Studi Kasus Perbaikan Daun Baling-Baling Kapal Tug Boat Akibat Patah dan Fouling
DOI:
https://doi.org/10.36499/jim.v18i1.6436Keywords:
balancing, baling-baling, docking, tug boatAbstract
Kerusakan pada daun propeller  sangat berpengaruh terhadap performa dari kapal. Daya yang dipindahkan dari mesin tidak dapat dipakai secara maksimal. Selama berlayar di wilayah laut atau sungai, baling-baling kapal sering berbenturan dengan benda asing yang mengambang sehingga menyebabkan kerusakan pada baling-baling. Kerusakan ini bisa berupa melengkung, retak atau rusak pada daun baling-baling. Paper ini membahas tentang studi kasus perbaikan propeller  kapal akibat patah dan fouling. Proses perbaikan baling-baling diantaranya adalah dengan pemotongan bagian yang patah untuk kemudian disambung dengan pelat baru dengan cara pengelasan. Perbaikan karena fouling  atau penempelan kerang laut dilakukan dengan cara dihilangkan secara kimiawi dan secara mekanis lewat gerinda. Setelah perbaikan proses selanjutnya adalah balancing. Hasil balancing menunjukkan bahwa daun baling-baling sudah memenuhi standar untuk digunakan berlayar.
References
Firstdhitama, W. (2018). Perencanaan Reparasi Kapal Ferry untuk Efisiensi Waktu Docking dengan Metode Flash. repository.its.ac.id. https://repository.its.ac.id/51799/
Hamid, A., Nugroho, S., Haryadi, G. D., & Nugroho, A. (2019). Failure analysis of sea water cooling pump’s shaft (SWCP) on board anchor handling tug supply (AHTS). AIP Conference Proceedings, 2202(1), 20049. https://doi.org/10.1063/1.5141662
Laksmana, V. I. (2019). Analisa Pengaruh Variasi Temperatur Pelarut dan Waktu Aging Pada Proses Perlakuan Panas T6 Komposit Aluminium 2075, Abu Dasar Batu Bara Sebagai Bahan …. repository.untag-sby.ac.id. http://repository.untag-sby.ac.id/12803/
Laksono, E. S. (2017). Proses Perbaikan dan Perawatan Propeller Pada Kapal Tunda Selat Siberut di Dry Dock Galangan Pt Rukindo Jakarta. repository.upnvj.ac.id. https://repository.upnvj.ac.id/3514/
Munawir, A., Rubiono, G., & ... (2017). Studi Prototipe Pengaruh Sudut Kemiringan Poros Baling-Baling Terhadap Daya Dorong Kapal Laut. V-MAC (Virtual of …. https://ejournal.unibabwi.ac.id/index.php/vmac/article/view/113
Setiawan, Y. (2004). Menentukan Ukuran Utama Yang Optimal Untuk Propeller B-Series Menggunakan Open Water Diagram. repository.its.ac.id. https://repository.its.ac.id/63524/
Smith Tutu. (2019, April). Belajar Mengenal Kapal. https://smithship.blogspot.com/
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
The journal allow the authors to hold the copyright without restrictions and allow the authors to retain publishing rights without restrictions.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.