Main Article Content

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi kurangnya keaktifan siswa dalam pembelajaran, kurangnya guru menggunakan model pembelajaran yang sesuai dengan materi, dan masih menggunakan pembelajaran secara konvensional, sehingga menjadikan siswa jenuh, sulit memahami materi, dan belum maksimalnya hasil belajar PPKn. Model pembelajaran kooperative tipe jigsaw pada prinsipnya adalah belajar dalam kelompok yang bertujuan untuk meratakan kemampuan siswa, terutama siswa yang kurang interaksinya dengan siswa lainnya, sehingga dapat meningkatkan hasil belajar pada mata pelajaran PPKn.Permasalahan dalam penelitian ini rendahnya hasil belajar siswa kelas V pada mata pelajaran PPKn materi organisasi di lingkungan sekolah dan masyarakat. Tujuan penelitian ini untuk mencapai ketuntasan belajar serta dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran PPKn kelas V materi organisasi di sekolah dan masyarakat. Subyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V semester II SDN 2 Watuaji tahun pelajaran 2021/2022 yang berjumlah 18 siswa yang terdiri dari 10 siswa laki-laki dan  siswa perempuan. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar siswa baik secara individu maupun secara klasikal dalam pembelajaran PPKn. Kegiatan pembelajaran Kooperative Tipe Jigsaw dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SDN 2 Watuaji Kecamatan Keling Kabupaten Jepara yang ditunjukkan dengan hasil perolehan nilai dari rata-rata siklus I 66,67 dan siklus II 81,39.

Keywords

Hasil belajar jigsaw

Article Details

References

  1. Budiutomo, T. Pendidikan Kewarganegaraan Dalam Membentuk Karakter Bangsa. Academy Of Education Journal, 4(1), 2013.
  2. Handayani, Hani. Pengaruh Implementasi Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Terhadap kemampuan Berfikir Kritis Matematis Siswa Sekolah Dasar, Jurnal PENDAS Volume V Nomer 1 Tahun 2020
  3. Hidayati, Fidafatul, and Fitria Martanti. "Implementasi Program Gerakan Literasi Sekolah Pada Tahap Pembiasaan Membaca." MAGISTRA: Media Pengembangan Ilmu Pendidikan Dasar dan Keislaman 11.1 (2020): 68-92.
  4. Martanti, Fitria. "Penanaman Nilai-Nilai Kejujuran melalui Media Kantin Kejujuran di Pondok Pesantren Al Hikmah Semarang." Sosio Dialektika 2.1 (2017).
  5. Martanti, Fitria. "Metode Struktural Analitik Sintetik Dalam Pembelajaran Anak Disleksia." Al-Bidayah: jurnal pendidikan dasar Islam 10.1 (2018): 17-28.
  6. Nono, G. U., Hermuttaqien, B. P. F., & Wadu, L. B. (2019). Hubungan Mata Pelajaran PPKn Terhadap Peningkatan Karakter Siswa. Jurnal Moral Kemasyarakatan, 3(2), 52–56.
  7. Pertiwi, Dwi Amalia, Nurfatimah, Siti Aisyah, Dewi, Dinie Anggraeni, Furnamasari, Yayang, Implementasi Nilai Pendidikan Karakter Dalam Mata Pelajaran PKn di Sekolah Dasar, Jurnal Basicedu Volume 5 Nomer 5 tahun 2021
  8. Santosa, Donald Samuel Slamet, Dampak Implementasi Metode Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw di Sekolah Dasar, Jurnal Pendidikan Dasar Perkhasa, Volume 3 Nomer 2 Tahun 2017
  9. Seno, D. (2016). Implementasi Pendidikan Karakter Dalam Pembelajaran Pkn Kelas Ii Sd Gugus Larasati Kota Semarang. Semarang: Universitas Negeri Semarang.
  10. Shoimin, Aris. 2014. 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013.
  11. Yogyakarta: Ar-ruzz Media.
  12. Syam, N. Peningkatan Kualitas Pembelajaran PKn Di Sekolah Dasar Melalui Model Pengajaran Bermain Peran. Jurnal Perspektif Ilmu Pendidikan, 24(3), 2011
  13. Trisdiono, Harli, Zuwanti, Istutik. Strategi Implementasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Di Kelas IV Sekolah Dasar, Jurnal Premiere Education, Universitas PGRI Madiun Volume 7 Nomer 2 tahun 2017