Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan numerasi siswa kelas I pada mata pelajaran Matematika materi penjumlahan dan pengurangan menggunakan model pembelajaran Talking Stick berbantuan media pembelajaran wordwall. Metode penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas yang dikemukakan oleh Kemmis dan Mc. Tangart. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas I SD 6 Tanjungrejo tahun pelajaran 2022/2023 yang berjumlah 28 siswa yang terdiri 10 siswa laki-laki dan 18 siswa perempuan. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini dilakukan dengan tes dan non tes dengan instrumen penelitian berupa tes tertulis, lembar wawancara dan hasil dokumentasi. Data diperoleh, dianalisis, dan direfleksikan dengan menggunakan teknik analisis data kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan kemampuan numerasi siswa yang dibuktikan dengan data awal siswa yang lulus hanya 12 siswa dari 28 siswa atau 43% saja. Kemudian pada siklus I siswa yang lulus meningkat yaitu sebanyak 22 siswa dari 28 siswa atau 78,57%. Selanjutnya pada siklus ke II siswa yang lulus meningkat menjadi 27 siswa dari 28 siswa atau 96,42%. Penelitian ini berhasil meningkatkan kemampuan numerasi siswa kelas I melalui model pembelajaran Talking Stick berbantuan media pembelajaran wordwall.
Keywords
Article Details
References
- Ermawati, D., Riswari, L. A., & Wijayanti, E. Pendampingan Pembuatan Aplikasi MAT JOYO (Mathematics Joyful Education) bagi Guru SDN 1 Gemiring Kidul. Jurnal SOLMA, 11(3), (2022): 510-514.
- Ermawati, Diana dan Lovika Ardana Riswari. Sumber dan Media Pembelajaran di SD. Kudus: Universitas Muria Kudus. (2022)
- FITRIA, M., & Fitriana, D. Penggunaan Metode Talking Stick Untuk Meningkatkan Kampuan Hands-On Siswa pada Materi Bangun Ruang di MI Islamiyah Dinoyo Terdepan Lamongan. ELEMENTARY: Islamic Teacher Journal, 7(2), (2019): 231-250.
- Han, W., dkk. Materi Pendukung Literasi Numerasi. Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan. (2017)
- Hartatik, S. & Nafiah. Kemampuan Numerasi Mahasiswa Pendidikan Profesi Guru Sekolah Dasar dalam Menyelesaikan Masalah Matematika.Education and Human Development Journal.5 (1), . (2020): 32-42.
- Mualimin, M., & Cahyadi, R. A. H. Penelitian Tindakan Kelas Teori dan Praktik. Universitas Muhammadiyah Sidoarjo. (2014).
- Mujiburrahman, M., Kartiani, B. S., & Parhanuddin, L. ASESMEN PEMBELAJARAN SEKOLAH DASAR DALAM KURIKULUM MERDEKA. Pena Anda: Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar, 1(1), (2023): 39-48.
- Martanti, Fitria. "Penanaman Nilai-Nilai Kejujuran melalui Media Kantin Kejujuran di Pondok Pesantren Al Hikmah Semarang." Sosio Dialektika 2.1 (2017).
- OECD. PISA Results: What Students Know and Can Do StudentPerformancein Mathematics, Reading and Science. Volume I. Paris: OECD Publishing. (2014).
- Permatasari, K. G. Problematika pembelajaran matematika di sekolah dasar/madrasah ibtidaiyah. Jurnal Pedagogy, 14(2), (2021): 68-84.
- Rosdiani, R., Nasir, M., & Nurfathurrahmah, N. Penerapan Model Pembelajaran Talking Stick Untuk Meningkatkan Aktivitas Bertanya Siswa Kelas VIII SMPN 2 Donggo Tahun Pelajaran 2021/2022. JUPEIS: Jurnal Pendidikan dan Ilmu Sosial, 1(1), (2022): 8-11.
- Setiyana, T., Ismaya, E. A., & Ermawati, D. Media Kartu Dengan Kearifan Lokal Gusjigang Untuk Pembelajaran Bahasa Inggris Siswa Kelas IV SD. Educatio, 18(1), (2023): 118-128.
- Supriyono, S. Pentingnya Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa Sd. Edustream: Jurnal Pendidikan Dasar, 2(1), (2018): 43-48.
- Taufiq, A. Hakikat Pendidikan di Sekolah Dasar. Pendidikan Anak Di SD (p. 1.3). Jakarta: Universitas Terbuka. (2014). Retrieved from http://www. pustaka. ut. ac. id/lib/wp-content/uploads/pdfmk/PDGK4403-M1. pdf.
