ANALISIS MOMEN POROS DAN GAYA SAMPING HORN RUDDER BIDANG KENDALI PESAWAT N-XXX MENGGUNAKAN COMPUTATIONAL FLUID DYNAMIC

Authors

  • Muchammad Muchammad

DOI:

https://doi.org/10.36499/jim.v15i1.2663

Abstract

Pesawat merupakan sarana transportasi yang memiliki arti penting bagi pembangunan ekonomi dan pertahanan, mengingat bahwa Indonesia adalah sebuah Negara kepulauan dengan kondisi geografis yang sulit untuk diakses tanpa sarana transportasi yang memadai. Penelitian ini bertujuan agar mendapatkan koefisiean hinge moment dan side force bidang kendali ekor pesawat N-XXX pada bagian rudder horn dengan variasi defleksi dengan derajat tertentu. Metode yang digunakan untuk analisis aerodinamika ada beberapa macam, yakni metode analisis Computational Fluid Dynamic (CFD) dan eksperimen yang biasa dilakukan dengan uji terowongan angin yang menawarkan tingkat keakuratan hasil lebih nyata namun dengan biaya yang lebih besar. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah analisis dengan metode Computational Fluid Dynamic (CFD). Penelitian dilakukan dengan variasi defleksi pada horn rudder sebesar 0°,10°,20° untuk mengetahui nilai hinge moment dan side force dengan langkah mengidealisasi geometri, meshing dan diselesaikan dengan CFD untuk perhitungannya guna mendapatkan nilai hinge moment dan side force. Pada defleksi 0° mempunyai nilai hinge moment -0.588, defleksi 10° mempunyai nilai hinge moment 0.653 dan defleksi 20° mempunyai nilai hinge moment -3.836 sedangkan untuk nilai side force pada  defleksi 0° mempunyai nilai side force -0.999, defleksi pada 10° mempunyai nilai side force 70.908, defleksi 20° mempunyai nilai side force 106.773.

Kata kunci: ekor pesawat, defleksi, hinge moment, rudder horn, side force.

Downloads

Published

2019-04-01

Issue

Section

Articles