Analisis Kekuatan Fisik Komposit Karbon Sandwich Honeycomb Chasis Mobil Hemat Energi Tipe Prototype
DOI:
https://doi.org/10.36499/jim.v18i1.6536Abstract
Bahan konstruksi seperti untuk sasis dibutuhkan bahan yang ringan setara dengan aluminium atau lebih ringan daripada aluminium tetapi tetap kuat dan kaku seperti komposit.Sifat bahan demikian diperoleh dengan struktur sandwich.Konstruksi ini diterapkan ketika diharapkan kekauan bending yang memadai dengan berat yang relatif ringan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui densitas, nilai tegangan tarik, nilai tegangan bending, patahan makro untuk diterapkan pada sasis mobil KMHE tipe prototype dengan beban tekan 0,005 N/. Metode penelitian dengan menggunakan tiga jenis spesimen dengan perbedaan jumlah lapisan karbon, densitas dan variasi ketebalan, dimana spesimen 1, 2, 3 berturut-turut mempunya 1 lapisan; densitas 0,26 g/; tebal 0,9 cm, 2 lapisan; densitas 0,27 g/; tebal 1,1 cm, 3 lapisan; densitas 0,25 g/; teba1 1,3 cm. Hasil penelitian menunjukkan bahwa spesimen 1 dan 3 memiliki densitas yang sama namun nilai tegangan tarik dan bendingnya berbeda. Hasil pengujian tarik menunjukkan nilai tegangan tarik spesimen 1, 2, 3 berturut-turut adalah 359 kg/; 620 kg/; 634 kg/. Hasil penguijan bending spesimen 1, 2, 3 berturut-turut adalah 71 kg/; 120 kg/; 159 kg/. Hasil pengambilan foto makro menunjukkan bahwa patahan yang terjadi adalah patahan getas. Dari pengujian tersebut dapat ditarik kesimpulan bahwa spesimen yang paling sesuai untuk dijadikan sasis adalah spesimen 3 dikarenakan tingakat densitasnya yang rendah namun dapat menopang beban lebih besar daripada specimen 1 dan spesimen 2.
References
Akay, M., 2015, An Introduction to Polimer-Matrix Composite. 1st Edition.
Anonim, 2018, Jenis rangka mobil, http://mobildunia.blogspot.com/2014/06/jenis-jenis-rangka-mobil-kendaraan-bermotor.html, diakses pada 15 januari 2018.
Anonim, 2018, Regulasi Teknis KMHE 2018.http://kmhe2018.ac.id diakses pada 20 Juni 2018.
Darmanto, Wijaya, D.A., Syafa’at, I., 2014, Analisis Momen Lentur Material Aluminium Dengan Variasi Momen Inersia Dan Beban Tekan. Universitas Wahid Hasyim Semarang.
Gunadi dan Herminarto, 2004, Perkembangan Bodi Kendaraan, Universitas Negeri Yogyakarta.
Hadi, B.K., 1995, Mekanika Struktur Komposit.
Middleton, D,H., 1990. Composite Material in Aerial Structure.
Nugraha, R., Wijanarko, W., dan Suwarta, P.2016, Analisa Karakteristik Bending Komposit Sandwich Dengan Variasi Ketebalan Inti (core) Epoxy, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.
Nuryawan, 2017, Komposit SandwichBerpenguat Serat Hybrid Pada Skin Dan Core Bermatrik Poliester, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
Venkata, D, M, 2005. Composite Sandwich Structure with Grid Stiffened Cor, Osmania University, Hyderabad, India.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
The journal allow the authors to hold the copyright without restrictions and allow the authors to retain publishing rights without restrictions.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.