Main Article Content

Abstract

Media pembelajaran adalah bagian penting pelaksanaan pembelajaran. Namun pada kenyataannya, masih sedikit guru yang menggunakan karena keterbatasan kemampuan membuat media yang mudah, cepat, menarik dan interaktif. Oleh karena penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan lingkungan belajar yang interaktif siap pakai, mudah dipelajari dan digunakan untuk pembelajaran individu di sekolah. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan,dengan model pengembangan ADDIE, yang terdiri dari lima fase: Analisis (Analysis), Desain (Design), Pengembangan (Development), Implementation (Implementasi), dan Evaluation (Evaluasi). Instrumen penelitian yang digunakan dalam pengumpulan data melalui google form yang di sebar melalui forum guru kelas 6 di gugus Ki Hajar Dewantara.  Didapatkan hasil bahwa penggunaan media pembelajaran sebesar 94%, penggunaan media powerpoint sebesar 45,5%, dan tanggapan positif dalam pembelajaran IPA sebesar 81,3 Berdasarkan hasil analisis ini menunjukkan bahwa pengembangan media pembelajaran berbasis IT dimungkinkan untuk digunakan, dikembangkan dalam kegiatan pembelajaran pelajaran IPA untuk siswa sekolah dasar.

Keywords

media pembelajaran powerpoint interaktif pengembangan teknologi

Article Details

Author Biography

Sayidi Sayidi Sayidi, SD Negeri Cokro

SD N Cokro

References

  1. Agustina, D., Suyatna, A., & Suyanto, E. (2017). Perbandingan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Media Gambar Bergerak Dengan Gambar Diam. Jurnal Pembelajaran Fisika, 5(3).
  2. Apriani, A. N., & Wangid, M. N. (2015). The effect of thematic-integrative SSP on the character of discipline and responsibility of third grade elementary school students. Journal Prima Edukasia, 3(1), 12-25.
  3. Kemendikbud. (2013). Kerangka Dasar dan Struktur Kurikulum 2013.Jakarta:Kemendikbud
  4. Priansa, D. J. (2017). Pengembangan Strategi Dan Model Pembelajaran: Inovatif, Kreatif, dan prestatif dalam memahami peserta didik
  5. Sakti, I. ( 2013). Pengaruh Media Animasi Fisika dalam Model Pembelajaran Langsung terhadap Minat Belajar 1(1), 493- 498