EFEK LEBAR DAN ASPEK RASIO BAN TERHADAP KETAHANAN BAN DALAM UJI PLUNGER ENERGY (PE)
DOI:
https://doi.org/10.36499/jim.v14i1.2191Abstract
Banyak parameter kualitas ban yang diterapkan oleh pemerintah, salah satunya adalah nilai Plunger energy Test (PE). Plunger energy adalah suatu nilai untuk merekayasa kekuatan material, konstruksi, desain dari suatu ban dalam menahan suatu beban tak terduga yang ada di jalan seperti lubang, benturan, bebatuan, kontur jalan yang tidak rata dan sebagainya. Untuk merekayasa kekuatan nilai plunger energy, produsen ban harus menguji pada laboratorium yang melakukan kegiatan pengujian terhadap ban sesuai spesifikasi / metode uji SNI yang telah diakreditasi oleh KAN dan ditunjuk dalam peraturan menteri perindustrian. Harapan pada saat mencari nilai plunger energy adalah ban menyentuh velg. Namun, jika ban pecah saat pengujian, nilai standard pengujian akan meningkat sesuai dengan nilai standard nasional Indonesia (SNI). Dalam penelitian ini telah dilakukan perbandingan lebar dan aspek rasio ban terhadap kekuatan suatu ban dalam menahan plunger energy. Penelitian dilakukan untuk memberikan wawasan pada user dalam memilih/memodifikasi ukuran ban yang tidak sesuai standard perusahaan mobil. Penelitian yang telah dilakukan mendapakan hasil bahwa jika lebar ban meningkat akan meningkat juga nilai tahanan plunger energy ban tersebut. Begitupun dengan aspek rasio, semakin besar aspek rasio ban cenderung meningkatkan nilai plunger energy ban tersebut.
Kata Kunci: Aspek rasio, Pattern, Plunger energy, Lebar ban
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
The journal allow the authors to hold the copyright without restrictions and allow the authors to retain publishing rights without restrictions.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.