PENGARUH VARIASI KECEPATAN PUTAR DALAM METODE STIR CASTING TERHADAP DENSITAS DAN POROSITAS Al- SiC UNTUK APLIKASI BLOK REM KERETA API

Authors

  • S. wilastri Jurusan Teknika, AKPELNI, Semarang
  • A.P. Bayuseno Jurusan Teknik Mesin, Universitas Diponegoro Semarang
  • S. Nugroho Jurusan Teknik Mesin, Universitas Diponegoro Semarang

DOI:

https://doi.org/10.36499/jim.v7i2.106

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui tentang densitas dan porositas pada Al-  SiC yang dihasilkan dari proses pengecoran dengan metode stir casting dengan variasi putaran 300, 500, dan 700 rpm dengan lama waktu pengadukan 10 menit. Pada penelitian ini Al yang digunakan adalah Al hasil limbah produksi dengan penambahan SiC sebesar 10% sebagai penguat yang dicampurkan pada saat pengecoran. Hasil penelitian ditemukan densitas Al-SiC untuk semua variasi putaran, lebih rendah dari besi cor  yaitu 2,75; 2,69 dan 2,66 g/cm3, itu berarti bahwa blok rem kereta api yang terbuat dari Al- SiC lebih ringan massanya daripada blok rem kereta api yang terbuat dari besi cor ( 7,2 g/cm3). Dengan harapan bahwa semakin ringan komponen kereta api akan semakin meningkatkan kehandalan kinerjanya.  Sedangkan  untuk porositas, Porositas yang diperoleh nilainya hampir sama yaitu 0,9900; 0,9902 dan 0,9903. Nilai porositas yang diperoleh dari variasi putaran sangat rendah, sehingga proses pengecoran dengan stir casting dianjurkan untuk mengurangi porositas.

Kata kunci: Al- SiC, Stir Casting, densitas, porositas.

Downloads

Published

2011-10-13

Issue

Section

Articles