Main Article Content

Abstract

Pragmatisme merupakan solusi masyarakat Amerika yang akhirnya diadopsi oleh khalayak dunia dalam menghadapi problem materialisme sebagai ekses dari filsafat realisme yang berlebihan. Dengan memahami pemikirantersebut menciptakan perubahan yang luar biasa dalam kehidupan bermasyarakat dalam memahami sebuah realitas, pengetahuan, nilai maupun untuk memprosesnya melalui pen-didikan. Analisis dan kontribusi pragmatisme terhadap pendidikan tampaklah dalam impli-kasinya, diantaranya: (a) Pada tujuan pendidikan, memberikan pengalaman untuk penemuan hal-hal baru dalam hidup sosial dan pribadi. (b) Kedudukan siswa, sebagai suatu organisme yang memiliki kemampuan yang luar biasa dan kompleks untuk tumbuh. (c) Kurikulum, berisi pengalaman yangteruji yang dapat berubah. Minat dan kebutuhan siswa yang dibawa di sekolah dapat menentukan kurikulum. Menghilangkan perbedaan antara pendidikan liberal dengan pendidikan praktis atau jabatan. (d) Metode, memunculkan metode aktif yaitu   learning by doing (belajar sambil bekerja) dan  problem solving. (e) Peran guru untuk mengawasi dan mem-bimbing pengalaman belajar siswa, tanpa mengganggu minat dan kebutuhannya.
Kata Kunci:kontribusi, filsafat pragmatisme, pendidikan

Article Details

References

  1. DAFTAR PUSTAKA
  2. Arifin, Muzayyin, Prof. H., Med., Filsafat Pendidikan Islam, (Edisi Revisi), Jakarta: Bumi
  3. Aksara, 2003.
  4. Barnadib, Imam, Prof. Dr., Ke Arah Perspektif Baru Pendidikan, Jakarta: Depdikbud Dirjen
  5. Dikti PPLPTK, 1988.
  6. Beane, JA, Toepfer, CF.Jr, & Alessi, SJ. Jr, Curriculum Planning and Development, London:
  7. Allyn and Bacon Inc., 1994.
  8. Ditalia, Piazza, Curriculum Development in The Postmodern Era , USA: Patrick Slattery,
  9. Dunn, SG., Philosophical Foundation of Education (Connecting Philosophy to Theory and
  10. Practice) , New Jersey: Columbus, Pearson Merril Prentice Hall Upper Saddle River,
  11. Kneller, G.F., Introduction to The Philosophy of Education (Second Edition), Canada, John
  12. Wiley & Sons Inc., 1971.
  13. Miller, JP dan Seller, Wayne, Curriculum Perspectives and Practice, New York & London:
  14. Longman, 1985.
  15. Print, M., Curriculum Development and Design (Second Edition), Australia: Allen & Unwin
  16. Pty Ltd., 1993.
  17. Sadulloh, Uyoh, Drs. M.Pd, Pengantar Filsafat Pendidikan, Bandung: Alfabeta, 2004.
  18. Sukmadinata, N.S, Prof. Dr.,M.Sc., Pengembangan Kurikulum Teori dan Praktek, Bandung:
  19. Remaja Rosda Karya, 2005.
  20. Titus, H.H, Smith, M.S, dan Nolan, R.T., Persoalan-persoalan Filsafat, alih bahasa (HM
  21. Rosjidi), Jakarta: Bulan Bintang, 1984.
  22. Yulaelawati, E, Kurikulum dan Pembelajaran: Filosofi Teori dan Aplikasi, Bandung: Pakar
  23. Raya, 2004.