Analisis Heat Treatment Tempering Terhadap Kekerasan dan Keausan Brake Lining pada Pesawat Cessna Grand Caravan 208B

Authors

  • Ignatius Ardian Amilleano Rorong Sekolah Tinggi Teknologi Kedirgantaraan Yogyakarta
  • Indreswari Suroso Program Studi Teknik Dirgantara, Sekolah Tinggi Teknologi Kedirgantaraan Yogyakarta Jl. Parangtritis Km. 4,5, Bangunharjo, Sewon, Bantul, D.I. Yogyakarta 55188. *Email: 180302090@students.sttkd.ac.id
  • Noviana Utami

DOI:

https://doi.org/10.36499/jim.v18i2.6586

Keywords:

brake lining, keausan, kekerasan, tempering

Abstract

Brake lining atau kampas rem sangat penting perannya pada pesawat Cessna Grand Caravan 208B dalam mengontrol atau memberhentikan laju dari wheel pesawat. Dalam pengoperasian-nya brake lining selalu mengalami gesekan secara terus-menurus dengan disc brake sehingga menyebabkan material mengalami keausan, kekerasan material berkurang, dan naiknya temperature secara drastis. Guna meningkatkan performa dari material brake lining, maka material ini akan diberi heat treatment dengan metode tempering. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh tempering terhadap kekerasan dan keausan pada material brake lining. Pengujian kekerasan pada material menggunakan metode vickers dan pengujian keausan pada material menggunakan metode ogoshi. Hasil dari penelitian ini adalah dampak dari tempering untuk meningkatkan keuletan (ductility) dan ketangguhan material, namun menurunkan kekerasan dan kegetesan (brittle) material. Nilai kekerasan yang paling baik terdapat pada raw material sebesar 95,1 VHN, sedangkan nilai keausan yang paling baik terdapat pada material yang di tempering dengan suhu pemanasan 600°C sebesar 0,00120 mm3/kg.m yang nilainya menurun hingga 61% dari raw material. Hal ini dikarenakan semakin tinggi temperature saat di tempering maka material akan lebih tahan terhadap keausan ataupun gesekan, akan tetapi menurunkan nilai kekerasannya.

References

Andika, C., dkk., (2021), Karakteristik Komponen Fuel Nozzle Gasket Pesawat Cessna Grand Caravan 208B, Teknika STTKD: Jurnal Teknik, Elektronik, Engine, 7(2), 293-298.

ASTM Internasional., (1997), ASTM E92 Standard Test Method for Vickers Hardness of Metallic Materials, Vol. 82, no. Reapproved, p. 10.

ASTM Internasional., (2000), ASTM G99 Standard Test Method for Wear Testing with a Pin-on-Disk Apparatus.

Cahyadi, R., dkk., (2019), Analisis Laju Keausan Baja Suj2 Hasil Variasi Temperatur Tempering Untuk Aplikasi Ball Bearing, Jurnal Ilmiah Teknik Mesin, 7(2), 79-86.

Elhafid, M. M., dkk., (2017), Pengaruh Bahan Kampas Rem Terhadap Respon Getaran Pada Sistem Rem Cakram, Jurnal Teknik Mesin Indonesia, 12(1), 1-7.

Erizal, E., (2017), Uji Kekerasan Pada Pegas Daun Mobil Pick-Up. Suhu Pemanasan 8000c Di Quenching Air Laut, Majalah Teknik Simes, 11(1), 16-22.

Haiko, O., et al., (2019), Effect of Tempering on the Impact-Abrasive and Abrasive Wear Resistance of Ultra-High Strength Steels, Wear, 440, 203098.

Insan, G. L. N., dkk., (2020), Analisis Pengaruh Variasi Holding Time dan Temperatur Tempering terhadap Kekerasan Baja AISI 4340 untuk Komponen Poros Pompa Sentrifugal Multistage Horizontal dengan Metode Kang dan Lee Equation, Jurnal Teknik ITS, 8(2), F176-F181.

Kaya, N., et al., (2021), Investigation of Microhardness Properties of the Multi-Walled Carbon Nanotube Additive MgB2 Structure by Using the Vickers Method, Cryogenics, 116, 103295.

Maulana, N. B., (2018), Pengaruh Variasi Beban Indentor Vickers Hardness Tester Terhadap Hasil Uji Kekerasan Material Aluminium dan Besi Cor, Jurnal Teknik Mesin MERC (Mechanical Engineering Research Collection), 1(1).

Mujaddedy, M. N., dkk., (2020), Analisa Pengaruh Qhuenching dan Tempering Terhadap Sifat Mekanik Pada Baja Aisi 1050, Jurnal Mesin Sains Terapan, 4(2), 125-130.

Suroso, I., (2020), Characteristics of Brake Lining Cessna Caravan Type 208B, In IOP Conference Series: Materials Science and Engineering (Vol. 722, No. 1, p. 012027). IOP Publishing.

Syafa'at, I., et al., (2018), Wear Analysis of Spherical Graphite Cast Iron Using Pin-on Disc Tribotester, Journal of Physical Science, 29.

Valtonen, K., et al., (2019), Comparison of Various High-Stress Wear Conditions and Wear Performance of Martensitic Steels, Wear, 426, 3-13.

Viyus, V., dan Hertomo, B., (2020), Prediksi Nilai Batas Elastisitas Baja Konstruksi Dengan Uji Kekerasan Brinell dan Vickers, Jurnal Teknik Ilmu Dan Aplikasi, 9(2), 46-51.

Wada, K., et al., (2021), Mechanism of Hydrogen-Induced Hardening in Pure Nickel and In a Copper–Nickel Alloy Analyzed by Micro Vickers Hardness Testing, Materials Science and Engineering: A, 805, 140580.

Wardoyo, W., dan Sumpena, S., (2018), Pengaruh Variasi Temperatur Quenching pada Aluminium Paduan AlMgSi-Fe12% terhadap Keausan, Jurnal Engine: Energi, Manufaktur, dan Material, 2(1), 33-39.

Yunus, M., (2016), Pengaruh Perlakuan Quenching-Tempering Terhadap Kekuatan Impak Pada Baja Karbon Sedang, Jurnal Teknik Mesin, 2(1).

Downloads

Published

2022-10-31

Issue

Section

Articles