Prototipe Ferris Wheel Motorcycle Parking System Sebagai Solusi Kebaruan Inovasi Efisiensi Lahan
DOI:
https://doi.org/10.36499/jim.v20i1.10891Keywords:
efisiensi lahan, kendaraan bermotor roda dua, prototipe, smart parking systemAbstract
Populasi jumlah penduduk dan kendaraan bermotor serta pembangunan kota akan terus mengalami peningkatan yang signifikan, sedangkan  ketersediaan lahan untuk pembangunan baru akan semakin berkurang. Lahan yang terbatas mengakibatkan harganya menjadi meningkat seiring permintaan yang tinggi dan penawaran yang rendah. Kekurangan lahan ini akibatnya juga berdampak bagi ketersediaan tempat parkir di wilayah perkotaan. Solusi yang diberikan adalah menetapkan kebijakan terkait permasalahan parkir antara lain kebijakan pembatasan volume dan parking rate. Selain itu, solusi pembuatan tempat parkir dengan mengadopsi teknologi smart parking sytem dianggap sebagai alternatif yang lebih mutakhir karena menjadi bagian dari infrastruktur kota yang interaktif dan responsif. Tujuan pembuatan prototipe adalah memberikan gambaran smart parking system yang memudahkan proses parkir dan mengurangi kebutuhan akan lahan kosong yang luas hanya untuk sekedar memarkirkan kendaraan. Adapun metode yang dilakukan diawali dari tahapan menyiapkan konsep desain dan menetapkan bentuk tempat parkir yang tepat supaya memenuhi ketersediaan tempat parkir bagi kendaraan bermotor roda dua yang kapasitasnya semakin bertambah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tipe parkir ferris wheel yang diusulkan dapat mengatasi permasalahan keterbatasan lahan parkir  dengan kapasitas penampungan bisa lebih dari 15 buah sepeda motor dibandingkan dengan kapasitas tipe parkir stand.
References
Astati Sukawati, N.K.S. et al. (2022) ‘Desain Ruang Parkir Kendaraan Roda Dua Kampus Universitas Mahasaraswati Denpasar Cabang Gianyar’, Jurnal Ilmiah Kurva Teknik, 11(2), pp. 61–65. doi:10.36733/jikt.v11i2.5431.
Atiqur, R. (2021) ‘iPark: automated smart parking system’, International Journal of Advances in Applied Sciences, 10(2), pp. 107–114. doi:10.11591/ijaas.v10.i2.pp107-114.
Barriga, J.J. et al. (2019) ‘Smart parking: A literature review from the technological perspective’, Applied Sciences (Switzerland), 9(21). doi:10.3390/app9214569.
Gabriel, M., Og, D. and Fabregat, R. (2020) applied sciences Survey of Smart Parking Systems, Mdpi.
Lin, T. et al. (2017) ‘A Survey of Smart Parking Solutions To cite this version : HAL Id : hal-01501556’, IEEE transactions on Intelligent Trasportation Systems, 18(12), pp. 3229–3253.
Melnyk, P., Djahel, S. and Nait-Abdesselam, F. (2019) ‘Towards a smart parking management system for smart cities’, 5th IEEE International Smart Cities Conference, ISC2 2019, (October 2019), pp. 542–546. doi:10.1109/ISC246665.2019.9071740.
Naufal, A.A., Fatichah, C. and Suciati, N. (2020) ‘Preprocessed Mask RCNN for Parking Space Detection in Smart Parking Systems’, International Journal of Intelligent Engineering and Systems, 13(6), pp. 255–265. doi:10.22266/ijies2020.1231.23.
Purwanto, H. and Prasetio, B. (2022) ‘Microcontroller Based Parking Lot Monitoring System Prototype’, International Journal of Research and Applied Technology, 2(1), pp. 132–141. doi:10.34010/injuratech.v2i1.6742.
Puspitasari, D. et al. (2021) ‘Development of smart parking system using internet of things concept’, Indonesian Journal of Electrical Engineering and Computer Science, 24(1), pp. 611–620. doi:10.11591/ijeecs.v24.i1.pp611-620.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
The journal allow the authors to hold the copyright without restrictions and allow the authors to retain publishing rights without restrictions.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.