- THEF, A. Penggunaan Alat Peraga Potongan Lidi pada Mata Pelajaran Matematika Materi Penjumlahan dan Pengurangan Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas I SDK Puubheto. Jurnal Literasi: Pendidikan dan Humaniora, 7(1), (2022): 7-11.
- Winata, A., Widiyanti, I. S. R., & Cacik, S. Analisis kemampuan numerasi dalam pengembangan soal asesmen kemampuan minimal pada siswa kelas XI SMA untuk menyelesaikan permasalahan science. Jurnal Educatio Fkip Unma, 7(2), (2021): 498-508.
References
Ermawati, D., Riswari, L. A., & Wijayanti, E. Pendampingan Pembuatan Aplikasi MAT JOYO (Mathematics Joyful Education) bagi Guru SDN 1 Gemiring Kidul. Jurnal SOLMA, 11(3), (2022): 510-514.
Ermawati, Diana dan Lovika Ardana Riswari. Sumber dan Media Pembelajaran di SD. Kudus: Universitas Muria Kudus. (2022)
FITRIA, M., & Fitriana, D. Penggunaan Metode Talking Stick Untuk Meningkatkan Kampuan Hands-On Siswa pada Materi Bangun Ruang di MI Islamiyah Dinoyo Terdepan Lamongan. ELEMENTARY: Islamic Teacher Journal, 7(2), (2019): 231-250.
Han, W., dkk. Materi Pendukung Literasi Numerasi. Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan. (2017)
Hartatik, S. & Nafiah. Kemampuan Numerasi Mahasiswa Pendidikan Profesi Guru Sekolah Dasar dalam Menyelesaikan Masalah Matematika.Education and Human Development Journal.5 (1), . (2020): 32-42.
Mualimin, M., & Cahyadi, R. A. H. Penelitian Tindakan Kelas Teori dan Praktik. Universitas Muhammadiyah Sidoarjo. (2014).
Mujiburrahman, M., Kartiani, B. S., & Parhanuddin, L. ASESMEN PEMBELAJARAN SEKOLAH DASAR DALAM KURIKULUM MERDEKA. Pena Anda: Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar, 1(1), (2023): 39-48.
Martanti, Fitria. "Penanaman Nilai-Nilai Kejujuran melalui Media Kantin Kejujuran di Pondok Pesantren Al Hikmah Semarang." Sosio Dialektika 2.1 (2017).
OECD. PISA Results: What Students Know and Can Do StudentPerformancein Mathematics, Reading and Science. Volume I. Paris: OECD Publishing. (2014).
Permatasari, K. G. Problematika pembelajaran matematika di sekolah dasar/madrasah ibtidaiyah. Jurnal Pedagogy, 14(2), (2021): 68-84.
Rosdiani, R., Nasir, M., & Nurfathurrahmah, N. Penerapan Model Pembelajaran Talking Stick Untuk Meningkatkan Aktivitas Bertanya Siswa Kelas VIII SMPN 2 Donggo Tahun Pelajaran 2021/2022. JUPEIS: Jurnal Pendidikan dan Ilmu Sosial, 1(1), (2022): 8-11.
Setiyana, T., Ismaya, E. A., & Ermawati, D. Media Kartu Dengan Kearifan Lokal Gusjigang Untuk Pembelajaran Bahasa Inggris Siswa Kelas IV SD. Educatio, 18(1), (2023): 118-128.
Supriyono, S. Pentingnya Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa Sd. Edustream: Jurnal Pendidikan Dasar, 2(1), (2018): 43-48.
Taufiq, A. Hakikat Pendidikan di Sekolah Dasar. Pendidikan Anak Di SD (p. 1.3). Jakarta: Universitas Terbuka. (2014). Retrieved from http://www. pustaka. ut. ac. id/lib/wp-content/uploads/pdfmk/PDGK4403-M1. pdf.
THEF, A. Penggunaan Alat Peraga Potongan Lidi pada Mata Pelajaran Matematika Materi Penjumlahan dan Pengurangan Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas I SDK Puubheto. Jurnal Literasi: Pendidikan dan Humaniora, 7(1), (2022): 7-11.
Winata, A., Widiyanti, I. S. R., & Cacik, S. Analisis kemampuan numerasi dalam pengembangan soal asesmen kemampuan minimal pada siswa kelas XI SMA untuk menyelesaikan permasalahan science. Jurnal Educatio Fkip Unma, 7(2), (2021): 498-508.