PENGEMBANGAN E-MODUL KERJA BANGKU UNTUK PRAKTIKUM SISWA
DOI:
https://doi.org/10.36499/jim.v20i1.10890Keywords:
Media Pembelajaran, E-mOdul, Kerja BangkuAbstract
Penelitian ini bertujuan mengembangkan media pembelajaran dan mengetahui kelayakan e-modul kerja bangku untuk praktikum siswa SMK.  Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian pengembangan. Subjek penelitian adalah siswa kelas XI A dan B  Teknik Pemesinan Sekolah Menengah Kejuruan. Prosedur yang dikembangkan dalam penelitian ini terdiri atas 4 tahapan yaitu (1) tahap pembuatan konsep yang meliputi analisa awal, analisa akhir, pengumpulan materi dan pendukung materi, (2) tahap pembuatan produk yang meliputi design dan assembly, (3) tahap uji coba (testing) validasi oleh ahli media, ahli materi, kemudian dilanjutkan evaluasi atau penilaian orang guru bidang studi, evaluasi atau penilaian teman sejawat, dan uji coba terhadap siswa (4) distribution yaitu dengan mengunggah (uploud) di youtub. Teknik analisis data yang digunakan teknik analisis deskriptif kuantitatif. Hasil penilaian kelayakan media pembelajaran video tutorial adalah: (1) penilaian ahli materi sebesar 89,58%. (2) penilaian ahli media sebesar 94,04%. (3) penilaian guru sebesar 94,04%. (4) penilaian tanggapan reviewer teman sejawat sebesar 95,4%. (5) tanggapan siswa sebesar 81,06%. Berdasarkan hasil penilaian dan tanggapan yang diperoleh tersebut dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran berbasis e-modul kerja bangku sangat layak digunakan dan dikembangkan.
Â
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
The journal allow the authors to hold the copyright without restrictions and allow the authors to retain publishing rights without restrictions.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.