Analisis Heat Treatment Tempering Terhadap Kekerasan dan Keausan Brake Lining pada Pesawat Cessna Grand Caravan 208B
DOI:
https://doi.org/10.36499/jim.v18i2.6586Keywords:
brake lining, keausan, kekerasan, temperingAbstract
Brake lining atau kampas rem sangat penting perannya pada pesawat Cessna Grand Caravan 208B dalam mengontrol atau memberhentikan laju dari wheel pesawat. Dalam pengoperasian-nya brake lining selalu mengalami gesekan secara terus-menurus dengan disc brake sehingga menyebabkan material mengalami keausan, kekerasan material berkurang, dan naiknya temperature secara drastis. Guna meningkatkan performa dari material brake lining, maka material ini akan diberi heat treatment dengan metode tempering. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh tempering terhadap kekerasan dan keausan pada material brake lining. Pengujian kekerasan pada material menggunakan metode vickers dan pengujian keausan pada material menggunakan metode ogoshi. Hasil dari penelitian ini adalah dampak dari tempering untuk meningkatkan keuletan (ductility) dan ketangguhan material, namun menurunkan kekerasan dan kegetesan (brittle) material. Nilai kekerasan yang paling baik terdapat pada raw material sebesar 95,1 VHN, sedangkan nilai keausan yang paling baik terdapat pada material yang di tempering dengan suhu pemanasan 600°C sebesar 0,00120 mm3/kg.m yang nilainya menurun hingga 61% dari raw material. Hal ini dikarenakan semakin tinggi temperature saat di tempering maka material akan lebih tahan terhadap keausan ataupun gesekan, akan tetapi menurunkan nilai kekerasannya.References
Andika, C., dkk., (2021), Karakteristik Komponen Fuel Nozzle Gasket Pesawat Cessna Grand Caravan 208B, Teknika STTKD: Jurnal Teknik, Elektronik, Engine, 7(2), 293-298.
ASTM Internasional., (1997), ASTM E92 Standard Test Method for Vickers Hardness of Metallic Materials, Vol. 82, no. Reapproved, p. 10.
ASTM Internasional., (2000), ASTM G99 Standard Test Method for Wear Testing with a Pin-on-Disk Apparatus.
Cahyadi, R., dkk., (2019), Analisis Laju Keausan Baja Suj2 Hasil Variasi Temperatur Tempering Untuk Aplikasi Ball Bearing, Jurnal Ilmiah Teknik Mesin, 7(2), 79-86.
Elhafid, M. M., dkk., (2017), Pengaruh Bahan Kampas Rem Terhadap Respon Getaran Pada Sistem Rem Cakram, Jurnal Teknik Mesin Indonesia, 12(1), 1-7.
Erizal, E., (2017), Uji Kekerasan Pada Pegas Daun Mobil Pick-Up. Suhu Pemanasan 8000c Di Quenching Air Laut, Majalah Teknik Simes, 11(1), 16-22.
Haiko, O., et al., (2019), Effect of Tempering on the Impact-Abrasive and Abrasive Wear Resistance of Ultra-High Strength Steels, Wear, 440, 203098.
Insan, G. L. N., dkk., (2020), Analisis Pengaruh Variasi Holding Time dan Temperatur Tempering terhadap Kekerasan Baja AISI 4340 untuk Komponen Poros Pompa Sentrifugal Multistage Horizontal dengan Metode Kang dan Lee Equation, Jurnal Teknik ITS, 8(2), F176-F181.
Kaya, N., et al., (2021), Investigation of Microhardness Properties of the Multi-Walled Carbon Nanotube Additive MgB2 Structure by Using the Vickers Method, Cryogenics, 116, 103295.
Maulana, N. B., (2018), Pengaruh Variasi Beban Indentor Vickers Hardness Tester Terhadap Hasil Uji Kekerasan Material Aluminium dan Besi Cor, Jurnal Teknik Mesin MERC (Mechanical Engineering Research Collection), 1(1).
Mujaddedy, M. N., dkk., (2020), Analisa Pengaruh Qhuenching dan Tempering Terhadap Sifat Mekanik Pada Baja Aisi 1050, Jurnal Mesin Sains Terapan, 4(2), 125-130.
Suroso, I., (2020), Characteristics of Brake Lining Cessna Caravan Type 208B, In IOP Conference Series: Materials Science and Engineering (Vol. 722, No. 1, p. 012027). IOP Publishing.
Syafa'at, I., et al., (2018), Wear Analysis of Spherical Graphite Cast Iron Using Pin-on Disc Tribotester, Journal of Physical Science, 29.
Valtonen, K., et al., (2019), Comparison of Various High-Stress Wear Conditions and Wear Performance of Martensitic Steels, Wear, 426, 3-13.
Viyus, V., dan Hertomo, B., (2020), Prediksi Nilai Batas Elastisitas Baja Konstruksi Dengan Uji Kekerasan Brinell dan Vickers, Jurnal Teknik Ilmu Dan Aplikasi, 9(2), 46-51.
Wada, K., et al., (2021), Mechanism of Hydrogen-Induced Hardening in Pure Nickel and In a Copper–Nickel Alloy Analyzed by Micro Vickers Hardness Testing, Materials Science and Engineering: A, 805, 140580.
Wardoyo, W., dan Sumpena, S., (2018), Pengaruh Variasi Temperatur Quenching pada Aluminium Paduan AlMgSi-Fe12% terhadap Keausan, Jurnal Engine: Energi, Manufaktur, dan Material, 2(1), 33-39.
Yunus, M., (2016), Pengaruh Perlakuan Quenching-Tempering Terhadap Kekuatan Impak Pada Baja Karbon Sedang, Jurnal Teknik Mesin, 2(1).
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
The journal allow the authors to hold the copyright without restrictions and allow the authors to retain publishing rights without restrictions.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.