), No.63 (http://isjd.pdii.lipi.go.id/admin/jurnal/12630609.pdf, Diaksestanggal 17 februari 2015)
- Nurdin, et al. 2002.Faktor-faktorAfeksi yang mempengaruhiHasilBelajarMatematikasiswa SMU Negeri di Kota Makassar.LaporanPenelitian. Makassar: LembagaPenelitian UNM Makassar.
- Rangkuti, Annisafitri&Anggaraeni, Filia Dina.2005. HubunganPersepsitentangKompetensiProfesional guru MatematikadenganmotivasiBelajarMatematikapadaSiswa SMA.JurnalPsikologia, (online), Vol 1 No. 2
- (http://repository.usu.ac.id/bitstream/123456789/15712/1/psi-des2005-%20%284%29.pdf, Diaksestanggal 17 Februari 2015).
- Prastowo.(2010). Panduan KreatifMembuatBahan Ajar Inovatif. Jogjakarta: Diva Press.
- Siagian. R. E. F. 2008. PengaruhminatdankebiasaanbelajarsiswaterhadapprestasibelajarMatematika.Formatif. 2(2), 122-131.
- Suharman. 2005. PsikologiKognitif (edisirevisi). Surabaya :Srikandi)
- Slameto. 2013. BelajardanFaktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rinekacipta.
- Sudjana, N. 2011.PenilaianHasil Proses BelajarMengajar. Bandung: PT RemajaRosdakarya.
- Sugiyono. 2013. MetodePenelitianKuantitatifKualitatifdan RD. Bandung: Alfabeta.
- Trianto. 2007. Model-Model PembelajaranInovatifBerorientasiKontruktivistik. PrestasiPustaka. Jakarta.
- Thobroni Muhammad & Mustafa Arif. 2012. Belajar&Pembelajaran. Jokjakarta: penerbitAr-RuzzMedia.
- Trianto.(2009). Mendesain Model PembelajaranInovatif - Progresif. Jakarta: Kencana.
- Hull,Suciati, dkk., 2007, hlm. 3.3) tentangMotivasi sebagai dorongan untuk memenuhi atau memuaskan kebutuhan agar tetap hidupâ€
- Abidin (2014:160) Model Problem Based Leraning (PBL)
References
References
AwalNur. 2013. PengaruhPerhatian Orang Tua, KonsepDiri, PersepsiTentangMatematikaTerhadap Hasil BelajarMatematikaMelaluiMotivasiBelajarSiswa Kelas VIII SMP Negeri Di Kecamatan Ujung LoeKabupatenBulukumba. Tesis. Tidakditerbitkan. Makassar: Program Pascasarjana Universitas Negeri Makassar
Nurdin.2006. Pengaruh Variabel-Variabel Kognitif Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas XI-IPA SMA Negeri 3 Makassar.JurnalPendidikandankebudayaan, (online), No.63 (http://isjd.pdii.lipi.go.id/admin/jurnal/12630609.pdf, Diaksestanggal 17 februari 2015)
Nurdin, et al. 2002.Faktor-faktorAfeksi yang mempengaruhiHasilBelajarMatematikasiswa SMU Negeri di Kota Makassar.LaporanPenelitian. Makassar: LembagaPenelitian UNM Makassar.
Rangkuti, Annisafitri&Anggaraeni, Filia Dina.2005. HubunganPersepsitentangKompetensiProfesional guru MatematikadenganmotivasiBelajarMatematikapadaSiswa SMA.JurnalPsikologia, (online), Vol 1 No. 2
(http://repository.usu.ac.id/bitstream/123456789/15712/1/psi-des2005-%20%284%29.pdf, Diaksestanggal 17 Februari 2015).
Prastowo.(2010). Panduan KreatifMembuatBahan Ajar Inovatif. Jogjakarta: Diva Press.
Siagian. R. E. F. 2008. PengaruhminatdankebiasaanbelajarsiswaterhadapprestasibelajarMatematika.Formatif. 2(2), 122-131.
Suharman. 2005. PsikologiKognitif (edisirevisi). Surabaya :Srikandi)
Slameto. 2013. BelajardanFaktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rinekacipta.
Sudjana, N. 2011.PenilaianHasil Proses BelajarMengajar. Bandung: PT RemajaRosdakarya.
Sugiyono. 2013. MetodePenelitianKuantitatifKualitatifdan RD. Bandung: Alfabeta.
Trianto. 2007. Model-Model PembelajaranInovatifBerorientasiKontruktivistik. PrestasiPustaka. Jakarta.
Thobroni Muhammad & Mustafa Arif. 2012. Belajar&Pembelajaran. Jokjakarta: penerbitAr-RuzzMedia.
Trianto.(2009). Mendesain Model PembelajaranInovatif - Progresif. Jakarta: Kencana.
Hull,Suciati, dkk., 2007, hlm. 3.3) tentangMotivasi sebagai dorongan untuk memenuhi atau memuaskan kebutuhan agar tetap hidupâ€
Abidin (2014:160) Model Problem Based Leraning (PBL)