Main Article Content

Abstract

Matematika adalah suatu ilmu yang mengajarkan disiplin sehingga siswa dapat meningkatkan cara beragumen dan berfikir, serta berkonstribusi pada penyelesaian permasalahan kehidupan sehari-hari serta memberikan dukungan pengembangan ilmu pengetahuan & teknologi. Penelitian ini memiliki tujuan yaitu memberikan acuan kepada guru agar dapat memberikan pembelajaran dengan muatan kemampuan siswa untuk menyelesaikan pemecahan matematis pada anak SD kelas IV sekolah dasar. penelitian ini mengunakan pendekatan deskriptif kualitatif  Responden Penelitian ini berjumlah 3 siswa sekolah dasar kelas IV. Pengumpulan data ini menggunakan teknik wawancara dengan peserta didik yang kesulitan terhadap soal cerita matematika dan mudah menjawab soal cerita matematika.  Hasil penelitian memperlihatkan beberapa kesulitan pemecahan matematis pada anak SD kelas IV pada materi soal cerita matematika Berdasarkan hasil data analisis penelitian ini anak usia SD memiliki kendala : 1). Kesalahan dalam membuat rumus matematika dan memaknai bahasa, ini karena penalaran matematis siswa masih rendah. 2). Anak melakukan kesalahan pada saat merencanakan pemecahan masalah dalam mengaitkan konsep satu dengan lainya, ini karena adanya pemikiran humanistic. 3). Anak tidak tepat dalam mengaplikasikan rumus matematika dalam pelaksanaan rencana pemecahan masalah, ini disebabkan pemikiran humanistic dan penalaran (reasoning) anak kurang tepat. Dalam penelitian ini diharapkan dapat menjadi acuan dan cara pandang guru yang mengalami kesulitan dalam mengatasi siswa yang kesulitan belajar soal cerita matematika pada anak SD kelas IV

Keywords

analisis pemecahan masalah soal cerita matematika.

Article Details

Author Biographies

Dhea Rizqkhita Hijrilliawanni, UNIVERSITAS MURIA KUDUS

Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

Pendidikan Guru Sekolah Dasar

Septian Zuhri Kuncoro, UNIVERSITAS MURIA KUDUS

Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

Pendidikan Guru Sekolah Dasar

Septiyani Zahrotun Nihmah, UNIVERSITAS MURIA KUDUS

Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

Pendidikan Guru Sekolah Dasar

Lovika Ardana Riswari, UNIVERSITAS MURIA KUDUS

Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

Pendidikan Guru Sekolah Dasar

References

  1. Aam Amaliyah, Luthfia Nur Maulida, Nabilah Dwi Safitri, Ratri Hersita Dewi, S. W. S. Analisis Kesulitan Belajar Matematika Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Di Kelas Iv Sekolah Dasar Negeri Pakujaya 02. A L S Y S Jurnal, 2, (2022): 410–419.
  2. Badriyah, N., Sukamto, S., & Eka Subekti, E. Analisis Kesulitan Belajar Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Matematika Pada Materi Pecahan Kelas III SDN Lamper Tengah 02.Pedagogik:Jurnal Pendidikan, 15(1), (2020): 10–15. https://doi.org/10.33084/pedagogik.v15i1.1279
  3. Dwidarti, U., Mampouw, H. L., & Setyadi, D. Analisis Kesulitan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita pada Materi Himpunan. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 3(2), (2019): 315–322. https://doi.org/10.31004/cendekia.v3i2.110
  4. Faznur, L. S., Khaerunnisa, Lutfi, & Rohim, A. Analisis Kesulitan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita Matematika Materi Bilangan Bulat dalam Pembelajaran Daring. Prosiding Seminar Nasional Penelitian LPPM UMJ, (2020): 1–7.
  5. Gentala, J., & Dasar, P. Analisis Kesulitan Siswa Kelas II Sekolah Dasar dalam Menyelesaikan Soal Pemecahan. Jurnal Gentala Pendidikan Dasar, 5(2)(2), (2020): 183–190.
  6. Halimah, N., & Prihastari, E. B. Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Pada Soal Cerita Matematika Di Sd N Banyuanyar 3 Surakarta. 4(1), (2021): 9–18.
  7. Julia Intan Permatasari, Husni Wakhyudin, & Fajar Cahyadi. Analisis Kesulitan Siswa Dalam Proses Pemecahan Masalah soal cerita bilangan pecahan kelas V SD Negeri Karangtempel Semarang. Inventa, 5(2), (2021): 261–268. https://doi.org/10.36456/inventa.5.2.a2653
  8. Kurniawan, H., Oktavianti, I., Lovika, D., & Riswari, A.. Penyebab Kesulitan Dalam Belajar Siswa Di Desa Bendan Pete Pada Masa Pandemi Covid-19. (2022)
  9. Pratiwi, M. F., Budiman, M. A., & Cahyadi, F. Analisis Kesulitan Belajar Siswa Dalam Memecahkan Masalah Matematika Materi Operasi Hitung Pecahan Kelas V Sd Negeri Cepagan 01 Batang. Js (Jurnal Sekolah), 4(3), (2020): 267. https://doi.org/10.24114/js.v4i3.18940
  10. Putri, A. L., Yulistio, D., & Utomo, P. Kemampuan Menulis Teks Laporan Hasil Observasi Pada Siswa Kelas X Smk Negeri 3 Seluma. Jurnal Ilmiah KORPUS, 5(1), (2021): 45–51. https://doi.org/10.33369/jik.v5i1.13449
  11. Rahmatiya, R., & Miatun, A. Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Ditinjau Dari Resiliensi Matematis Siswa Smp. Teorema: Teori Dan Riset Matematika, 5(2), (2020): 187. https://doi.org/10.25157/teorema.v5i2.3619
  12. Saffitri, S., Kuswdyanarko, A., & Lian, B. JOTE Volume 4 Nomor 2 Tahun 2022 Halaman 347-355 JOURNAL ON TEACHER EDUCATION Research & Learning in Faculty of Education Analisis Kesulitan Belajar Siswa Pada Pembelajaran Matematika Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Di SD Negeri 95 Palembang. 4, (2022): 347–355.
  13. Safitri, F. A., Sugiarti, T., & Hutam, F. S. Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita Bangun Datar Berdasarkan Newman’s Error Analysis (NEA). Jurnal Profesi Keguruan, 5(1), (2019): 15–22.
  14. Suardi, S., EL Hakim, L., & Aziz, T. A. Kesalahan-Kesalahan Siswa pada Materi Pecahan. Griya Journal of Mathematics Education and Application, 2(2), (2022): 418–428. https://doi.org/10.29303/griya.v2i2.201
  15. Unaenah1, E., Ardelia2, E., Ristiana3, Anggestin4, T., Ulfi5, N., Khoiriyah6, S., & Sapitri Awaliah7. Analisis Kesulitan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Pada Materi Pengukuran Panjang Di Kelas Iv. Ejournal, 2(1), (2020): 83–89.