Main Article Content

Abstract

Penelitian ini berlatar belakang dari kurangnya pemahaman konsep siswa pada pembelajaran tema yang dibuktikan dari hasil wawancara dan observasi dengan data nilai ulangan harian memperoleh presentase ketidaktuntasan 56% muatan Matematika dan 50% pada muatan Bahasa Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan pemahaman konsep dengan menerapkan media pembelajaran Patatik  (Papan Pintar Tematik) pada materi sudut dan simbol siswa kelas III SD. Media Patatik merupakan media Papan Pintar Tematik yang digunakan untuk pembelajaran tema khususnya muatan Matematika dan Bahasa Indonesia. Pemahaman konsep merupakan kemampuan memahami materi untuk diungkapkan kembali dalam bentuk lainnya. PTK ini dilaksanakan di kelas III SDN Sumberjo dengan subjek penelitian 18 siswa. Penelitian ini berlangsung selama 2 siklus yang terdiri dari 2 pertemuan setiap siklusnya dengan tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Instrumen yang digunakan yaitu lembar observasi, pedoman wawancara, dan tes pemahaman konsep. Uji validitas yang digunakan adalah validitas isi. Teknik pengumpulan data adalah tes, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan analisis data kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan peningkatan pemahaman konsep siswa pada siklus I memperoleh presentase klasikal sebesar 61% dengan kategori cukup kemudian mengalami peningkatan pada siklus II memperoleh presentase klasikal sebesar 83% dengan kategori baik.

Keywords

Pemahaman Konsep Sudut dan Simbol Media Patatik

Article Details

References

  1. Ali, Muhammad. “Pembelajaran Bahasa Indonesia Dan Sastra (Basastra) Di Sekolah Dasar†3, no. 1 (2020).
  2. Ermawati, Diana, and Nova Amalia. “The Effect Of Mat Joyo Application On Students Understanding of Mathematical Concepts Fifth Grade Elementary School.†JPSD 9, no. 1 (2023): 12–22.
  3. Ermawati, Diana, Della Ayu, Wahyu Amaruddin, Liftiya Ayu, and Cynthia Carla Ika. “Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Bilangan Desimal Melalui Strategi Later U Pada Siswa Kelas 5 SD N 3 PIJI†2, no. 3 (2023): 400–404.
  4. Ermawati, Diana, Irsyad Fardani, Dika Nurunnaja, Mah Aulia Ulfatun Ni, and Devina Dwi Astuti. “Analisis Kemampuan Menyelesaikan Masalah Matematis Pada Materi Pecahan Di Kelas IV SD.†Theorems X (2023): 161–72.
  5. Harefa, Darmawan, Murnihati Sarumaha, Amaano Fau, Tatema Telambanua, and Fatolosa Hulu. “Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Belajar Siswa†08, no. January (2022): 325–32.
  6. Kironoratri, Lintang. “Komik Berbasis Pendidikan Karakter Sebagai Media Pembelajaran Memproduksi Teks Cerpen.†Jurnal Pendidikan Dasar, 2020, 8–11.
  7. Lestari, Dina, Ika Candra Sayekti, and Siti Khanifah. “Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Media Ular Tangga Materi Jenis Sudut Kelas 3 SDN 3 Temboro.†Educatif Journal of Education Research 4, no. 3 (2022): 132–38. https://doi.org/10.36654/educatif.v4i3.213.
  8. Nabila, Nasrin. “Konsep Pembelajaran Matematika Sd Berdasarkan Teori Kognitif Jean Piaget.†JKPD (Jurnal Kajian Pendidikan Dasar) 6, no. 1 (2021): 69–79.
  9. Nurfadhillah, Septy, Adelia Ramadhanty Wahidah, Gestika Rahmah, Fadlatul Ramdhan, Sevira Claudia Maharani, and Universitas Muhammadiyah Tangerang. “Penggunaan Media Dalam Pembelajaran Matematika Dan Manfaatnya Di Sekolah Dasar Swasta Plus Ar-Rahmaniyah.†EDISI : Jurnal Edukasi Dan Sains 3, no. 2 (2021): 289–98.
  10. Nurhikmah, Aisyah, Hasnah Putri Madianti, Putri Aiko Azzahra, and Arita Marini. “Pengembangan Media Pembelajaran Melalui Game Educandy Untuk Meningkatkan Karakter Belajar Siswa Di Sekolah Dasar.†Jurnal Pendidikan Dan Sosial Humaniora 2, no. 3 (2023): 442.
  11. Radiusman. “Studi Literasi: Pemahaman Konsep Siswa Pada Pembelajaran Matematika†6 (2020): 1–8.
  12. Sugiyono, Aman, Dyah Kumalasari, Sutopo, and Apri Nuryanto. Peta Jalan Pendidikan Indonesia, 2020.
  13. Wulandari, Safitri, Pendidikan Dasar, and Universitas Negeri Malang. “Kesulitan Belajar Siswa Dalam Berpikir Tingkat Tinggi Berdasarkan Teori Newman†10, no. 1 (2023): 48–59.
  14. Zakiah, Suci, and Dewi H Tatang. “Pentingnya Pemahaman Konsep Untuk Mengatasi Miskonsepsi Dalam Materi Belajar IPA Di Sekolah Dasar.†Jurnal Pendidikan Universitas Garut, 2019, 130–36.