Main Article Content

Abstract

Abstrak
Anak memiliki kecenderungan bakat dan minat tertentu, namun hendaknya orang tua tetap mengarahkan anak ke jalan yang benar menurut agama, karena dunia hanya tempat singgah sementara, ada kampung akhiratyang lebih abadi untuk ditinggali, kendatipun demikian manusia tidak bolehmelupakan nasibnya di dunia (QS. al-Qashash [28]: 77). Maka kewajiban orang tua menyiapkan anak untuk memiliki bekal menjadi manusia yang bermutu sesuai dengan kualifikasi mutu yang diminta dunia dan akhirat. Karena jika manusia ingin bahagia dunia akhirat hendak-lah ia menguasai ilmu mengenai keduanya. kreativitas bukanlah sesuatu yang  given, melainkan harus diupayakan untuk memilikinya, ada proses belajar yang harus dilewati, ada pengetahuan yang harus dikuasai sebagai basicdari kreativitas itu, juga kreativitas membutuhkankemauan/ desire. Kreativitas timbul sebagai usaha memahami dan men gatasi kesenjangan/ kesulitan hidup. Kreativitas berfungsi ketika manusia bertingkah laku berevolusi, menyesuaikan diri terhadap perubahan alam. Berarti dibutuhkan  will dalam mem-bangun kreativitas. Bisa dipahami juga bahwa kreativitas hanya bisa dimiliki oleh mereka yang mempunyai curiosity. Curiosityitu yang menjadi pendorong untuk bisa melakukan sesuatu demi mengatasi kondisi tertentu.
Kata Kunci:membangun, kreativitas anak, kognisi, agama

Article Details

References

  1. DAFTAR PUSTAKA
  2. Alisyahbana, S. Takdir, (ed.) Kreativitas; Kumpulan Makalah Simposium Kreativitas
  3. Akademi Jakarta, Jakarta: PT. Dian Rakyat, 1983.
  4. Arieti, Silvano, Creativity, New York: Basic Books, 1986.
  5. Asrori, Mohammad, Mohammad Ali, Psikologi Remaja: Perkembangan Peserta Didik,
  6. Jakarta: Penerbit Bina Aksara, 2005.
  7. Asy'arie, Musya, Manusia Pembentuk Kebudayaan dalam al-Qur'an, Lembaga Studi Filsafat
  8. Islam, 1992.
  9. Barron, R. and R. Woods, An Introduction to Philosophy of Education, London: Methuen,
  10. Bybee R.W. and R.B. Sund, Piaget for Educators, Ohio: Charles E. Merril, 1982.
  11. Clark B., Growing Up Gifted, Ohio: A Bell and Howell Information Company, 1983.
  12. Darajat, Zakiah, Ilmu Jiwa Agama, Jakarta: Bulan Bintang, 1970.
  13. __________, Kesehatan Mental, Jakarta: Penerbit Kwitang, 1996.
  14. FJ. Monks, AMP Knoers, Siti Rahayu Haditono, Psikologi Perkembangan: Pengantar dalam
  15. Berbagai Bidangnya, Yogyakarta: Gajah Mada University Press, 2004.
  16. http://adesuryana.blogspot.com/2009/02/sejarah-sepeda.html
  17. http://www.bobby-bola.com/info%20ortu.htm, Info Orang Tua
  18. Hurlock, Elizabeth, Child Development, Mc Graw Hill, 1978, 6th ed
  19. Husni, Dzaatil, Diktat Ajar Psikologi Perkembangan, Untuk internal STAI Darunnajah,
  20. Jakarta, 2009.
  21. Husni, Dzaatil, Diktat Ajar Psikologi Umum, Untuk internal STAI Darunnajah, Jakarta, 2009.
  22. Jalaluddin, Psikologi Agama, Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2007.
  23. Jung, Carl Gustav, Modern Man in Search of a Soul, New York: Harcourt Brace & World,
  24. Khalli al, Amal Abdussalam, Mengembangkan Kreativitas Anak, (Terj. Hj. Umma Farida
  25. Lc.), Jakarta: Pustaka Al Kautsar, 2006.
  26. Kartono, Kartini, Psikologi Perkembangan Anak, Jakarta: CV Mandar Maju, 1995.
  27. Koestler, Arthur, The Act of Creation, New York: Dell, 1984.
  28. Kubie, L. Neurotic Distortion of the Creative Process, University of Kansas Press, 1980.
  29. Maslow, Abraham, Motivation and Personality New York: Harper, 1945.
  30. Dzatil Husni Membangun Kreativitas Anak dari Segi Kognisi dan Agama
  31. Volume 4 Volume 4 Nomor 1— Maret 2013
  32. Mc Cormak, A.J. Piagetian Theory and the Development of Creative Thinking, Ohio: Charles
  33. E. Merril, 1982.
  34. Munandar, Utami, Mengembangkan Bakat dan Kreativitas Anak Sekolah, Jakarta:
  35. Gramedia Widiasarana Indonesia, 1992.
  36. Newman & Newman, Development Through Life: a Psychosocial Approach, Illinois: The
  37. Dersey Press, 1979.
  38. Noi, Tay Swee and Peter J. Smith, Managing Stress: Guide To Asian Living, Tokyo: Mr. Grow
  39. Hill Inc, 1990.
  40. Peavy, Vance, Therapy and Creativity: A Dialogue, New York: Basic Books, 1989.
  41. Qombar, Mahmud, Dirasat Turatsiyyah fi al-Tarbiyah al-Islamiyah, Qatar: Dar al-Tsaqofah,
  42. H/1985M.
  43. Shihab, Quraish, Wawasan al-Quran, Bandung: Mizan, 1996.
  44. __________, Tafsir Al Mishbah: Pesan, Kesan dan Keserasian Al-Qur’an, Jakarta: Lentera Hati,
  45. Syah, Muhibbin, Psikologi Pendidikan; Suatu Pendekatan Baru, Bandung: Remaja
  46. Rosdakarya, 1995.
  47. Torrance, E. P., The Faces and Forms of Creativity, Buffalo: Creative Educational
  48. Foundation, 1981.
  49. Wilcox, Lynn, Personality Psychotherapy, (terj.) Yogyakarta: Ircisod, 2006.
  50. Yusuf, Syamsu LN, Psikologi Perkembangan Anak dan Remaja, Jakarta: . Rosda Karya,