Implementasi Konversi Sepeda Motor Bensin Manual Menjadi Sepeda Motor Listrik yang Ramah Lingkungan
DOI:
https://doi.org/10.36499/jim.v20i1.10823Keywords:
Emisi Karbon, Lingkungan, Kendaraan Listrik, Konversi sepeda motor, Teknologi Ramah Lingkungan.Abstract
“Isu lingkungan sudah menjadi kewajiban dan tanggung jawab untuk seleuruh Negara termaksud Indonesia. Kesadaran lingkungan telah memacu perkembangan teknologi yang ramah lingkungan, salah satunya dengan penggunaan kendaraan listrik di Indonesia. Untuk mengurangi emisi karbon konversi sepeda motor bahan bakar menjadi kendaraan listrik menjadi alternatif pilihan yang hari ini efektif. Dukungan yang baik dari Pemerintah Indonesia terhadap regulasi yang mendukung upaya percepatan elektrifikasi kendaraan termasuk memberikan insentif pajak bagi produsen membuat penelitian konversi sepeda motor berbahan bakar bensin menjadi listrik menjadi fundamental untuk mengurangi emisi gas karbon. Oleh sebab itu tujuan dari penelitian ini mengetahui teknologi dan komponen yang digunakan untuk konversi motor listrik dan torsi yang dihasilkan dari konversi tersebut. Metodologi yang digunakan pada penelitian ini adalah metode eksperimental, dengan menggunakan sepeda motor shogun tipe 125 R. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa ada 3 komponen utama yang digunakan untuk mengkonversi motor listrik yaitu motor BLDC, baterai, dan controller komponen yang digunakan mempunyai spesifikasi motor BLDC 2 kW, baterai 72 x 20 Ah dengan controller junken 10 kapasistas 3 kW. 2). Pengujian kinerja motor konversi listrik dengan dynotest untuk mengetahui torsi menghasilkan pada setiap gigi transmisi untuk gigi 1 torsi 13, 96 Nm, gigi 2 torsi 12, 87 Nm, gigi 3 torsi 11, 35 Nm, dan gigi 4 torsi 9, 55 Nm. Sehingga dapat disimpulkan bahwa konversi sepeda motor bensin menjadi sepeda motor listrik dapat menjadi alternatif untuk kendaraan yang ramah lingkungan.    Â
Â
References
Alfarisi F, J. I. W. S. I. N. (2021). Perencanaan Konversi Sepeda Motor Bakar Menjadi Sepeda Motor Listrik. Journal SENTRINOV, 7(1), 448–456.
Andler, L. (2012). Common indoor air pollutants: Sources and health impacts. IAQ Facr Sheet 2, HF-LRA.161. Cooperative Extension Service – University.
Daniel, A. Maulana Mubarok (2023). Desain Dan Implementasi Sistem Konversi Motor Bensin Menjadi Motor Listrik Padakendaraan Roda Dua. Tugas Akhir. Jurusan Teknik Mesin. Fakultas Teknologi Industri. Universitas Islam Indonesia. Yogyakarta.
Dunne, D. (2019). The Carbon Brief Profile: Indonesia.http://www.carbonbrief.org/the-carbon-brief-profile-Indonesia.
Kementerian Perhubungan Republik Indonesia. 2022. Konversi Kendaraan Bermotor Selain Sepeda Motor Dengan Penggerak Motor Bakar Menjadi Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai. No. Nomor PM 15 Tahun 2022.
Nizam, M. , M. H. , R. R. , K. K. (2019). Battery Management Systems Design (BMS) for Lithium Ion Batteries. AIP Conference Proceedings. 2217.
Kementerian Perindustrian Republik Indonesia. 2023. Pedoman Pemberian Bantuan Pemerintah Untuk Pembelian Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai Roda Dua, Pub. L. No. Nomor 6 Tahun 2023.
Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral. 2023. Pedoman Umum Bantuan Pemerintah Dalam Program Konversi Sepeda Motor Dengan Penggerak Motor Bakar Menjadi Sepeda Motor Listrik Berbasis Baterai. NOMOR 3 TAHUN 2023.
Peraturan Kementerian Keuangan Nomor 150 Tahun 2018 Tentang Pemberian Fasilitas Pengurangan Pajak Penghasilan Badan T.E.U. Indonesia, Pub. L. No. Nomor 150 Tahun 2018, Kementerian Keuangan (2018).
Peraturan Presiden Nomor 55 Tahun 2019 Tentang Percepatan Program Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai (Battery Electric Vehicle) Untuk Transportasi Jalan, Pub. L. No. Nomor 55 Tahun 2019 (2019).
Salman, A. (2021). Perencanaan Konversi Sepeda Motor Bakar Menjadi Sepeda Motor Listrik. . Directory Journal of Indonesian Society of Applied Science (ISAS).
Tuayharn, K. , Kaewtatip. P. , & Limthongkul. P. (2015). ICE Motorcycle and Electric Motorcycle: Environmental and Economic Analysis. SAE Technical Paper.
Wajilan, Suparno. Suwarto. Setiawan. (2022). Modifikasi Motor Bensin Jenis New Revo Tipe Honda Menjadi Motor Listrik. Jurnal Sains Terapan Teknologi Informasi, 14(2), 141–151.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
The journal allow the authors to hold the copyright without restrictions and allow the authors to retain publishing rights without restrictions.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.