SIMULASI KEKUATAN MONOCOQUE CHASSIS PADA MOBIL HEMAT ENERGI MENGGUNAKAN MATERIAL CARBON FIBER HONEYCOMB CORE

Authors

  • Milchan Aby Aufa
  • Imam Syafaat
  • Muhammad Dzulfikar

DOI:

https://doi.org/10.36499/jim.v16i1.3364

Abstract

Kendaraan hemat energi adalah salah satu solusi menghemat persediaan sumber energi yang semakin menipis. Untuk pembuatan kendaraan hemat energi dapat dilakukan dengan modifikasi dengan mengurangi berat total bodi kendaraan dengan menggunakan chasis monocoque berbahan carbon fiber honeycomb core. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh pembebanan pada variasi ketebalan carbon fiber honeycomb core terhadap distribusi tegangan dan deformasi pada prototype mobil hemat energi tim Aswaja Lintang Samudra dengan variasi ketebalan 10 mm, 9 mm, dan 8 mm menunjukkan perbedaan pada chasis dengan beban yang sama yaitu beban pengemudi sebesar 610,03 N dan beban engine sebesar 264,67 N. Dari penelitian ini dapat diketahui bahwa tegangan terbesar pada variasi ketebalan 8 mm diperoleh nilai tegangan sebesar 20,77 N/mm2, tegangan terendah pada variasi ketebalan 10 mm diperoleh nilai tegangan sebesar 16,52 N/mm2. Sementara regangan terbesar pada variasi ketebalan 8 mm diperoleh nilai tegangan sebesar 0,13, tegangan terendah pada variasi ketebalan 10 mm diperoleh nilai regangan sebesar 0,09. Hasil safety factor menunjukkan gaya keseluruhan sebesar 882,7 N yang diberikan pada ketebalan 10 mm masih dibawah angka kekuatan luluh Sy = 70 N/mm2 bodi mobil mengalami deformasi elastis dapat kembali pada bentuk semula, menghasilkan nilai yaitu 4,237. Pada ketebalan 9 mm masih dibawah angka kekuatan luluh Sy = 58 N/mm2 bodi mobil mengalami deformasi elastis dapat kembali pada bentuk semula dan mendapatkan nilai yaitu 3,141. Pada ketebalan 8 mm masih dibawah angka kekuatan luluh Sy = 14 N/mm2 bodi mobil mengalami deformasi elastis dapat kembali pada bentuk semula dan mendapat nilai yaitu 0,674. Semua model dalam penelitian tersebut dapat dikatakan aman karena tegangan, regangan serta safety factor yang didapatkan dari hasil simulasi masih dibawah kekuatan material yang digunakan. Kata kunci: carbon fiber, CFD, mobil hemat energi, monocoque chasis,

Published

2020-04-29

Issue

Section

Articles