ANALISIS MOMEN POROS DAN GAYA SAMPING HORN RUDDER BIDANG KENDALI PESAWAT N-XXX MENGGUNAKAN COMPUTATIONAL FLUID DYNAMIC
DOI:
https://doi.org/10.36499/jim.v15i1.2663Abstract
Pesawat merupakan sarana transportasi yang memiliki arti penting bagi pembangunan ekonomi dan pertahanan, mengingat bahwa Indonesia adalah sebuah Negara kepulauan dengan kondisi geografis yang sulit untuk diakses tanpa sarana transportasi yang memadai. Penelitian ini bertujuan agar mendapatkan koefisiean hinge moment dan side force bidang kendali ekor pesawat N-XXX pada bagian rudder horn dengan variasi defleksi dengan derajat tertentu. Metode yang digunakan untuk analisis aerodinamika ada beberapa macam, yakni metode analisis Computational Fluid Dynamic (CFD) dan eksperimen yang biasa dilakukan dengan uji terowongan angin yang menawarkan tingkat keakuratan hasil lebih nyata namun dengan biaya yang lebih besar. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah analisis dengan metode Computational Fluid Dynamic (CFD). Penelitian dilakukan dengan variasi defleksi pada horn rudder sebesar 0°,10°,20° untuk mengetahui nilai hinge moment dan side force dengan langkah mengidealisasi geometri, meshing dan diselesaikan dengan CFD untuk perhitungannya guna mendapatkan nilai hinge moment dan side force. Pada defleksi 0° mempunyai nilai hinge moment -0.588, defleksi 10° mempunyai nilai hinge moment 0.653 dan defleksi 20° mempunyai nilai hinge moment -3.836 sedangkan untuk nilai side force pada defleksi 0° mempunyai nilai side force -0.999, defleksi pada 10° mempunyai nilai side force 70.908, defleksi 20° mempunyai nilai side force 106.773.
Kata kunci: ekor pesawat, defleksi, hinge moment, rudder horn, side force.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
The journal allow the authors to hold the copyright without restrictions and allow the authors to retain publishing rights without restrictions.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.