Main Article Content

Abstract

Pengembangan kecerdasan spiritual pada anak tunagrahita ringan dilakukan dalam upaya meningkatkan spiritualitas dan keimanan kepada Allah. Maka perlu dilakukan dalam berbagai cara dan media salah satunya melalui permainan tebak gambar. Tujuan dalam artikel ini adalah unutuk mengkaji mengenai implementasi pengembangan kecerdasan spiritual melalui permainan tebak gambar pada anak tunagrahita ringan tingkat Sekolah Dasar Luar Biasa di SLB Budi Asih Gombong. Jenis penelitian ini merupakan jenis penelitian lapangan dengan pendekatan kualitif-deskriptif, teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi, dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa pengembangan kecerdasan spiritual pada anak tunagrahita ringan, mengalami peningkatan karena penggunaan media tebak gambar yang maksimal sebagai alat pembelajarannya. Maka, sesuai tujuan penelitian bahwa media gambar membawa materi yang diajarkan mudah diterima dan dapat dipahami oleh anak tunagrahita ringan.

Keywords

Kecerdasan Spiritual Anak Tunagrahita Ringan Permainan Tebak Gambar

Article Details

Author Biography

fairuz zulfa adinda, Universitas Muhammadiyah Purwokerto

Universitas Muhammadiyah Purwokerto

References

  1. Fadilah, Aufa Abida Ahmad, and Darodjat Darodjat. “Kreativitas Guru PAI Dalam Penggunaan Media Pembelajaran Di SMK Negeri 1 Purwokerto.†Alhamra Jurnal Studi Islam 1, no. 2 (2021): 104. https://doi.org/10.30595/ajsi.v1i2.10127.
  2. Gustiansyah, Kasna, Nur Maulidatis Sholihah, and Wardatuz Sobri. “Pentingnya Penyusunan RPP Untuk Meningkatkan Keaktifan Siswa Dalam Belajar Mengajar Di Kelas.†Idarotuna : Journal of Administrative Science 1, no. 2 (2021): 81–94. https://doi.org/10.54471/idarotuna.v1i2.10.
  3. Hardani, Nur Hikmatul Auliya, Helmina Andriani, and Dkk. Metode Penelitian Kualitatif & Kuantitatif. Edited by Husni Abadi. Pertama. Yogyakarta: Pustaka Ilmu, 2020.
  4. Hotimah, Nur, and Yanto Yanto. “Peran Orang Tua Dalam Meningkatkan Kecerdasan Spiritual Anak Usia Dini.†Indonesian Journal of Learning Education and Counseling 1, no. 2 (2019): 85–93. https://doi.org/10.31960/ijolec.v1i2.66.
  5. Husna, Faiqatul, Nur Rohim Yunus, and Andri Gunawan. “Hak Mendapatkan Pendidikan Bagi Anak Berkebutuhan Khusus Dalam Dimensi Politik Hukum Pendidikan.†SALAM: Jurnal Sosial Dan Budaya Syar-I 6, no. 2 (2019): 207–22. https://doi.org/10.15408/sjsbs.v6i1.10454.
  6. Islam, Jurnal Pendidikan. “Implementasi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Bagi Siswa Berkebutuhan Khusus (Studi Kasus : SlB ‘Aisyiyah Tembung).†Al-Ulum: Jurnal Pendidikan Islam 1, no. 2 (2020): 93–103. https://doi.org/10.56114/al-ulum.v1i2.49.
  7. Muhammad, Aziz Ramdan. “Peranan Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Meningkatkan Kecerdasan Spiritual Siswa.†Peranan Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Meningkatkan Kecerdasan Spiritual Siswa 5 (2021): 1–10.
  8. Mutakalim. “Integrasi Sikap Spiritual Dan Sikap Sosial Dalam Pendidikan Islam.†AL-ISHLAH Jurnal Pendidikan Islam 18, no. 2 (2020): 211–31.
  9. Potensia, Jurnal Ilmiah. “Accepted: January 31†5, no. 1 (2020): 8–15.
  10. Rahmayanti, Ismi. “Guru PAI Dan Kecerdasan Spiritual Anak Tunagrahita.†IQ (Ilmu Al-Qur’an): Jurnal Pendidikan Islam 1, no. 01 (2018): 17–37. https://doi.org/10.37542/iq.v1i01.4.
  11. Rosyida Nurul Anwar, Zaenullah. “Perencanaan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Pada Anak Berkebutuhan Khusus.†Jurnal CARE 6, no. 1 (2019): 47–57. https://core.ac.uk/download/pdf/229499766.pdf.
  12. Ruli, Efrianus. “Tugas Dan Peran Orang Tua Dalam Mendidk Anak.†Jurnal Edukasi Nonformal vol.1, no. No.1 (2020): hlm.145.
  13. Sugiono. No Title METODE PENELITIAN (Pendekatan Kualitatif, Pendekatan Kualitatif, Dan R&D). Cetakan ke. Bandung: Alfabeta, 2011.
  14. Sukring, Sukring. “Konsep Kecerdasan Emosional Dan Spiritual Dalam Tinjauan Al-Quran Dan Hadits.†Al-Liqo: Jurnal Pendidikan Islam 7, no. 1 (2022): 15–39. https://doi.org/10.46963/alliqo.v7i1.502.
  15. Zulaikhah, Dinda, Akhmad Sirojuddin, and Andika Aprilianto. “Analisis Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Kurikulum 2013 Bagi Anak Berkebutuhan Khusus.†Tafkir: Interdisciplinary Journal of Islamic Education 1, no. 1 (2021): 54–71. https://doi.org/10.31538/tijie.v1i1.6.