Main Article Content

Abstract

Abstrak
Media gambar animasi yang berupa film atau video merupakan media yang digunakan untuk mengkomunikasikan pesan pada siswa pada pembelajaran IPS meliputi bentuk-bentuk atau unsur-unsur verbal (teks atau kata-kata),  sound/suara, juga unsur-unsur grafik (gambar dan yang sejenis gambar)sepertidrawing/lukisan, chart ,gambar/foto warna dan sejenisnya, poster dan kartun, dimana sumber-sumber media tersebut bisa berasal dari textbook, bahan-bahan referensi, koran, jurnal, baik yang dibuat sendiri oleh guru, ahli media maupun siswa. Media gambar animasi termasuk media yang masih jarang dipakai dalam pembelajaran IPS. Hal ini dikarena-kan guru belum terbiasa menggunakan dan mengilustrasikan materi dengan gambar, padahal jika gambar animasi dibuat dan disajikan sesuai dengan per-syaratan yang baik, tentu akan menambah semangat dan motivasi siswa dalam mengikuti proses pembelajaran. Media gambar animasi, dapat memberi gagasan dan dorongan kepada guru dalam mengajar anak-anak Sekolah Dasar atau Madrasah Ibtidaiyah agar lebih kreatif dalam mengembangkan alat peraga agar para murid menjadi senang belajar.
Kata Kunci: gambar animasi, media pembelajaran

Article Details

References

  1. DAFTAR PUSTAKA
  2. Atwi Suparman, Desain instruksional, Jakarta: PAC-PPAI Depdiknas, 2001.
  3. Azhar Arsyad, Media pengajaran, Jakarta: Raja Grasindo Persada, 2004.
  4. Basyiruddin Usman & Asnawir, Media Pembelajaran, Jakarta: Ciputat Pers, 2002.
  5. Depdiknas, Model Pembelajaran Terpadu IPS, Jakarta: Badan Penelitian dan Pengembangan Pendidikan Nasional, Pusat Kurikulum, t.th.
  6. Domjan, M., The Essentials of Conditioning and Learning, Mexico: Thomson Wadsworth,
  7. Ely, D.P. & Gerlach, V.G., Teaching & Media: A Systematic to Approach, New Jersey: Prentice
  8. Hall, 1980.
  9. Frye, H. R., Techniques for Producing Visual Instructional Media, 2nd
  10. Gambar Animasi sebagai Media Pembelajaran IPS di Sekolah Dasar Zulaikhah
  11. Volume 4 Nomor 1 — Volume 4 Nomor 1 — Maret 2013 133
  12. http://www.kurtek.ac.id. diakses 30 Januari 2009 tentang prinsip multimedia
  13. Jarolimek, J., Social Studies in Elementary Education, New York: Mac Millan Publishing
  14. Company, 1986.
  15. Kemp, J.E., & Dayton, D. K., Planning and Producing Instructional Media, New York: Harper
  16. & Row Publisher Combridge, 1985.
  17. Merril P. F., Computer in Education. 3rd Ed. Boston: Allin & Bacon, A Simon & Schuster
  18. Company Needham Heights, Mass, 1996.
  19. Newby, T.J. et.al., Instructional Technology for Teaching and Learning: Designing
  20. Instruction, Integrating Computers, and Using Media, New Jersey: Prentice Hall, 2000.
  21. Oemar Hamalik, Media pendidikan. Bandung: Citra Aditya Bakti, 1994.
  22. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional No 16, Standar kualifikasi akademik dan
  23. kompetensi guru. Jakarta: BSNP Depdiknas, 2007.
  24. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional No. 23, Standar Kompetensi Lulusan, Jakarta:
  25. BSNP Depdiknas, 2006.
  26. Ratna W. Dahar, Teori-teori belajar. Jakarta: Depdikbud, 1988.
  27. Santrock. J. W., Educational Psychology 3rd ed., New York: Mc Graw Hill International
  28. Edition, 2008.
  29. Santrock, J.W. Life-span Development, Juda Damanik, Achmad Chusairi (terj.). Herman
  30. Sinaga, Yati Sumiharti (eds), Jakarta: Erlangga, 2002.
  31. Syaiful Bahri Djamarah & Aswan Zain, Strategi Belajar Mengajar, Jakarta: Rineka Cipta,
  32. Tan Seng Chee, Teaching and Learning with Technology: an Asia Pasific Perspective. Singapore: Prentice Hall, 2003