Main Article Content

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan penerapan metode In House Training dalam meningkatkan kompetensi guru dalam menggunakan aplikasi Google Classroom sebagai media pembelajaran daring masa pandemi Covid-19 pada guru MI Darul Hikam Kalirejo Undaan Kudus.Penelitian ini menggunakan penelitian lapangan dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Metode pengumpulan data dalam penilitian ini mengguanakan observasi dan dokumentasi. Hasil menunjukkan bahwa kompetensi guru MI Darul Hikam Kalirejo sudah mengalami peningkatan, masuk dalam kriteria cukup. Sehingga kriteria tersebut belum mampu memberikan hasil yang signifikan. Sehingga peneliti menghasilkan bahwa sudah memahami dengan baik tentang penggunaan aplikasi Google Classroom sebagai media pembelajaran jarak jauh dengan baik. Hal tersebut nampak dari kesiapan para guru untuk mempersiapkan dokumen tentang penggunaan aplikasi Google Classroom sebagai media pembelajaran jarak jauh. Dari hasil kegiatan In house training 2  dapat simpulkan bahwa pada dasarnya kompetensi guru dalam penggunaan aplikasi Google Classroom sebagai media pembelajaran jarak jauh telah memenuhi kriteria keberhasilan.

Keywords

In House Training Kompetensi Guru Google Classroom Media Pembelajaran Daring.

Article Details

References

  1. Danim, Sudarwan, Pengembangan Profesi Guru, Jakarta: Kencana, 2011.
  2. Dewi, Wahyu Aji Fatma, “Dampak Covid-19 Terhadap Implementai Pembelajaran Daring Di Sekolah Dasar,†Jurnal Ilmu Pendidikan, Volume 2, Nomor 1 April 2020.
  3. Erina Nurfalah, Optimalisasi E-Learning berbasis Virtual Class dengan Google Classroom sebagai Media Pembelajaran Fisika," Physics Education Research Journal, vol. 9, no. 2, 2019.
  4. Emda, Amna, “Kedudukan Motivasi Belajar Siswa Dalam Pembelajaran,†Lantanida Journal 5, no. 2 2018.
  5. Komariah, A. Melaksanakan In House Training Melalui Penelitian Tindakan Sekolah (School Action Research). Jurnal Administrasi Pendidikan, 10(2), 2009.
  6. Abdul Majid, Perencanaan Pembelajaran, (Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2009).
  7. Moloeng, Lexy J, Metode Penelitian Kualitatif, Bandung: PT Remaja Rosda Karya, 2001.
  8. Musdholifah, Dewie Tri Wijayati Wardoyo, Sri Setyo Iriani, Ulil Hartono, Achmad Kautsar. Pengembangan Media Pembelajaran Kelas Online Untuk Guru SMA di Kabupaten Magetan, 2020.
  9. Sukardi, Metode Penelitian Pendidikan Kompetensi dan Praktiknya, Jakarta: Bumi Aksara, 2009.
  10. Sukmadinata, Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2010.
  11. Untar, Sri Kis, “Kreativitas Guru dalam Menyongsong Pembelajaran Masa Pandemi Covid- 19â€, Jurnal Buana Pendidikan, Volume 16, Nomor 30 2020.